Cara Alami dan Ampuh Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding

Cara merawat ranbut rusak akibat rebonding secara alami dan bisa sobat lakukan di rumah, dan sudah pasti lebih aman serta murah daripada sobat memilih menggunakan bahan kimia dan perawatan di salon. Kebanyakan wanita di Indonesia mendambakan rambut yang lurus layaknya artis Korea. Mereka pun beramai-ramai meluruskan rambut ke salon dengan cara rebonding ataupun smoothing. Hasilnya memang bagus. Rambut jadi lurus seketika dan benar-benar rapi seperti yang sobat dambakan.

Tetapi tahukah sobat? Proses pelurusan memakan waktu berjam-jam itu ternyata mampu merusak rambut indah sobat. Sesaat setelah rebonding mungkin tidak terlalu terasa. Tetapi beberapa bulan kemudian, rambut sobat akan mulai mengering, patah-patah, bercabang, dan juga rontok. Penggunaan alat catok yang panas ditambah obat pelurus yang keras itu benar-benar kombinasi yang sempurna untuk membuat rambut sobat rusak hanya dalam waktu sekejap.

cara merawat rambut rusak akibat rebonding

Cara Merawat Rambut Rusak Karena Rebonding

Nah, bagi sobat yang saat ini sedang bersedih karena rambutnya mengalami kerusakan parah akibat rebonding, jangan khawatir. Kami memiliki beberapa tips cukup sederhana yang bisa sobat praktikkan di rumah untuk mengembalikan rambut jadi berkilau lagi.

1. Hair mask
Bila rambut sobat menjadi kering dan bercabang setelah melakukan pelurusan rambut seperti rebonding atau smoothing, sobat bisa mencoba untuk menggunakan hair mask di rumah. Bagi sobat yang tak ingin repot, sobat juga dapat pergi ke salon untuk merasakan pijatan dan hair mask yang menyeluruh di kulit kepala. Bila dilakukan secara teratur, hair mask bisa mengembalikan tekstur alami rambut sobat loh!

2. Lidah buaya
Sobat tentu tahu bahwa lidah buaya sangat bermanfaat untuk perawatan rambut, terutama bagi rambut sobat yang rusak setelah direbonding. Caranya pun mudah. Sobat hanya perlu menyiapkan gel atau getah lidah buaya yang telah diiris. Lalu usapkan ke seluruh rambut maupun kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit sampai meresap, lalu cuci bersih rambut sobat dengan shampo.

Baca juga: Perawatan Rambut Smoothing Agar Lurus Tahan Lama

3. Pakai sisir bergigi jarang
Bila rambut sobat rusak dan mudah rontok setelah pelurusan rambut, sebaiknya kurangi penggunaan sisir jenis sikat atau yang bergigi rapat. Pakailah sisir dengan gigi jarang dan ujungnya tumpul. Sisir rambut perlahan-lahan dan tidak langsung menariknya bila ada yang kusut. Dengan membiasakan diri menyisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang dapat membantu mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut sobat.

4. Konsumsi teh hijau
Cara lain yang bisa sobat lakukan untuk merawat rambut yang rusak pasca rebonding adalah dengan rajin meminum teh hijau alias green tea. Kenapa green tea? Teh hijau mengandung banyak anti oksidan dan epigallocatechin-3-gallat yang bisa membantu menyuburkan rambut dan proses regenerasi rambut yang rusak.

ads by google :

5. Kurangi penggunaan catok rambut dan hair dryer

Walaupun hair dryer dan catok mampu mengeringkan rambut dan mempercantik rambut, nyatanya alat-alat pemanas semacam itu malah merusak kutikel rambut sobat. Bila sobat terlalu sering memakainya, rambut jadi semakin kering dan patah-patah. Lebih baik untuk mengeringkan rambut cukuplah gunakan handuk dan diangin-anginkan saja supaya bisa kering secara alami.

6. Pakai shampo dan konditioner yang tepat
Tips lain yang perlu sobat terapkan adalah dengan memilih sampo serta conditioner yang tepat. Jangan terlalu sering berganti-ganti jenis shampoo. Gunakan shampo dan conditioner khusus yang memang diperuntukkan untuk rambut yang rusak. Sobat juga dapat menambahkan tonic atau vitamin rambut supaya bisa membuat rambut sobat lebih sehat dan berkilau.

7.Potong rambut 3 bulan sekali
Cara satu ini sangat efektif bagi sobat yang rambutnya patah atau bercabang. Bahkan memotong rambut 3 bulan sekali memang dianjurkan bagi mereka yang rambutnya rusak setelah direbonding. Dengan rutin memangkas rambut, ujung rambut yang kering dan bercabang akan terpotong dan digantikan dengan rambut yang baru. Tapi jangan lupa, sobat juga harus memenuhi nutrisi untuk rambut agar rambut bisa tumbuh lagi dengan sempurna.

Cukup mudah bukan tips tentang cara merawat rambut rusak akibat rebonding di atas?

Baca juga:

Cara Alami Meluruskan Rambut Tanpa Ribet

Tips Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami dan Mudah

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *