Cara Merawat dan Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara merawat telinga yang tepat agar telinga senantiasa sehat dan terhindar dari infeksi. Telinga merupakan organ tubuh yang punya peranan penting di kehidupan kita. Karena strukturnya yang berlubang, tentunya telinga mudah sekali kotor. Lalu, bagaimana cara merawat telinga yang benar?

Gambar Telinga dan Cara Merawat Telinga

Dibawah ini adalah struktur dari susunan telinga, mulai dari telinga luar sampai telinga dalam. Setelah mengetahui bentuk dan struktur telinga, sobat juga perlu tahu tentang bagaimana cara merawat telinga dengan baik dan benar. Berikut ini tips merawat telinga yang harus sobat perhatikan.

cara merawat telinga

1. Jangan mengorek telinga dengan cottonbud
Mengorek telinga dengan cuttonbud tidak akan mengeluarkan kotoran dalam telinga, tetapi malah akan mendorong kotoran tersebut masuk lebih dalam ke telinga sobat. Telinga mempunyai mekanisme tersendiri yang membuat kotoran di dalamnya keluar dengan sendirinya. Cottonbud hanya cocok membersihkan sela-sela bagian luar daun telinga sobat saja.

2. Tak perlu terlalu bersih saat membersihkan telinga
Untuk merawat kebersihan telinga sobat, ternyata sobat tidak perlu membersihkannya terlalu bersih. Terutama lapisan minyak alias serumen yang ada di bagian telinga. Meskipun terasa lengket dan menjijikkan, serumen tersebut bermanfaat untuk mengikat debu atau serangga kecil yang berusaha memasuki lubang telinga sobat. Serumen itu lama kelamaan bakal mengering dengan sendirinya dan keluar menjadi kotoran telinga. Bila ingin membersihkan, cukuplah melakukan sebanyak 1 minggu sekali saja. Sobat dapat membilas dengan air bersih ketika mandi. Itu pun jangan terlalu sering. Sebab bila telinga terlalu kering malah akan membuat sobat lebih mudah terkena iritasi.

3. Gunakan eardrops
Sebelum sobat tidur atau melakukan aktivitas apapun yang melibatkan telinga, pastikan kebersihan dari bantal, tempat tidur, dan sebagainya. Periksalah apakah ada serangga atau kotoran di atasnya yang bisa masuk ke telinga sobat. Bila sobat khawatir ada kotoran yang masuk telinga, manfaatkanlah eardrops ketika tidur ataupun berenang.

4. Terapi lilin
Saat ini terapi lilin sudah banyak tersedia dimana saja. Bila sobat merasa banyak kotoran yang menumpuk di telinga, cobalah pergi ke klinik atau salon yang menyediakan perawatan ear candle. Terapi lilin sangat berguna untuk mengangkat kotoran yang bersarang dalam telinga. Bila sobat sudah memahami sistem kerjanya, sobat pun bisa melakukan sendiri terapi lilin tersebut di rumah ketika sedang berlibur akhir pekan.

5. Jangan pernah menggaruk telinga saat gatal
Gatal yang ditimbulkan oleh area telinga bisa disebabkan karena adanya eksim atau psoriasis. Hindarilah untuk menggaruknya. Sebab hal itu malah akan membuat telinga sobat mengalami iritasi. Agar mendapat penanganan yang tepat, segera periksakan ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

ads by google :

6. Mengunyah makanan dengan benar

Walau sedang terburu-buru, usahakan untuk mengunyah tiap makanan dengan baik. Gerakan peristaltik di mulut bisa mendorong kotoran dalam telinga untuk keluar secara otomatis. Agar dapat mengujinya, cobalah mengunyah permen karet.

7. Kurangi penggunaan earphone atau headset
Menurut penelitian Huggonet, terlalu sering memakai earphone atau headset dengan suara yang kencang bisa mengganggu fungsi pendengaran sobat. Sobat bisa saja menjadi kurang peka dengan bunyi-bunyian, atau justru sebaliknya, sobat jadi terlalu sensitif dengan suara. Oleh karena itu, kurangi penggunaan earphone di keseharian sobat. Usahkan maksimal hanya 2 jam sehari memakainya, kemudian biarkan telinga sobat beristirahat selama 6 jam usai penggunaan earphone atau headset. Bila sobat terlalu memakai earphone malah akan membuat kotoran dalam telinga menjadi susah untuk keluar.

8. Periksa ke dokter secara rutin
Bila telinga sobat terlanjur bermasalah, sebaiknya periksakan secara berkala ke dokter spesialis THT supaya telinga sobat memperoleh perawatan yang tepat dari ahlinya. Namun bagi sobat yang telinganya tidak bermasalah, usahakan untuk melakukan perawatan sendiri yang sederhana di rumah seperti yang telah kami jabarkan di atas. Sobat juga bisa membersihkan bagian luar daun telinga dengan kapas atau cottonbud yang telah dibasahi baby oil. Rongga luar telinga juga bisa sobat bersihkan dengan cara itu. Namun ingat, sobat tak perlu sering-sering melakukannya dan jangan mengorek telinga dengan cotton bud.

Demikian beberapa tips cara merawat telinga yang bisa sobat praktekkan untuk mendapatkan telinga yang senantiasa sehat.

Baca juga:

Cara Alami dan Ampuh Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding

10 Cara Merawat Softlens Secara Praktis dan Aman

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *