Tips Cara Merawat Kuku Tangan Agar Tidak Mudah Patah

Cara merawat kuku tangan dengan baik dan benar agar kuku senantiasa cantik, sehat dan tidak mudah patah. Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang penting untuk menunjang penampilan, terutama bagi kaum wanita. Kuku yang terawat, bersih, dan cantik tentunya menjadi poin plus bagi setiap pemiliknya.

Tetapi di luar sana tentu tak semua orang beruntung memiliki kuku tangan yang indah dan kuat. Nah, bagi Anda yang sedang muram karena memiliki kuku kuning, kusam, dan mudah patah, simak tips-tips berikut ini! Sobat tak perlu jauh-jauh manicure di salon, sobat bisa menggunakan cara alami ini di rumah!

Cara Merawat Kuku Tangan dan Kaki

Berikut ini beberapa cara alami yang bisa sobat coba lakukan untuk merawat kuku tangan sobat agar cantik dan tidak mudah patah. Untuk cara merawat kuku kaki, tidak jauh berbeda dengan merawat kuku tangan. Baca selengkapnya Cara Merawat Kuku Kaki Secara Mudah dan Alami. Dibawah ini beberapa tips cara merawat kuku tangan yang benar, baca sampai selesai ya.

cara merawat kuku tangan

1. Minyak zaitun

Bila sobat ingin memanjangkan kuku tetapi terhalang problem kuku yang sering patah, maka sobat bisa menerapkan sebuah cara yang praktis dan cukup ampuh, yakni dengan memakai minyak zaitun. Zat yang terkandung dalam minyak zaitun bisa menguatkan kuku tangan sobat loh! Caranya, oleskan minyak zaitun asli ke permukaan kuku jari tangan sobat, lalu biarkan meresap selama 15 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin setidaknya 2 hari sekali.

2. Konsumsi vitamin

Kuku yang mudah patah bisa saja disebabkan karena sobat kekurangan asupan vitamin. Oleh karena itu, konsumsilah makan yang banyak mengandung vitamin B, terutama vitamin B5. Sobat juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin B5 dengan membelinya di apotek.

3. Belimbing wuluh

Buah yang asam ini bisa membersihkan kotoran di sela kuku dan juga memperkuat kuku. Sobat bisa langsung menggosokkan potongan belimbing wuluh ke kuku tangan maupun kaki. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih.

4. Lidah buaya

Siapa bilang lidah buaya cuma bisa digunakan untuk merawat rambut? Tanaman lidah buaya ternyata juga bermanfaat untuk merawat kuku. Caranya mudah kok. Sobat tinggal mengoleskan gel pada lidah buaya ke semua kuku jari tangan maupun kaki. Lakukanlah ini dengan rutin. Kuku-kuku sobat nanti bisa tampak lebih bening dan bersih.

5. Minum susu

ads by google :

Susu kaya sekali akan kandungan kalsium yang bisa membuat kuku lebih kuat. Selain meminum susu, sobat juga bisa mengkonsumsi keju, ikan-ikanan, kacang-kacang, dan sayuran seperti kangkung, bayam, dan masih banyak lagi.

6. Lemon

Kuku tangan sobat kuning? Nah, kami punya tips untuk mengembalikan warna putih kuku sobat. Caranya, cukup dengan bermodalkan buah lemon atau jeruk nipis. Sobat tinggal menyediakan 1 sendok air perasan lemon kemudian dicampurkan dengan pasta gigi yang khusus untuk memutihkan gigi. Setelah itu, oleskan ke seluruh kuku secara merata sampai mengering. Bila sudah kering, bilaslah kuku menggunakan air hangat. Bila sobat melakukannya secara rajin, setidaknya 1 minggu sekali, maka warna alami kuku sobat bisa kembali.

7. Getah pepaya

Bila sobat ingin memiliki kuku yang tak gampang pecah atau mengelupas, sobat juga dapat memanfaatkan getah pepaya untuk membersihkan kuku.

8. Bawang putih

Bahan dapur yang satu ini memang banyak sekali kegunaannya. Selain sebagai penyedap rasa alami untuk masakan, bawang putih banyak mengandung zat yang bisa menguatkan kuku. Gampang sekali caranya. Sobat hanya perlu memarut bawang putih sampai halus dan membalurkannya ke kuku. Diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan kuku sobat dengan air. Bila ingin cara yang lebih praktis, sobat bisa langsung menggunakan irisan bawang putih untuk digosokkan ke kuku. Bila melakukannya dengan rutin, maka kuku yang cantik dan indah bukan lagi khayalan.

9. Minum air putih

Dasar dari kesehatan dan kecantikan tubuh adalah dengan mencukupi kebutuhan air. Bagi sobat yang ingin memiliki kuku indah dan kuat, sebaiknya minumlah banyak air putih agar kuku sobat tidak terlihat kusam.

Itu tadi beberapa tips cara merawat kuku tangan yang baik da benar.

Baca juga:

10 Cara Merawat Softlens Secara Praktis dan Aman

Cara Alami dan Ampuh Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *