Cara Merawat Gigi Palsu Mudah, Praktis dan Benar

Cara merawat gigi palsu dengan baik dan benar agar gigi tidak bau atau senantiasa sehat. Zaman sekarang ini penggunaan gigi palsu merupakan hal yang lumrah dilakukan banyak orang. Pasalnya, gigi merupakan salah satu faktor penunjang penampilan. Namun karena sifatnya adalah gigi palsu, maka perawatan yang dibutuhkan pun cukup ekstra agar bisa nyaman saat sobat pakai.

Cara Merawat Gigi Berlubang

Sebelum mengetahui tentang tekhnik cara merawat gigi palsu, ada baiknya juga sobat mengetahui tentang bagamana cara merawat gigi agar gigi tetap sehat, kuat dan tidak berlubang. Tentang bagaimana cara merawat gigi yang tepat dapat sobat baca di Cara Mudah Merawat Gigi yang Benar Agar Sehat

Gigi yang sehat dan terawat tentu tidak akan mudah sakit atau bahkan berlubang. Lalu bagaimana jika gigi sudah terlanjur berlubang? Tidak usah khhawatir, sobat dapat melakukan perawatan tentang bagaimana cara merawat gigi berlubang. baca saja

cara merawat gigi palsu

Cara Merawat Gigi Palsu

Berikut ini serangkaian tips dan cara yang benar untuk merawat gigi palsu:

1. Pakailah pembersih khusus
Bila sobat membuat gigi palsu berdasarkan anjuran dokter, tentu sobat juga bakal memperoleh rekomendasi untuk memakai pembersih khusus gigi palsu. Pakailah pembersih yang memang khusus diperuntukkan bagi gigi palsu sobat dan jangan sembarangan menggunakan produk tertentu yang tidak dianjurkan oleh dokter. Sebab hal sembrono semacam itu bisa merusak gigi palsu sobat.

2. Jangan membersihkan dengan pasta gigi
Pasta gigi yang dijual bebas di luar sana pada dasarnya memang hanya ditujukan untuk gigi asli sobat. Oleh sebab itu jangan coba-coba memakai pasta gigi untuk membersihkan gigi palsu. Zat-zat yang terkandung dalam pasta gigi biasa tersebut tak cocok untuk membersihkan gigi palsu. Bukannya bersih, gigi palsu sobat nanti malah keropos dan tak bisa dipakai lagi. Nggak mau kan mahal-mahal beli gigi palsu tapi rusak karena hal sepele?

3. Pakai sikat gigi yang lembut
Di pasaran sangat banyak sekali jenis sikat gigi yang dijual. Namun, pastikan sobat hanya menggunakan sikat gigit yang bulunya halus supaya tak merusak gigi palsu sobat. Mengapa harus yang lembut? Memakai sikat gigi dengan bulu yang kasar hanya akan meninggalkan bekas goresan pada permukaan gigi palsu sobat. Nantinya bekas goresan tersebut membuat permukaan gigi jadi kasar dan tidak mengkilap lagi.

4. Bersihkan gigi palsu sebelum dipakai
Gigi palsu adalah benda asing yang nantinya akan masuk ke mulut sobat. Segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut patut dijaga kebersihannya. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu membersihkan terlebih dahulu gigi palsu sebelum sobat gunakan. Jangan biarkan gigi palsu sobat lama tak dibersihkan ya!

5. Jaga gigi palsu agar tetap higienis
Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, gigi palsu nanti akan sobat gunakan untuk makan dan minum. Ketika melepaskan gigi palsu, pastikan untuk membuatnya tetap higienis. Berilap lapisan tertentu supaya gigi palsu sobat tak sampai jatuh ke lantai atau terkena kuman dan bakteri yang membuat sobat mudah terserang penyakit.

ads by google :

6. Rajin membersihkan sisa makanan
Jangankan gigi palsu, pada gigi asli saja yang namanya membersihkan sisa-sisa makanan itu adalah hal yang wajib sobat lakukan. Terutama pada gigi palsu, bila sobat tak rajin membersihkan sisa makanan sehabis makan, sisa makanan itu akan membusuk di sela-sela gigi palsu sobat dan menciptakan kuman yang bisa membahayakan kesehatan mulut tentunya.

7. Jangan terlalu lama memakai gigi palsu
Usahakan untuk melepaskan gigi palsu selama 6 jam tiap harinya. Ingat sobat, gigi palsu juga butuh diistirahatkan. Oleh karena itu berikan waktu beberapa jam bagi gigi palsu untuk bernapas ya! Dengan kebiasaan semacam itu bisa membuat gigi palsu sobat lebih awet.

8. Rendam gigi palsu dalam air
Bila gigi palsu dalam keadaan tidak dipakai, sebaiknya rendamlah gigi palsu tersebut di dalam air. Gigi palsu tidak sama dengan gigi asli. Ia diharuskan untuk tetap lembap agar mudah untuk dipasang dan dilepas kembali.

9. Cek kondisi gusi
Apabila sobat hendak menggunakan gigi palsu, periksalah terlebih dahulu keadaan gusi sobat. Jangan memaksakan untuk memakai gigi palsu bila gusi sedang bengkak, merah, sariawan, dan sebagainya. Sebab pemakaian gigi palsu malah memperparah kondisi tersebut. Konsultasikan hal ini ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

Untuk lebih mudahnya, sobat dapat melihat tutorial video tentang cara merawat gigi palsu ini agar lebih mudah di pahami.

Itu tadi beberapa tips cara merawat gigi palsu sobat, mudah bukan. Jadi tidak ada alasan lagi untuk mengatakan malas merawat gigi palsu. Ingat ya, mencegah lebih baik daripaada mengobati.

Baca juga:

Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah

Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *