Berpikir Operasi Plastik? Ketahui Efek Sampingnya

Efek samping operasi plastik yang sebaiknya sobat ketahui. Tidak seperti operasi ambeien, operasi hernia ataupun operasi usus buntu, operasi plastik ini mempunyai beberapa efek samping yang dikhhawatirkan akan muncul pada mereka pengguna jasa bedah plastik ini. Operasi plastik saat ini bukan lagi menjadi hal yang tabu diperbincangkan. Bukan cuma artis yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan serangkaian prosedur operasi plastik, bahkan kalangan masyarakat biasa pun kini sudah banyak yang berbondong-bondong pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan permak pada wajahnya.

Operasi Plastik di Korea Selatan

Terutama di Korea Selatan, sudah bukan hal asing para gadis remaja memperoleh kado berupa ‘tiket’ untuk operasi plastik dari orang tuanya agar bisa tampil menarik. Seperti yang sobat ketahui, biaya dari operasi plastik sendiri tidaklah murah. Banyak persiapan yang harus dilakukan sebelumnya, baik mental maupun segi materi.

Banyak orang di Korea Selatan yang rela merasakan sakitnya disayat pisau bedah ini demi untuk mendapatkan kesempurnaan penampilan. Bahkan para wanita di Korea Selatan mengatakan bahwa mereka lebih memilih  untuk hidup miskin daripada harus hidup jelek.

efek samping operasi plastik

Efek Samping Operasi Plastik

Lantas, bagaimana efek samping dari operasi plastik itu sendiri? Baikkah untuk kesehatan? Bagaimana dampak jangka panjang dari orang-orang yang telah melakukan operasi plastik?

1. Efek dari segi fisik

Orang-orang yang melakukan operasi plastik tentunya harus siap saat bagian-bagian tubuhnya dibedah, diiris, dijahit, disuntik, dan sebagainya. Memang benar bila operasi berjalan mulus, hasil yang didapat pun setimpal. Tapi pernahkah sobat membayangkan betapa sakitnya tubuh sobat setelah melakukan operasi plastik? Bahkan ada beberapa orang yang sampai harus berbaring di tempat tidur selama berhari-hari demi menjalani masa pemulihan. Tentunya hal itu sangat membuat sobat merasa tidak nyaman.

2. Efek psikis

Memutuskan untuk operasi plastik berarti sobat harus siap 100 persen dengan segala kemungkinan buruk yang terjadi. Kenapa demikian? Sebab, rasa sakit luar biasa ketika menjalani operasi plastik saja pasti akan menimbulkan trauma yang berkepanjangan. Ibaratnya saja ada benda atau zat asing yang dimasukkan ke dalam tubuh, tentunya selain fisik yang berontak, secara psikologis pun sobat tentu merasa kaget dan tertekan.

ads by google :

Bukan hanya itu, sobat pun harus mempersiapkan mental bila operasi plastik tersebut gagal atau tidak sesuai dengan harapan. Sobat bakal dicerca oleh publik karena memiliki wajah atau tubuh yang tidak proporsional misalnya. Namun jangan terburu senang dulu bila hasilnya memuaskan. Operasi plastik ini bisa menimbulkan efek kecanduan bagi para pelakunya. Batasannya pun hanya satu, yaitu uang. Memangnya sampai kapan sobat mau menghamburkan uang demi kecantikan dan ketampanan yang sifatnya sementara dan tidak alami itu?

3. Operasi plastik meninggalkan luka bekas jahitan

Segala bekas sayatan dan jahitan pasca operasi plastik itu jangan dikira akan sembuh dalam jangka waktu yang cepat loh sobat. Proses pemulihannya kadang sampai butuh waktu berminggu-minggu lamanya. Segala obat-obatan penghilang rasa nyeri pun tak akan mampu melenyapkan rasa sakit. Sudah sakit, jahitannya pun membekas dan walaupun sudah pulih pasti suatu saat akan kembali lagi rasa sakitnya. Bila salah dalam prosedur pun bisa menimbulkan lumpuhnya otot wajah dan berkurangnya fungsi dari organ tubuh kita.

4. Blepharoplasty mengakibatkan kemampuan mata terganggu

Blepharoplasty merupakan prosedur operasi plastik untuk mengurangi lemak di daerah bawah mata. Coba tebak apa yang terjadi pada seorang wanita di New Jersey bernama Marilyn Leisz setelah melakukan prosedur ini? Sang dokter bedah ternyata berbuat kesalahan yang membuatnya tak dapat menutup mata dengan normal. Jangankan untuk menutup mata, untuk berkedip saja ia merasa kesulitan.

5. Kejang-kejang

Penny Johnson di Inggris yang melakukan facelift mengeluhkan suatu gerakan yang tak wajar di wajahnya. Facelift sendiri tadinya diharapkan bisa mengencangkan wajah. Namun wanita nahas ini malah kejang-kejang dan matanya kerap berdenyut tanpa terkendali.

6. Masalah komplikasi

Tahukah sobat? Prosedur operasi plastik maupun implan yang dilakukan secara tidak tepat pun mampu mengakibatkan adanya komplikasi. Seperti seorang gadis di Philadelphia yang menderita komplikasi hingga ia akhirnya meninggal dunia karena pergi ke klinik sembarangan.

Bagaimana sobat? Masih ingin mencoba operasi plastik? Coba dipertimbangkan, lebih banyak manfaat atau kerugian yang didapat? Nyawa pun menjadi taruhan hanya untuk mendapatkan kecantikan dan ketampanan yang tidak abadi. Yakinlah dan syukuri bahwa apa yang telah diberikan Tuhan ini sudah sangat sempurna.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *