Tips Memilih Makanan Bayi Usia 6 Bulan

Bayi yang telah menginjak usia 6 bulan memang sudah waktunya untuk diberikan MPASI alias Makanan Pendamping ASI. Makanan bayi usia 6 bulan ini sudah sangat diperlukan. Di usia 6 bulan, bayi mulai bisa mencerna dengan baik walaupun masih belum sempurna.

Pemilihan makanan pendamping yang tepat untuk bayi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi bunda. Dalam memberikan makanan bayi usia 6 bulan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dengan diberinya MPASI, akan mengurangi kecenderungan bayi untuk alergi terhadap jenis makanan tertentu. Selain itu, pada usia 6 bulan bayi mulai dapat mengunyah makanan dengan mulutnya dan menelannya perlahan-lahan.

Lantas nutrisi apa saja yang diperlukan bayi 6 bulan? Salah satu yang perlu dicukupi adalah kebutuhan protein. Protein bisa Bunda berikan melalui iklan laut seperti salmon. Selain itu daging ayam giling dan sapi giling pun bisa dicampurkan ke dalam bubur bayi. Kebutuhan lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral juga wajib Bunda penuhi.

Makanan Bayi Usia 6 Bulan Pertama

Berikut ini beberapa resep untuk memenuhi kebutuhan gizi sang buah hati Bunda yang masih berumur 6 bulan.

1. Bubur susu

makanan bayi usia 6 bulanUntuk membuat bubur susu, Bunda membutuhkan bahan seperti 1 sdm tepung beras dan 200ml susu formula. Caranya, larutkan tepung beras menggunakan sedikit susu formula. Kemudian campurkan semua bahan dengan cara dimasak sampai agak mengental. Yang perlu diperhatikan, Bunda harus menyaringnya terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi supaya tak ada tepung yang masih menggumpal. Tepung beras juga dapat Bunda ganti dengan tepung maizena, tepung sagu, hunkwe, dan sebagainya. Namun ingat, jangan pakai tepung terigu ya!

2. Bubur pure kacang hijau

Siapkan 2 sdm kacang hijau yang sudah dicuci dengan air bersih, 200cc air, dan 50cc asi perah atau formula. Rebus kacang hijau tadi dengan api sedang selama 20 menit, lalu haluskan kacang hijau dan saring supaya kulitnya terpisah. Hindari menghaluskan kacang hijau dengan blender ya Bunda! Setelah halus, campurkan air rebusan kacang hijau dan susu supaya bubur menjadi lebih encer dan bisa dicerna oleh bayi Bunda.

3. Bubur pure alpukat

ads by google :

Buah yang lezat ini juga dapat dijadikan pilihan untuk dikonsumsi buah hati Bunda. Caranya, blender daging buah alpukat secukupnya yang ditambahkan dengan asi atau susu formula sampai halus. Lalu suapkan ke bayi Bunda. Mudah sekali kan?

4. Bubur susu kentang

Sediakan setengah kentang yang telah dikupas dan dibersihkan, lalu kukus hingga matang. Haluskan kentang dengan cara diblender atau ditumbuk, lalu campurkan dengan susu formula atau asi perah. Agar mudah dikonsumsi oleh bayi 6 bulan, sebaiknya saring dahulu setelah semua bahan tercampur.

5. Bubur sayur

makanan bayi usia 6 bulan1Nah, setelah buah-buahan, sayuran juga penting dikenalkan pada bayi Bunda yang umurnya 6 bulan. Sebagai pilihan, Bunda bisa menggunakan brokoli, daun bayam, kangkung, wortel, sawi, asparagus, labu, atau sayur lainnya. Sebagai contoh, kami berikan tips untuk membuat bubur brokoli. Sediakan sekitar 4 kuntum brokoli, lalu kukus dan haluskan dengan cara diblender. Setelah itu campurkan brokoli yang telah halus tadi dengan susu formula atau asi perah.

6. Bubur pisang

Buah pisang memang sudah terkenal akan kandungan gizinya yang baik untuk dikonsumsi bayi 6 bulan. Caranya, Bunda siapkan 1 buah pisang ambon dan susu formula atau asi perah. Haluskan pisang tersebut hingga lembut dan campurkan bersama susu. Sajikan pada si kecil. Oh iya, sebagai alternatif, Bunda dapat mengganti pisang dengan pepaya, mangga, jambu biji, apel, dan sebagainya.

7. Bubur tempe pisang

Nah, yang satu ini pasti tak pernah Bunda bayangkan. Tempe pun bisa digunakan sebagai MPASI loh! Caranya mudah kok, kukus 1 potong tempe, lalu blender bersama pisang ambon, dan tentunya susu/asi, serta sedikit saja kayu manis. Setelah halus, berikan pada si kecil. Sebagai informasi, tempe ini adalah makanan yang bermanfaat untuk menangkal diare.

Baca juga:

Cara Mudah Mengatasi Bayi Susah Makan

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet