Makanan Untuk Penderita Diabetes dan Pantangannya

Para penderita diabetes pada umumnya merasa bingung untuk menentukan menu makanan yang tepat bagi mereka. Bahkan tidak jarang, penderita diabetes justru melakukan kekeliruan dalam memilih menu makan. Diet untuk para penderita diabetes sesungguhnya bertujuan untuk membantu para penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula dan berat badan ideal dengan pemilihan menu sehat dan tepat.

Diet atau aturan makanan untuk penderita diabetes dititik beratkkan  fokus pada menjaga pola makan dan beberapa tambahan masukan insulin yang dibutuhkan. Pengaturan jam makan setiap harinya pun harus turut dipertimbangkan guna menghindari naik – turunnya gula darah dalam tubuh, dan mempertahankannya dalam keadaan senormal mungkin.

makanan untuk penderita diabetes1

Makanan dan Pantangan Untuk Penderita Diabetes

1. Makanan dengan karbohidrat komplek

Menu makanan yang sangat disarankan bagi para penderita diabetes adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Di dalam tubuh karbohidrat kompleks akan diubah menjadi gula sebagai sumber energi. Meskipun nantinya karbohidrat kompleks ini akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh, namun penyerapan karbohidrat kompleks ini lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain adalah:

  • Beras merah
  • Tepung whole wheat
  • sereal dengan gula rendah
  • Kentang panggang
  • Roti gandum utuh
  • Roti whole grain
  • Kacang – kacangan yang dikeringkan.

Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi roti putih, tepung putih, kentang goreng dan beras putih.

2. Sayuran

Selain makanan di atas, sayuran dan buah – buahan juga disarankan untuk penderita diabetes. Namun tidak semua sayuran dapat dikonsumsi oleh penderit diabetes, seperti acar, asinan, sayuran kaleng yang ditambah banyak sodium, sayuran yang dicampur mentega, saus atau keju.

Sayuran yang sebiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah sayuran segar, baik dikonsumsi secara mentah ataupun dibungkus. Sayuran beku dapat dipanaskan terlebih dahulu.

3. Buah buahan

Kemuadian, buah – buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah buah segar, buah beku, selai buah dengan gula rendah, jus dengan rendah atau bebas gula, bahkan jus dengan karbohidrat rendah. Penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sirup dengan gula tinggi, jelly regular, roti buah kenyal, saus apel dengan pemanis, minuman jus buah, minuman buah, dan soda buah yang mengandung pemanis.

4. Daging

Pembahasan selanjutnya mengenai daging, daging yang dikonsumsi dengan jumlah yang sedikit dan tidak sering masih diperbolehkan.

Daging yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah:

  • Daging yang direbus atau daging panggang
  • Daging yang rendah lemak seperti sirloin
  • Daging ayam tanpa kulit
  • Keju rendah lemak
  • Ikan kukus atau panggang

Daging yang tidak dianjurkan bagi para penderita diabetes, bahkan dilarang adalah:

  • Daging goreng
  • Ikan goreng
  • Kedelai yang dimasak dengan lemak
ads by google :

Apapun yang dimasak dengan cara digoreng sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes. Disarankan untuk mengkonsumsi daging ayam dan ikan sebagai pengganti daging merah.

5. Lemak

Asam lemak Omega-3 dari ikan tuna, salmon dan makarel, serta asam lemak omega-6 dari minyak primrose baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

  • Lemak yang baik

Lemak yang baik adalah lemak tak jenuh, yang banyak ditemukan pada tumbuhan dan ikan. Sumber utama yang populer adalah minyak olive, kacang-kacangan, kedelai dan alpukat.

  • Lemak yang tidak baik

Lemak ini yang tidak disarankan untuk penderita diabetes. Lemak ini ditemukan pada daging merah/mentah, telur, keju, mentega, susu kemasan, es krim dan juga pada banyak makanan ringan.

Kemudian, makanan yang sebaiknya dihindari selain makanan – makanan yang telah disebutkan di atas antara lain seperti :

  • Permen
  • Makanan berlemak
  • Makanan berkadar garam tinggi
  • Alkohol

Kebutuhan tubuh bagi penderita diabetes yang harus terpenuhi adalah serat sehat sebanyak 20-35 gram per hari, dengan presentase protein harus 12-20% dari kalori harian. Lemak antara 30-35% dari kalori harian, dan karbohidrat harus 40-60% dari kalori harian.

Kontrol konsumsi yang manis-manis

makanan untuk penderita diabetes12Ini bukan berarti harus menghindari gula sama sekali. Penderita diabetes tetap bisa mengkonsumsi makanan favorit yang manis-manis, tetapi yang perlu diperhatikan adalah makan secukupnya dan jangan berlebihan.

Mengkonsumsi makanan yang manis adalah dengan mengkonsumsinya saat jam makan dan tidak dikonsumsi sebagai snack di luar jam makan. Disamping menghindari makanan yang terlalu manis, hindari juga makanan dengan pemanis buatan. Gunakan gula yang sudah didesain khusus untuk penderita diabetes.

Selain mengatur pola makan di atas, hal lain yang bisa dilakukan oleh para penderita diabetes saat diet sehat adalah berolahraga. Olahraga yang baik dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga baik untuk membantu melancarkan peredaran darah, menjaga tubuh agar tetap fit dan membakar lemak yang ada dalam tubuh.

Demikian tadi uraian tentang makanan untuk penderita diabetes. Semoga setelah membaca artikel ini, pengetahuan kita tentang bagaimana menyajikan menu makanan untuk penderita diabetes menjadi lebih baik. Karena penderita diabetes ini tidak boleh sembarangan mengkonsumsi semua jenis makanan.

Baca juga berbagai jenis buah dan sayuran yang baik untuk penderita diabetes:

21 Rahasia Dahsyat Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

Manfaat Penting Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *