Khasiat Teh Cina (Daun Jati Cina) Untuk Pengobatan

Artikel tentang khasiat teh cina atau teh daun jati cina ini saya tulis terdorong dari pengalaman pribadi saya. Ceritanya sih beberapa waktu lalu saya menemani seorang kerabat untuk berobat ke pengobatan herbal.

Pas si terapis selesai memeriksa kerabat saya, iseng iseng saya bertanya apakah si terapis mempunyai obat untuk melancarkan buang air besar,  soalnya sembelit saya terbilang parah.  BAB saya sangat nggak lancar, bahkan bisa sampai seminggu saya nggak BAB. Mengganggu banget pokoknya. Perut sudah buncit dan selalu terasa penuh. Mendengar keluhan saya si terapis memberi saya teh daun jati cina yang belum familiar bagi saya.

khasiat teh cina

Sampai dirumah tanpa menunggu lagi, langsung saya buat minuman dari teh daun jati cina tadi. Sehari setelah minum saya baru merasa efeknya, pertama tama perut terasa sakit dan mulas,  seperti sakit perut saat diare, seminggu saya rutin meminum daun teh jati cina ini dan hasilnya sangat memuaskan. BAB saya sangat lancar, bahkan setelah seminggu saya tidak mengkonsumsi teh daun jati cina BAB saya tetap lancr sampai sekarang. Karena khasiat yang saya sendiri sudah merasakan, saya ingin mengulas sedikit mengenai manfaat teh daun jati cina.

Teh daun cina lebih dikenal dengan senna atau Alexandria senna. Sejak berabad abad yang lalu daun ini sudah digunakan sebagai obat pencahar alami karena mengandung zat laxative atau zat pencahar. Daun jati cina merupakan tumbuhan semak  yang tumbuh hingga 3 meter dengan daun yang halus berwarna kelabu.

Khasiat Teh Cina untuk Tubuh

Teh jati cina ini banyak tumbuh di negara dengan iklim tropis  seperti afrika, mesir,  india dll. Teh daun jati cina mengandung senyawa anthranoid yang bisa menyebabkan kontraksi dalam usus. Selain itu teh jati cina juga berguna mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, membersihkan darah kotor, menghilangkan racun dalam tubuh, mengatasi masalah pencernaan dan membantu menghilangkan lemak dalam tubuh.

Nah untuk lebih jelasnya berikut adalah mafaat the daun jati cina

1. Sebagai obat diet

Bagi sahabat yang sedang menjalankan program diet tidak ada salahnya jika sahabat mengkonsumsi teh jati cina sebagai aternatif

2. Membantu mengecilkan perut buncit

Perut yang buncit memang sangat mengganggu baik dari segi penampilan maupun kesehatan. Perut buncit bisa dialami baik oleh pria juga wanita. Bagi sahabat yang ingin mengecilkan perut, minumlah teh jati cina secara teratur

Baca: Cara Efektif dan Aman Mengatasi Perut Buncit

ads by google :

3. Dapat membuang racun dalam tubuh khususnya pada usus

Teh jati cina dapat membuat system metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga tubuh mudah menyerap nutrisi yang masuk dan mengurai makanan dalam tubuh untuk diubah menjadi energi

4. Teh daun jati cina bermanfaat membantu melangsingkan tubuh

5. Sebagai obat pencuci perut

Zat laksatif yang terkandung dalam teh cina ini mampu membantu masalah sembelit  atau konstipasi

6. Dapat membantu mengatasi wasir atau ambeien setelah melakukan operasi rectal anal

7. Teh jati cina bermanfaat sebagai obat anti pembengkakan atau inflamantory

Cara Membuat Teh Daun Jati Cina

Cara penyajian teh jati cina ini pun lazimnya seperti membuat teh biasanya, yaitu:khasiat teh cina

  • Cukup ambil satu sendok teh daun jati cina
  • Kemudian seduh dengan air yang mendidih
  • Minum secara teratur 2 kali sehari
  • Usahakan untuk sahabat yang baru pertama kali mencoba teh daun jati cina ini jangan terlalu kental saat menyeduhnya.

Meski khasiat teh cina ini sangat banyak tapi yang perlu diperhatikan yaitu  teh jati cina ini tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang menstruasi,  karena wanita yang sedang PMS syndrome biasanya mengalami masalah dengan perut kembung. Selain wanita yang sedang menstruasi teh daun jati cina juga tidak dianjurkan untuk diminum bagi sahabat yang mempunyai masalah pencernaan dan juga ibu hamil.

Baca:

Manfaat Teh Tawar Dibalik Rasa Yang Pahit

Cara Membuat Jus Kulit Manggis Praktis dan Mudah

Semoga artiklel diatas bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *