Cara Memilih Kompres yang Tepat Pada Demam

Kompres demam hangat atau dinginkah yang tepat untuk mengompres buah hati bunda ataupun keluarga bunda yang sedang demam. Penggunaan kompres yang tepat akan membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi, dan begitu pula sebaliknya pemakaian kompres yang tidak tepat justru akan memperburuk demam pada buah hati bunda.

Untuk mengatasi atau menurunkan demam, bunda harus mengetahui dan mengenali jenis kompres yang akan diberikan. Kompres panas atau kompres dinginkah yang cocok untuk diberikan pada anak yang sedang demam tinggi.

kompres demam

Kompres yang Tepat Untuk Anak Panas

Saat buah hati atau angota keluarga bunda yang sedang mengalami demam, bunda jangan panik dulu. Bunda juga tidak perlu terlalu cepat memberikan obat penurun panas. Saat si kecil ataupun si besar mengalami demam, hal pertama yang dapat bunda lakukan adalah memberikan kompres.

Masalahnya, kompres panas atau dinginkah yang cocok untuk demam? Kompres yang paling tepat untuk diberikan pada buah hati bunda adalah kompres hangat. Jika bunda memilih kompres dingin saat buah hati bunda mengalami demam, hal yang terjadi adalah suhu tubuh buah hati bunda akan menurun dengan cepat.

Penurunan suhu tubuh yang drastis akan membuat otak merespon tubuh sedang mengalami hipotermi. Hal ini menyebabkan tubuh berkompensasi dengan menaikkan suhu tubuh agar tidak mengalami hipotermi. Keadaan ini akan membuat buah hati bunda mengalami demam tinggi.

Biasanya untuk lebih mudah dalam menurunkan demam, bunda akan memilih memberikan obat penurun panas seperti paracetamol. Namun bunda juga harus berhati hati jika memberikan obat ini. Kesalahan pemberian dosis obat akan mengakibatkan buah hati bunda mengalami keracunan atau overdosis paracetamol. Tentang bahaya dan cara mengatasi keracunan paracetamol ini dapat bunda baca di Cara Aman dan Tepat Mengatasi Keracunan Parasetamol

Cara Kompres Demam yang Benar

Jika keluarga bunda mengalami demam tinggi, kompres yang sangat cocok untuk mengatasi demam sangat dianjurkan untuk menggunakan kompres menggunakan air hangat. Air hangat akan membantu melebarkan pori pori kulit. Hal ini akan membantu tubuh mengeluarkan panas dengan jalan penguapan.

Cara melakukan kompres yang tepat:

ads by google :

kompres demam

  1. Sediakan air hangat dengan suhu 38 derajat celcius dalam sebuah baskom kecil
  2. Basahi handuk dengan air hangat tadi, peras agar handuk tidak terlalu basah.
  3. Buka seluruh pakaian saat mengompres, kompres jkangan hanya pada bagian dahi tetapi juga pada bagian ketiak dan lipatan paha.
  4. Ulangi mengompres kembali saat kompres sudah mulai berkurang kehangatannya.
  5. Setelah bunda selesai melakukan kompres pada buah hati bunda, keringkan tubuh buah hati bunda dengan menggunakan handuk kering yang lembut. Jangan menggosok gosok tubuh, cukup keringkan dengan cara menekan nekan secara perlahan sampai kering setelah itu kenakan kembali baju sikecil
  6. Gunakan baju yang tipis, longgar serta menyerap keringat agar penguapan dapat maksimal
  7. Hindari menggunakan selimut tebal ataupun pakaian tebal, karena hal ini akan menyebabkan panas terperangkap dan tubuh akan semakin tinggi.

Bagaimana bunda, sudah tidak bingung kan untuk memilih kompres demam yang tepat untuk buah hati bunda? Bagaimana dengan kompres plester yang banyak beredar dipasaran?

Kompres plester yang sekarang ini banyak beredar dipasaran terbuat dari hidrogel. Kompres ini bersifat dingin sama seperti dengan kompres menggunakan air dingin. Saat demam tetap jaga asupan cairan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan juga membantu menurunkan panas tubuh.

Selain menngunakan kompres, ada beberapa cara lain yang bisa bunda jadikan alternatif untuk mengatasi demam pada buah hati bunda, baca selengkapnya di Cara Alami dan Efektif Mengatasi Anak Demam

Semoga tips diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bunda dalam memberikan pertolongan pertama pada kasus demam baik pada anak maupun orang dewasa. Segera bawakepetugas kesehatan jika buah hati bunda tidak segera membaik.

Baca juga:

Cara Ampuh dan Cepat Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Tips Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Selamat membaca, jika bunda punya pengalaman seputar si kecil, jangan lupa di share ya untuk berbagi pengetahuan.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *