Syarat dan Cara Pindah Kelas Serta Faskes I BPJS

Kelas perawatan BPJS kesehatan terbagi menjadi tiga kelas. Kelas kelas berikut adalah kelas I, II dan III. Sahabat dapat memilih jenis kelas perawatan mana yang akan sahabat pilih untuk mendapatkan fasilitas perawaan kesehatan. Lalu kalau mau pindah kelas, bagaimana cara pindah kelas bpjs ini?

Diantara kelas kelas tersebut tentu pembayaran premi iuran juga berbeda. Walaupun pembayarannya berbeda, tapi pelayanan dan obatnya tetap sama kok. Yang membedakan hanya ruang perawatannya. Kalau kelas I biasanya ruang perawatan lebih bagus, lebih nyaman. Kalau kelas II biasanya agak bagus dan agak nyaman. Kalau yang kelas III ruang perawtannya biasanya terdiri dari beberapa bangsal dengan banyak pasien dan tanpa sekat, jadi agak rame.

Untuk pemilihan kelas perawatan ini tentu terserah sahabat. Karena obat ataupun pelayanan yang diberikan sama saja.

Lalu bagaimana jika sahabat sudah terlanjur daftar di kelas II namun ingin pindah ke kelas I. Bisakah? Lalu syaratnya apa saja. Jawabannya tentu saja bisa. Syaratnya juga tidak ribet kok.

cara naik kelas bpjs

Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Syarat untuk naik kelas ini nanti cukup menunggu selama 1 tahun setelah tanggal pembuatan baru bisa pindah naik kelas. Pas baca di website sih tertulis syarat pindah kelas setelah 6 bulan terhitung dari tanggal pembuatan.

Tapi dalam prakteknya, kemarin saya pas datang ke kantor BPJS ditolak sama petugasnya karena belum genap satu tahun. Saya tetep ngotot sambil buka website resmi BPJS dan nunjukin ke pak satpam. Tapi pak satpamnya juga ngotot dan bilang kalau belum ada sosialisasi tentang peraturan yang 6 bulan itu. Akhirnya ya sudah deh saya pulang dengan tangan hampa.

Jadi intinya gini, syarat untuk pindah kelas perawatan BPJS adalah sebagai berikut:

  1. Tunggu kartu aktiv sampai 1 tahun
  2. Bawa kartu BPJS
  3. KTP peserta
  4. Datang ke kantor BPJS, temui satpam terus sampaikan maksud hati sahabat. Entah setelah itu sahabat akan ditunjukkan proses selanjutnya
ads by google :

Nah itu tadi tentang bagaimana dan apa saja syarat jika sahabat mau naik kelas perawatan. Kalau kita sudah pindah kelas perawatan, kita tidak boleh kembali lagi. Misale kita pindah dari kelas III ke kelas II, kita tidak diperbolehkan kembali ke kelas III lagi.

Kalau ingin pindah faskes atau fasilitas kesehatan tingkat satu syaratya cukup nunggu 3 bulan terus datang ke kantor BPJS. Disana nanti sahabat ketemu pak satpam, utarakan maksud nanti pak satpam akan ngasih form pindah faskes. Jangan lupa bawa KTP sama kartu BPJS asli.

Oh iya, ngmong ngomong tentang kelas perawatan, bagaimana kalau misalnya kita daftar di kelas III tapi pas daftar tiba tiba kelas III penuh. Dapatkah kita naik kelas? Terus nanti pembayarannya bagaimana?

Nah tentang naik ruang perawatan pas rawat inap ini, selengkapnya bisa sahabat baca di Plafon dan Pembiayaan Naik Kelas Perawatan BPJS

Cukup jelas bukan gambaran tentang cara pindah kelas bpjs diatas? 😀

Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat yang masih bingung tentang bagaimana cara kerja BPJS ini.

Baca juga:

Cara Membuat BPJS dan Syarat Wajib Pembuatannya

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


20 Komentar Pada “Syarat dan Cara Pindah Kelas Serta Faskes I BPJS

  1. lasmono

    Saya baru daftar kemaren tgl 3/3/2016 trus bayar n jadi kartunya tgl 17/3/2016. Dan saya daftar kelas III trus skrang saya mau ganti kelas II apa masih nunggu 1 tahun jg..??? Sya blm bayar dan kartu blm jadi.. apa bisa ganti langsung? Mohon infonya thx.

    Reply
    1. Amini Post author

      Kemarin lihat di BPJS kalau dalam 30 hari peserta belum melakukan pembayaran, semua proses harus diulang dari awal atau mulai daftar baru lagi

      Reply
    1. Amini Post author

      di rumah sakit didaerah saya seperti itu, pas tanya bagian pendaftarannya katanya itu aturan dari bpjs

      Reply
      1. Juminten

        Kalau tanyanya di rumah sakit ya pasti ga bisa min, soalnya kan dipikir petugas rumah sakit kita peserta kelas 3 mau pakai layanan kelas 2. Tapi kalau saya tanya ke petugas BPJS di kantor resminya boleh pindah kelas tapi mesti tunggu setahun.

        Pengalaman saya aja nih, ga ngaruh kok mau ambil kelas berapa. Kecuali yg diniatkan buat dapat rawat inap room kelas 1. Tapi fyi, justru lebih sering yg kelas 1 itu ga kebagian kamar.

        Jujur aja selama menggunakan BPJS ga begitu besar manfaatnya kalau cuma buat rawat jalan, karena pelayananya di faskes agak didiskrimnasi meski ambil kelas 1. Belum lagi obat2nya kurang bagus, meski kita rela keluar uang pribadi untuk obat yg ga masuk di dalam daftar yg bisa diremburst. Dan ribet setengah mati, beda banget sama asuransi swasta yg bayarannya jg harganya ga jauh beda ya sama BPJS.

        Mau periksa langsung ke spesialis tinggal langsung datang tanpa berbelit2 kasus kita seperti apa. Pakai BPJS mau ambil kelas 1 sekalipun saya sakit maag udah kronis sampai pendarahan lebih dari seminggu susah dapat rujukan dokter, saya bisa rasakan manfaatnya asuransi swasta bagaikan bumi sama langit pelayanannya. Lebih baik ambil BPJS kelas 3 tapi barengin sama swasta yg murah kalau cuma buat proteksi sekedarnya, kecuali penyakit yg udah mau mati baru dianggap sama BPJS. Maaf kasar, tapi seperti itulah kalau bukan sakit yg benar2 stadium akhir BPJS ga begitu berguna.

        Reply
  2. Chabib Maskuri

    aduh Pak…padahal saya juga mau merubah kelas BPJS, say dulu terlanjur ambil kelas III, karna dulu informasinya bisa pindah kelas I saat dirawat. kalo harus nunggu satu tahun kepesertaan, sepertinya lebih baik saya keluar saja dari program BPJS ini.

    Reply
  3. Chabib Maskuri

    aduh Pak…padahal saya juga mau merubah kelas BPJS, saya dulu terlanjur ambil kelas III, karena dulu informasinya bisa pindah kelas I saat dirawat, nyatanya peraturan berubah ditengah jalan.Dan BPJS kelas III sudah tidak bisa berbuat apa apa lagisehingg kartu tidk terpakai, karena harus jadi pasien pribadi untuk bisa ke kelas satu perawatan.Kalau harus menunggu satu tahun kepesertaan, sepertinya lebih baik saya keluar saja dari program BPJS ini.

    Reply
  4. Nirawati

    Dear Admin,

    Mohon info kalau kami ikut BPJS kelas I pindah ke kelas II atau III, bisa yaa? bagaimana prosedurnya ? Tks

    Reply
    1. Amini Post author

      Bisa mbak. Pindah kelas hanya bisa dilakukan sekali saja. Syaratnya cukup nunggu satu tahun bawa KTP sama kartu BPJS asli, temui satpam nanti dikasih form pindah kelas

      Reply
  5. Lia

    Hello..
    Saya baru pindah kelas .. dr kelas 3 ke kelas 1. Terus apa itu langsung aktif yah???
    Mohon info nya..

    Trima kasih

    Reply
    1. Amini Post author

      Nunggu bulan depannya mbak. Misale pindah kelase bulan Mei, kartu BPJS kelas 1 nya baru bisa digunakan bulan Juni

      Reply
  6. Rudy juhandi

    Kalau dulu pulang paksa dari rumah sakit perlu tanda tangan dari pasien/saudara terdekat tapi kalau yg saya alami pasien dipulangkan hanya dengan tanda tangan dari bpjs saja sehingga kalau mau balik lagi ke rumah sakit tsb harus dengan umum padahal pasien tsb belum pulih penyembuhan nya, alasan rumah sakit pasien rewel/tidak mau nurut… Mohon tanggapannya m’kasih

    Reply
    1. Amini Post author

      Aturan dari BPJS ( menurut keterangan dari rumah sakit) pasien harus nunggu 1 bulan setelah masa pulang dari perawatan baru bisa daftar lagi di RS dengan menggunakan BPJS. 🙂

      Reply
  7. sari

    Kl sudah nunggak 1 thn ingin aktif kan bpjs lagi ,selain bayar tunggakan..adakah cara lain..krn kemarin tidak kerja.bpjs buat org tua

    Reply
    1. Amini Post author

      ibaratnya kita punya hutang mbak, jadi hutangnya harus dilunasi dulu dan juga plus dendanya.

      Reply
  8. Syukriah

    Kalau kartu BPJS Asli hilang apakah bisa di cetak ulang lagi ? jika bisa apa syarat nya ?

    Reply
  9. Syukriah

    Kalau kartu BPJS Asli hilang apakah bisa di cetak ulang ? jika bisa apa saja syarat nya ?

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *