Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami dan Mudah

Cara merawat rambut bercabang dengan cara alami dan mudah. Wanita memang sangat mengagumi kecantikan dan akan berlomba – lomba untuk tampil cantik di depan umum. Segala macam perawatan tubuh pasti akan dilakukan, tidak terkecuali perawatan rambut. Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan keinginan semua wanita. Namun terkadang untuk mendapatkan rambut indah wanita mencoba serangkaian perawatan yang ternyata memberikan dampak buruk ke depannya bagi rambut mereka. Mulai dari rambut menjadi kering, bercabang, dan patah.

Mungkin banyak produk yang menyediakan perawatan rambut untuk masalah tersebut, tapi tidak semua bisa efektif mengatasinya. Bisa saja masalah akan muncul kembali atau bahkan keadaan rambut menjadi lebih parah akibat bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Nah, untuk itu sobat perlu membaca ulasan di bawah ini. Semoga bisa membantu masalah sobat yang memiliki problem rambut bercabang.

cara merawat rambut bercabang

Type Rambut Bercabang

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Sebelum mengetahui tentang bagaimana cara merawat rambut bercabang ini, tidak ada salahnya kan kalau kita mengetahui juga tentang bagaimana apa saja yang menyebabkan rambut menjadi bercabang. Beberapa hal berikut ini dapat menjadi faktor penyebab rambut bercabang, apa saja itu lihat yuk:

1. Penggunaan catok rambut yang berlebihan
Catok rambut dianggap sebagai penolong bagi wanita yang mempunyai rambut ikal dan mengembang. Ketika hendak berpergian, catok merupakan alat yang seakan wajib mereka pakai untuk membantu rambut mereka terlihat lebih rapi dan lebih lurus. Namun penggunaannya yang terlalu sering akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Panas dari alat catok akan menghambat pertumbuhan rambut dan membuat rambut pecah atau bercabang.

Untuk mendapatkan rambut yang lurus, tidak harus dengan mencatok rambut yang membuat rambut menjadi rusak dan bercabang. Ada beberapa tips alami yang dapat membantu sobat mendapatkan rambut yang lurus, lembut dan juga sehat. Baca selengkapnya di Cara Alami Meluruskan Rambut Tanpa Ribet

2. Bahan kimia untuk rambut
Bahan kimia yang tidak diperlukan oleh rambut bisa mengganggu kesehatan rambut. Sampo, kondisioner ataupun masker rambut memang mengandung bahan kimia, tapi bahan yang terkandung di dalamnya masih dalam taraf aman asal dalam penggunaan yang normal. Hal yang perlu dikhawatirkan adalah bahan kimia yang terkandung di dalam obat rebonding, pewarna rambut, dan lainnya. Dampak yang ditimbulkan diantaranya adalah rambut menjadi kering dan tidak menutup kemungkinan rambut menjadi bercabang.

3. Paparan sinar ultraviolet
Sinar matahari memancarkan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.

4. Terlalu sering keramas
Terlalu sering keramas malah menyebabkan rambut menjadi kehilangan kelembabannya. Cukup keramas 2 hari sekali untuk menjaga rambut tetap bersih dan sehat.

5. Kurang asupan nutrisi untuk rambut
Kerusakan pada rambut tidak hanya disebabkan oleh faktor dari luar, faktor yang berasal dari dalam tubuh itu sendiri juga dapat mempengaruhi. Kurangnya konsumsi mineral zinc, vitamin E dan juga protein akan menyebabkan rambut rusak dan bercabang. Nutrisi yang dibutuhkan rambut tersebut bisa didapatkan pada makanan sehari – hari.

Cara Merawat Rambut Bercabang dan Rusak

Memiliki rambut bercabang memang menyebalkan. Rambut yang bercabang akan mengganggu keindahan rambut. Rambut bercabang membutuhkan perawatan yang ekstra. Untuk itu sobat perlu mengetahui bagaimana cara merawat rambut bercabang agar tetap terlihat sehat. Berikut tips yang bisa sobat lakukan:

1. Minyak zaitun
Gunakan minyak zaitun hangat untuk merawat rambut bercabang sobat. Caranya adalah dengan menghangatkan minyak zaitun, sebaiknya hangatkan dengan menggunakan microwave. Oleskan pada rambut pada saat rambut dalam keadaan basah. Diamkan selama kurang lebih 5 menit. setelah itu keramas dengan sampo. Lakukan perawaan ini paling tidak setiap 2 minggu sekali.

2. Alpukat dan buah zaitun
Kombinasi dari buah alpukat dan minyak zaitun dipercaya ampuh untuk mengatasi rambut bercabang sobat. Haluskan 1 buah alpukat lalu campur dengan ½ sendok makan minyak zaitun. Campur hingga merata. Oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 30 menit. bilas dengan air bersih.

ads by google :

3. Mayones
Mayones mengandung asam lemak yang berfungsi untuk meningkatkan minyak alami rambut. Oleh karena itu mayones, selain digunakan untuk topping makanan, bisa juga digunakan untuk perawatan rambut bercabang. Setelah keramas dan dikeringkan dengan handuk, oleskan kurang lebih 1 sendok makan mayones pada rambut. Setelah itu bungkus dengan handuk atau shower cap. Diamkan selama 15 – 20 menit. Cuci kembali rambut dengan menggunakan sampo bayi atau sampo herbal.

4. Lidah buaya

cara merawat rambut bercabangLidah buaya memang terkenal bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut. Selain untuk mengurangi masalah rambut rontok, daun lidah buaya berkhasiat untuk mengatasi rambut yang bercabang juga. Caranya mudah sekali. Cukup ambil gel yang ada di lidah buaya. Gunakan gel tersebut sebagai sampo. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lidah buaya ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pilihan cara menghilangkan jerawat secara alami. Baca tips selengkapnya di Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Mudah

5. Masker telur
Telur selain bisa digunakan untuk masker wajah ternyata juga bisa dijadikan masker rambut untuk menatasi rambut bercabang. Siapkan 1 butir telur mentah, ambil kuning telurnya saja. Campur kuning telur dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Balurkan campuran ketiga bahan ke rambut secara merata sambil dipijat. Setelah itu tutup dengan shower cap selama kurang lebih 40 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

6. Masker papaya
Sediakan buah papaya secukupnya dan campur dengan yoghurt. Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat – pijat selama 10 menit. setelah itu diamkan selama 15 menit. bilas dengan air hangat.

7. Masker madu
Sediakan 2 sendok makan madu, 2 sendok makan yoghurt dan perasan air jeruk lemon secukupnya. Campur ketiga bahan kemudian oleskan ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Hindari menggosok rambut
Apakah setelah selesai keramas sobat suka menggosok rambut dengan handuk atau saling menggosoknya dengan rambut? Sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Menggosok rambut dengan handuk atau rambut itu sendiri menyebabkan rambut menjadi kering sehingga bercabang. Oleh karena itu dianjurkan untuk membiarkan rambut mengering dengan sendirinya setelah keramas.

9. Pilih sampo yang sesuai
Perawatan rambut yang sedang bermasalah memang tidak sembarangan. Sampo untuk rambut pun harus diperhatikan pemilihannya. Gunakan sampo yang khusus untuk perawatan rambut kering dan bercabang atau rambut rusak, serta pastikan bahwa sampo tersebut memberikan kelembaban untuk rambut sobat. Setelah keramas ada baiknya untuk menggunakan kondisioner agar rambut menjadi lebih lembut.

10. Potong rambut secara rutin
Memotong rambut secara rutin pada ujungnya bisa mengurangi rambut bercabang. Menurut para ahli, setidaknya ujung rambut dipotong secara rutin 2 bulan sekali. Selain itu, lakukan perawatan tambahan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Bagaimana, cukup mudah bukan tips cara merawat rambut bercabang diatas? Info menarik lain yang juga patut sobat baca:

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Alami dan Cepat

Tips Memutihkan Selangkangan Cepat dan Mudah

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *