Cara Terbaru Merawat Tali Pusat Bayi yang Belum Puput

Cara merawat tali pusat pada bayi baru lahir dengan tepat dan benar. Perawatan tali pusat merupakan hal yang krusial dan sangat penting. Saat baru lahir, tali pusat bayi belum putus, bunda pasti akan sedikit kebingingan dalammerawat tali pusat buah hati bunda, terlebih lagi buat bunda yang baru pertama kali mempunyai momongan.

Pada umumnya, tali pusat ini akan lepas dengan sendirinya ketika bayi bunda berusia 1 sampai 2 minggu. Namun pada beberapa bayi, tali pusat ini dapat lepas lebih cepat atau lebih lama dari waktu tersebut.

cara merawat tali pusat bayi

Untuk saat sekarang ini, dalam merawat tali pusat bayi bunda sudah tidak perlu lagi menggunakan alkohol sebagai antiseptik. Penggunaan antiseptik seperti alkohol ataupun obat merah (povidon iodin) sudah mulai dilarang untuk digunakan karena akan memperlambat proses lepasnya tali pusat.

Cara Merawat Tali Pusat Bayi yang Belum Lepas

Tali pusat yang belum lepas tentu membutuhkan perawatan khusus agar tali pusat tidak terjadi infeksi dan juga cepat puput atau lepas.

Saat memandikan bayi, bersihkan tali pusat dengan di lap. Jaga agar tali pusat tidak basah. Lap tali pusat yang basah karena air saat bayi dimandikan. Ada beberapa sumber yang mengatakan agar tali pusat dibiarkan terbuka, tapi untuk merawat tali pusat biasanya saya tetap memilih untuk menutup tali pusat bayi dengan menggunakan kassa steril.

Bunda dapat memilih salah satu etode dari dua cara perawatan tali pusat diatas. Sebenarnya merawat tali pusat tidak terlalu sulit kok bun, bunda dapat melakukannya sendiri di rumah.

ads by google :

Yang terpenting saat bunda merawat tali pusat bayi bunda, tetap jaga kebersihan tali pusat. Amati tanda tanda infeksi pada tali pusat bayi bunda. Jika terdapat tanda infeksi seperti terdapat nanah, segera hubungi tenaga medis untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Ingat ya bun, jangan tambahkan apapun aat bunda merawat tali pusat bayi bunda. Terlebih memberikan beberapa ramuan obat obatan tradisional karena akan memperbesar resiko infeksi.

Semoga tips diatas cukup membantu dan bermanfaat bagi bunda.

Tentang tips cara memandikan bayi yang benar dapat bunda baca diĀ Cara Memandikan Bayi dengan Benar Beserta Video

Baca juga:

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Cara Alami dan Aman Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Selamat membaca, semoga bayi bunda sehat selalu.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *