Daftar Makanan Berserat Tinggi yang Wajib Untuk Diet

Sering sembelit atau dalam bahasa kerennya konstipasi? Iya, konstipasi atau sembelit itu merupakan suatu keadaan dimana saat sahabat mau BAB butuh perjuangan yang nggak sedikit dan juga diikuti rasa sakit yang cukup menjengkelkan. Sembelit itu sendiri dikarenakan kurangnya mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

makanan berserat tinggi

Seperti diketahui serat sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan proses pencernaan, terlebih pada bagian usus besar. Serat itu sendiri akan membantu melancarkan proses pencernaan. Tahukan kalau di usus besar itu air yang ikut dalam pembuangan sisa makanan akan kembali diserap oleh usus. Nah serat ini sangat sulit sekali untuk diserap oleh usus dan sifatnya seperti menyerap air gitu. Jadi usus besar tidak akan menyerap air secara berlebih sehingga dapat menuyebabkan konstipasi atau sembelit.

Diet Tinggi Serat

Makanan berserat tinggi ini juga dapat dijadikan menu untuk diet. Diet tinggi serat akan membantu menurunkan berat badan. Bagaimana bisa demikian? Simpel sekali, menurut pendapat saya ini ya, serat kan membantu proses BAB yang lancar. Serat ini juga akan memberikan efek kenyang yang cukup lama sehingga kita nggak cepet lapar dan tentu nggak cepet makan juga.

Selain itu, diet tinggi serat cukup membantu karena kebanyakan makanan berserat tinggi itu rendah kalori. Tapi dalam serat mengandung cukup banyak vitamin dan juga mineral yang sangat baik uintuk membantu proses detoksifikasi dan pembakaran lemak.

Nah hal itu akan membantu metabolisme tubuh jadi lancar singkatnya perut jadi kecil, sixpack dan badan pun jadi sehat dan singset.

Makanan Berserat Tinggi Untuk Diet

Sekarang kita cari tahu makanan berserat tinggi apa saja yang sangat cocok untuk diet tinggi serat ini. Simak yuk:

Buah buahan berserat tinggi

Nah berikut ini yang termasuk makanan tinggi serat dalam kategori buah .

1. Buah pisang

makanan berserat tinggiSiapa yang nggak pernah makan buah pisang, atau minimalnya nggak pernah lihat buah pisang? Yap pisang ini mempunyai kandungan serat yang lumayan tinggi. Tiap 100 gram buah pisang mengandung sekitar 0,6 gram serat. Selain serat buah pisang juga mengandung kalium yang sangat baik untu mengatasi darah tinggi. Jadi buat sahabat yang mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi, perbanyak makan pisang yah.

Seain bermanfaat untuk darah tinggi, Pisang ini juga sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi nyeri haid.

Bagaimana caranya? Baca saja di Cara Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

2. Buah pepaya

Sudah  sangat familiar sekali kalau pepaya ini merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk melancarkan proses BAB. Kenapa bisa begitu? Pepaya sendiri mempunyai kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Selain itu enzim papain pada pepaya mampu memecah protein pada makanan menjadi senyawa asam amino yang baik untuk pencernaan.

3. Buah apel

Kaget ya, kok apel bisa dikatakan memiliki banyak serat sih. Apel ini merupakan salah satu jenis buah yang cukup mudah dicerna tubuh. Selain itu pektin dalam apel bermanfaat juga untuk membantu mengurangi kadar kolestesterol tubuh. Dalam 1 buah apel biasanya mengandung sekitar 4,4 gr serat. Agar manfaat yang didapat lebih maksimal, sangat disarankan untuk makan apel beserta kulitnya.

Apel ternyata juga sangat bermanfaat sekali untuk kehamilan. Mau tahu apa saja manfaatnya?

Baca juga: 10 Manfaat Penting Buah Apel Untuk Ibu Hamil

ads by google :

4. Buah alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang cukup tinggi kandungan lemaknya. Nggak salah sih, karena emang benar kalau alpukat mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi. Namun perlu diketahui juga kalau lemak dalam alpukat ini merupakan jenis lemak baik. Selain itu dalam satu cangkir buah alpukat terdapat 10,5 gram serat.

Manfaat lain dari alpukat:

5. Buah pir

Pir sendiri mempunyai kandungan serat yang tidak kalah banyak dari apel. Dalam 1 buah p[ir terdapat serat sebesar 5,5 gram.

6. Jambu biji merah

Jambu merah ini selain terkenal dengan manfaatnya untuk menaikkan kadar trombosit darah ternyata juga mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Serat yang terkandung dalam jambu biji sekitar 7,3 gram per 100 gramnya.

Sayur Tinggi Serat

1. Tomat

Tomat mempunyai kandungan serat yang tidak kalah tinggi dengan buah buahan. Dalam 100 gram buah tomat terdapat 4,2 gram serat. Kandungan likopein tomat ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.

2. Brokoli

Sayuran hijau yang terkenal dengan antioksidannya ini ternyata juga mengandung serat yang cukup tinggi. Dalam satu cangkir brokoli rebus terdapat kandungan serat sekitar 2,1 gra.

Baca juga:

3. Kubis

Kubis atau kol juga mempunyai kandungan serat yang tidak kalah banyak. Kubis ini juga mudah dijumpai dan dapat diolah menjadi berbagai sumber makanan seperti bakwan, sop, soto dan juga oseng oseng.

Nah itu tadi beberapa jenis makanan berserat tinggi yang bisa dijadikan menu untuk diet sehat tinggi serat. Masih cukup banayk sekali makanan berserat tinggi yang ada disekitar kita, namun saya belum bisa merangkum semuanya disini. Kalau teman teman ada yang tahu bisa dishare kan, untuk menambah wawasan tentunya.

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *