Cara Merawat Gigi Behel Praktis Tanpa Ribet

Gigi yang tertata indah dan rapi merupakan dambaan setiap orang. Gigi yang putih, bersih dan rata merupakan aspek yang cukup menunjang rasa percaya diri. Karena hal ini tentu tidak heran jika pemakaian behel atau kawat gigi menjadi trend. Jangan cuma tahu memasangnya saja, kamu juga harus tahu bagaimana cara merawat gigi behel yang benar agar tidak kuning atau infeksi.

Merawat gigi behel memang tergolong agak ribet. Karena gigi yang terpasang kawat behel memerlukan perawatan yang ekstra dari pada gigi biasa. Tapi demi mendapatkan gigi yang indah, kenapa harus males?

cara merawat gigi behel

Saat ini, kawat gigi atau lebih dikenal behel sangat digandrungi semua kalangan baik remaja, muda mudi maupun yang sudah dewasa. Kawat gigi dipasang dengan tujuan agar gigi yang tumbuh tidak rapi, boneng, dan cenderung tumbuh menghadap keluar menjadi lebih rapi dan tertata. Secara fungsi, kawat gigi yang dipasang meratakan posisi gigi dengan cara mendorong dan menahan pergerakan pada gigi sehingga lambat laun menjadi benar-benar rapi sesai yang diinginkan.

Di samping itu, behel juga sudah bergeser fungsi, tidak sekadar merapikan gigi, tetapi juga menjadi bahan gaya-gayaan dan trendi. Terlebih dengan banyaknya jenis behel dengan beraneka warna yang bisa dipilih sesuai keinginan pengguna.

Tetapi, behel yang dipasang juga harus dirawat dengan baik dan disiplin. Karena sering kali malah menimbulkan masalah baru berupa rasa sakit di gusi atau malah terlepas akibat sesuatu yang dimakan. Berikut ada beberapa tips cara merawat gigi behel.

Cara Merawat Gigi Behel Agar Tidak Kuning

Nggak mau kan gigi behel kamu jadi kuning dan nggak putih lagi? Berikut ini beberapa tips cara merawat gigi behel agar tetap putih dan tidak kuning.

1. Hindari makanan bertekstur keras

Hindari makanan yang bertekstur terlalu kenyal atau keras. Mengapa demikian? Soalnya kalau kamu mengunyah makanan yang liat dan sulit dihancurkan oleh gigi bisa-bisa mengakibatkan kawat behel terlepas, bergeser atau malah merusak gusi karena singgungan kawat yang dipasang.

Contohnya kulit (kikil), daging, berondong jagung dan tulang. Makanan-makanana seperti itu harus dijauhi. Malah terkadang bagi gigi dengan sela-sela lebih lebar menimbulkan masalah baru yaitu banyaknya makanan yang terselip dan membuat gusi berlubang. Tahan dulu mengkonsumsi makanan seperti itu sampai keadaan gigi siap setelah behel gigi sudah layak lepas.

2. Sikat gigi secara teratur

Jangan malas menggosok gigi. Usahakan gosok gigi dengan perlahan dan hati-hati karena ada benda non-gigi di seputar gigi yaitu kawat behel gigi.

Cari sikat yang lembut agar bisa menyikat sampai ke sela-sela gigi, sela-sela kawat dan tidak menimbulkan rasa nyeri di gigi. Bisa juga dengan sikat gigi dan pasta gigi sesuai rekomendasi dokter gigi. Bisa juga menggunakan pasta gigi yang ada fluoride-nya yang bisa mencegah segala masalah di gigi.

3. Gosok gigi sehabis makan

Usahakan setelah makan menggosok gigi. Makan apapun, usahakan bila bisa menggosok gigi. Hal ini untuk mencegah sisa makanan mengendap di sela-sela gigi atau di sela-sela kawat behel giginya.

4. Hindari makanan yang lengket dan meninggalkan remah-remah

Makanan yang terlalu lengket seperti dodol dapat menyelinap ke dalam sela-sela gigi dan kawat behel. Hal ini tentu akan meninggalkan sisa makanan pada gigi yang justru dapat memicu timbulnya kuman dan mengakibatkan pengeroposan gigi.

ads by google :

Selain itu makanan yang memiliki remah-remah ketika dikunyah seperti kacang, cokelat, karamel, kerupuk usahakan sehabis makan langsung kumur-kumur atau gosok gigi agar tidak ada sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi atau kawat behel.

5. Gunakan obat kumur seperti mouth wash agar mulut dan gigi bersih.

6. Rutin periksakan ke dokter

Lakukan chek up minimal 1 kali sebulan dan maksimal 6 bulan sekali agar perawatan gigi behel terjamin.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami dan Cepat

7. Gunakan benang gigi atau Dental floss

Benang gigi atau Dental floss dapat membantu membersihkan sisa sisa makanan disela sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

 

Hal-hal yang harus dijauhi oleh Pengguna Behel gigi

Setelah tahu bagaimana cara merawat gigi behel, nggak ada salahnya juga kan kalau kita tahu bagaimana cara menjaga agar gigi behel tetap terawat. Ada beberapa hal penting yang harus dijauhi oleh pengguna behel gigi agar gigi tetap terjaga. Yaitu:

1. Hindari konsumsi es terlalu banyak. Konsumsi es terlalu banyak tidak hanya mengakibatkan linu atau rasa dingin yang sensitif di gusi, tetapi es keras yang kadang digigit oleh gigi bisa merusak email gigi.

2. Jangan menggeser atau mengotak atik behel gigi tanpa konsultasi dan tanpa sepengetahuan ke dokter gigi.

3. Jauhi minuman bersoda, berkafein dan beralkohol agar tidak meninggalkan plak di gigi.

4. Hindari makanan yang mengandung banyak gula.

Baca juga:

Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen

Cara Jitu Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Semoga tips diatas bermanfaat ya, selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *