Cara Merawat Kuku Kaki Secara Mudah dan Alami

Cara merawat kuku kaki agar senantiasa cantik, lentik tampak indah dan juga sehat agar tidak menghitam. Kuku merupakan bagian tubuh yang sering diabaikan oleh sebagian orang. Kalaupun ada yang rajin merawatnya, paling-paling hanya kuku di jari tangan saja yang rutin dibersihkan dan dihias menggunakan kuteks atau nail art.

Padahal, kuku jari kaki kita juga perlu mendapatkan perhatian ekstra. Kenapa? Sebab, kuku kaki yang dirawat juga akan membuat penampilan para wanita menjadi lebih cantik ketika menggunakan sandal terbuka maupun sepatu high heels. Tidak mau kan kalau kuku kaki yang kuning dan kotor merusak penampilan sobat saat ke pesta? Hii, pasti sobat akan dikira jorok deh!

Selain untuk menjaga penampilan, kuku kaki yang dibersihkan dan dirawat dengan baik juga akan membuat kita nyaman dalam melangkah. Sobat setidaknya pasti pernah mengalami betapa tidak nyamannya saat kuku masuk ke dalam daging dan ketika jalan rasanya sangat nyeri sekali. Hal tersebut bisa disebabkan karena sobat terlalu malas memotong kuku kaki dan membersihkannya.

cara merawat kuku kaki

Cara Merawat Kuku Kaki yang Benar

Lalu, bagaimana sih cara merawat kuku kaki agar tetap terjaga kebersihan dan keindahannya? Berikut ini tips-tips yang bisa sobat coba di rumah.

Minum banyak air putih
Cara satu ini mungkin terlihat sepele, tetapi meminum banyak air putih juga mampu membantu kuku kita terlihat lebih sehat loh! Usahakan untuk minum air putih setidaknya 8-10 gelar per hari. Air putih mampu membuang racun dan kotoran dalam tubuh.

Rajin memotong kuku
Sobat sebaiknya jangan membiarkan kuku terlalu panjang. Kuku yang panjang akan lebih mudah patah dan akan mengganggu kita dalam beraktivitas. Selain itu, kuku panjang merupakan tempat bernaung kotoran, kuman, dan bakteri penyebab bau kaki loh. Sobat tidak mau kan dikucilkan hanya karena bau kaki yang kurang sedap? Nah, maka dari itu potonglah kuku secara rutin. Setidaknya 1 minggu sekali. Bersihkan hingga ke sela-sela terkecil agar tidak ada kotoran yang terselip.

Bau kaki yang muncul karena kurangnya kebersihan sobat menjaga kaki dan juga kuku kaki ini dapat dihilangkan dengan beberapa cara alami berikut, baca di Cara Praktis dan Mudah Mengatasi Bau Kaki Menyengat.

ads by google :

Lidah buaya
Tanaman satu ini memang patut sobat tanam di rumah. Lidah buaya memiliki beragam manfaat yang menakjubkan. Selain untuk rambut, lendir lidah buaya juga bisa digunakan untuk merawat kuku secara alami. Sobat bisa mencoba pedicure di rumah dengan mengoles gel lidah biaya ke kuku kaki dan juga tangan. Lendir lidah buaya ini bisa menjaga kelembapan kuku agar tampak lebih bening dan sehat. Lakukan perawatan ini dengan rutin selama seminggu sekali atau bisa juga beberapa kali dalam seminggu ketika sobat sedang santai di rumah. Mudah kan?

Bawang putih
Sobat termasuk pemilik kuku yang mudah patah? Kabar gembira nih! Kami punya solusi untuk mengatasi kuku yang gampang patah. Caranya cukup dengan memakai bawang putih. Sobat dapat langsung menggosokkan bawang putih ke permukaan kuku dan diamkan beberapa menit. Selain dengan irisan bawang putih, sobat juga dapat memarut bawang putih dan menempelkannya ke kuku. Bawang putih bisa menguatkan elemen kuku agar tidak mudah patah.

Menyikat kuku
Bila sobat telah memotong kuku kaki, usahakan untuk menyikatnya sekalian. Sobat dapat menggunakan sikat gigi bekas yang telah dibersihkan untuk menyikat kotoran di sela kuku kaki. Lakukan secara rutin setidaknya 3 hari sekali atau seminggu sekali. Ingat, basahi kaki sobat, bisa juga sambil disabun, lalu sikat pelan-pelan kuku jari kaki sobat hingga bersih.

Jeruk nipis atau jeruk lemon
Kuku sobat terlihat kuning dan kusam? Ada cara alami nih untuk mengatasinya. Cukup dengan jeruk nipis atau jeruk lemon. Sediakan air perasan jeruk nipis/lemon yang dicampur dengan pasta gigi (pasta gigi yang untuk memutihkan, lalu oleskan ke kuku tangan maupun kaki. Diamkan sampai kering, bilas dengan air hangat. Lakukanlah dengan rutin seminggu sekali. Warna kuku sobat akan kembali putih.

Bagaimana mudah bukan cara merawat kuku kaki yang benar.

Baca juga:

Cara Praktis dan Mudah Mengobati Kaki Pecah Pecah

Cara Praktis dan Mudah Menghilangkan Bulu Secara Permanen

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *