Cara Ampuh Menurunkan Asam Lambung yang Tinggi

Asam lambung yang meningkat memang sering mengganggu. Asam lambung yang meningkat ini dapat menyebabkan mual dan menimbulkan sakit maag. Ada beberapa cara menurunkan asam lambung secara alami dan ampuh yang wajib dicoba.

Sobat sering merasakan asam lambung tinggi atau sakit maag? Asam lambung sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu melancarkan proses pencernaan sehingga zat-zat bergizi dalam makanan bisa terserap dengan baik oleh tubuh.

Tetapi, bila jumlah asam lambung terlalu berlebihan bisa menimbulkan rasa perih atau kurang nyaman dalam lambung. Bahkan, bila tidak segera ditangani bisa menyebabkan luka pada lambung, maag kronis, hingga parahnya menderita kanker lambung.

Penyakit asam lambung tinggi bisa ditimbulkan karena adanya bakteri helicobacter pylori, pola makan yang kurang baik seperti terlalu sering makan mie instan, goreng-gorengan, ataupun pecandu rokok. Berikut ini jenis makanan serta minuman yang bisa memperparah kondisi asam lambung sobat:

  • Makanan yang mengandung santan
  • Makanan pedas
  • Makanan berminyak atau gorengan
  • Fast food atau junk food
  • Daging berlemak
  • Cokelat
  • Minuman bersoda
  • Alkohol
  • Kafein

cara menurunkan asam lambung

Ciri-ciri seseorang yang mengalami asam lambung tinggi:

  • Merasakan perih pada ulu hati
  • Timbul nyeri di daerah perut dan perut rasanya melilit
  • Perut kembung
  • Kadang dada rasanya seperti terbakar karena kadar asam dalam lambung terlalu tinggi
  • Merasakan asam dan pahit di lidah
  • Kerap bersendawa dan sulit untuk menelan makanan
  • Sering kentut
  • Kurangnya nafsu makan

 

Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Bila sobat sudah merasa tak nyaman dan merasakan tanda-tanda seperti di atas, maka cobalah beberapa cara berikut ini untuk menurunkan asam lambung:

1. Permen karet

Permen karet mungkin terlihat sepele. Tapi bagi sobat yang sakit maag dan asam lambungnya sering naik, cobalah untuk menyediakan permen karet.

Menurut penelitian mengunyah permen karet setidaknya 30 menit dapat meredakan keluhan yang ditimbulkan oleh tingginya asam lambung. Saat mengunyah permen karet maka produksi air liur dalam mulut pun akan lebih lancar sehingga dapat membersihkan perut dari asam yang berlebih.

2. Lidah buaya

ads by google :

Bahan alami yang bisa menjadi solusi untuk menurunkan asam lambung adalah lidah buaya. Sobat tinggal menyediakan lidah buaya yang telah dibersihkan dan dikupas kulitnya, kemudian dihaluskan menjadi jus dan minumlah setengah gelas jus lidah buaya sebelum makan agar dapat mengurangi rasa perih di lambung. Akan tetapi, meminum jus lidah buaya akan membuat sobat lebih sering BAB (buang air besar).

3. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mengandung banyak manfaat, terutama bagi sobat yang ingin menyembuhkan asam lambung. Pisang dapat menjadi antasida alami yang mampu melapisi dinding perut dan saluran cerna supaya tak terkikis oleh asam lambung. Tetapi perlu diperhatikan, bagi beberapa orang pisang malah bisa memperburuk kondisi lambung mereka. Oleh sebab itu, bila perut sobat terasa makin perih sebaiknya carilah alternatif lain selain buah pisang.

4. Jahe

cara menurunkan asam lambungJahe juga merupakan alternatif bahan alami yang bisa sobat gunakan untuk menurunkan asam lambung. Tetapi hati-hati, bila sobat mengkonsumsinya lebih dari 2-4 gram per hari, hal itu malah akan membuat nyeri lambung sobat semakin buruk. Oleh sebab itu, konsumsilah jahe sesuai dosis yang dianjurkan. Setidaknya, pakailah jahe sebagai bumbu untuk masak.

5. Baking soda

Baking soda sangat mudah sekali ditemui di supermarket atau toko-toko penyedia bahan untuk membuat kue. Baking soda ini ternyata mengandung sifat basa yang bisa dimanfaatkan untuk menetralisir asam lambung loh!

Sobat bisa mencobanya dengan mencampurkan 1/2 atau 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air, kemudian minumlah air tersebut. Namun, bila asam lambung sobat sudah naik terlalu parah, sebaiknya hindari cara ini. Sebab baking soda mengandung garam yang dapat menyebabkan efek samping seperti mual dan muntah.

Bila cara-cara di atas tidak mampu mengatasi keluhan sobat, sebaiknya segeralah periksakan ke dokter agar memperoleh penanganan lebih tepat.

Baca juga:

Cara Mudah Mengatasi Mual Secara Alami

Cara Mengobati Perut Kembung dan Begah Secara Alami

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *