10 Cara Merawat Softlens Secara Praktis dan Aman

Cara merawat softlens atau kontak lens yang kotor ataupun perawatan setiap hari dengan cara yang cukup mudah. Bagi sebagian orang yang daya penglihatannya mulai berkurang karena mata minus, tentu softlens menjadi pilihan lain yang menjanjikan setelah kacamata. Berbagai warna dan motif yang menarik membuat orang tergerak untuk mengikuti tren dan memakai softlens, bahkan bagi mereka yang matanya normal.

Cara Merawat Softlens yang Baik dan Benar

Namun jangan salah, karena softlens ini bisa menjadi sumber permasalahan baru bila sobat tidak lihai dalam merawatnya. Lantas bagaimana cara merawat softlens yang benar agar selalu awet dan nyaman saat digunakan? Berikut ini tips-tipsnya.

cara merawat softlens

1. Pastikan tangan sobat bersih dan steril
Pastikan untuk membersihkan tangan dulu sebelum merawat atau menggunakan softlens. Usahakan mencuci tangan dengan sabun bayi atau sabun anti bakteri. Jangan sampai mencuci tangan dengan sabun yang mengandung pewangi, sebab parfum di dalamnya bisa membuat tangan kita menyimpan zat kimia yang bisa mengganggu penglihatan ketika memakai softlens. Pakailah handuk kering dari serat yang bagus untuk mengeringkan tangan.

2. Bersihkan softlens
Sebelum membersihkan softlens pastikan sobat telah mensterilkan tangan lebih dulu. Kemudian taruh softlens di telapak tangan dan tetesi dengan cairan solution atau cairan khusus yang memang dipakai untuk membersihkan lensa kontak. Lalu gosok softlens sebentar menggunakan tangan pelan-pelan saja sampai bersih. Kemudian bilas lagi softlens tersebut dengan cairan solution. Awas! Jangan sembarangan membersihkan softlens dengan air keran. Sebab air keran kemungkinan telah tercemar dan tidak 100% steril.

3. Hindari memiliki kuku panjang
Pastikan kuku sobat pendek dan ujungnya halus. Mengapa demikian? Sebab pemasangan softlens tentunya melibatkan ujung jari. Coba bayangkan bila kuku sobat panjang dan tajam, tentu saja softlens yang sifatnya tipis itu bisa sobek. Selain itu, bila kuku sobat pendek tentunya akan lebih mudah untuk memasang softlens ke mata.

4. Pakai kosmetik sebelum pasang softlens
Usahakan menggunakan make-up dulu hingga selesai, baru sobat bisa memasang softlens. Sebab, bila sobat terlanjur memasang softlens duluan ketimbang merias wajah, kemungkinan serbuk-serbuk seperti bedak, eyeshadow dan semacamnya dapat masuk ke softlens dan membuat mata sobat iritasi.

5. Periksa tanggal kadaluarsa cairan
Produk yang sudah kadaluarsa tentu sudah tak layak lagi untuk digunakan. Terutama cairan untuk softlens. Sobat jangan sampai nekat memakai cairan yang sudah kadaluarsa ya! Penggunaan cairan yang lewat dari tanggal kadaluarsa dapat mempengarungi kualitas softlens dan juga berdampak buruk pada penglihatan.

6. Rendam softlens bila tidak dipakai
Softlens yang dijaga kelembapannya dan dibiarkan terendam saat sedang tak terpakai akan lebih awet dibandingkan softlens yang dibiarkan mengering begitu saja. Seperti yang sobat ketahui, softlens yang lembap akan lebih lentur dan mudah ketika dipasang.

ads by google :

7. Jaga kebersihan kotak softlens
Menjaga kebersihan kotak softlens sama pentingnya dengan menjaga kebersihan softlens itu sendiri. Pastikan wadah untuk menyimpan softlens ini selalu bersih dan steril. Kebersihan softlens berawal dari tempat penyimpanannya. Bersihkan kotak softlens dengan merendamnya ke dalam air panas supaya terbebas dari kuman maupun bakteri.

8. Ganti tempat softlens 3 bulan sekali
Bila sobat sudah rajin membersihkannya, lens case atau wadah softlens tetap ada masa pakai yang harus diperhatikan. Paling tidak, gantilah wadahnya tiap 3 bulan sekali agar softlens sobat selalu steril.

9. Jangan pakai softlens seharian
Ini adalah hal terpenting yang kadang sering diabaikan banyak orang. Hindarilah menggunakan softlens lebih dari 12 jam. Sebab hal semacam itu hanya akan membuat mata sobat mengalami iritasi.

10. Jangan menggunakan softlens ketika tidur
Softlens memang diciptakan untuk selalu basah atau lembap. Nah, ketika tidur mata sobat otomatis akan tertutup dan tak ada gerakan akomodasi mata yang bisa membasahi permukaan softlens. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan dan membuat softlens sobat cepat mengering dan rusak.

Mudah bukan tips cara merawat softlens diatas? Jangan malas merawat softlens sobat ya, agar mata senantiasa sehat dan terawat.

Baca juga:

Tips Memutihkan Selangkangan Cepat dan Mudah

Perawatan Rambut Smoothing Agar Lurus Tahan Lama

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *