10 Manfaat Tersembunyi Ikan Gindara Bagi Diet dan Kesehatan

Ikan gindara sekilas terlihat seperti ikan tongkol. Bukan hanya bentuknya yang hampir mirip, namun rasanya juga hampir sama dengan ikan tongkol. Tidak banyak yang tahu tentang ikan gindara ini. Karena ikan ini mungkin kurang familiar di telinga kita.

Begitu banyak manfaat ikan gindara yang belum kita ketahui dibalik tampilannya yang cukup menyeramkan. Banyaknya manfaat ikan gindara ini tidak lepas dari kandungan gizi yang cukup banyak tekandung dalam ikan gindara. Minyak ikan gindara mengandung cukup banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan juga cukup ampuh untuk mencegah salah satu jenis kanker yang berbahaya. Selain itu, ikan gindara ini juga mampu meningkatkan jumlah trombosit darah. Hal ini membuat ikan gindara sangat baik untuk mengatasi tipes.

manfaat ikan gindara456

Ikan gindara yang hidup di alam bebas beratnya dapat mencapai 50 kg. Karena bentuknya yang agak menyeramkan dengan sisik yang berwarna hitam dan duri duri yang cukup tajam, ikan gindara ini juga diberi sebutan ikan setan. Di manca negara sendiri ikan gindara dikenal dengan nama ikan escola atau ikan escobar.

Manfaat Ikan Gindara Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat ikan gindara akan kita bahas secara tuntas dalam artikel ini. Seperti apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya:

1. meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Minyak ikan gindara ini mengandung 2,29% lemak jenuh, 88,7% minyak tak jenuh tunggal (Mono Unsaturated Fatty Acid – MUFA) dan 8,9% lemak tak jenuh ( Poly Unsaturated Fatty Acid – PUFA). Selain itu, minyak ikan gidara ini juga mengandung cukup banyak omega 9 sebanyak 95% dan DHA sebanyak 2,95% dari total berat ikan.

Minyak ikan gindara ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dari berbagai jenis penyakit yang sering menyerang kita, seperti :

  • Influenza
  • Demam
  • Batuk
  • Sesak nafas
  • TBC

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

ads by google :

Seperti yang sudah kita ketahui, minyak ikan gindara mengandung 95% omega 9 dan juga lemak tak jenuh sekitar 97%. Hal ini membantu tubuh sobat untuk menstabilkan jumlah kolesterol dalam tubuh dan juga membantu mengontrol kadar lemak jahat.

3. Membantu mengatasi tifus dan demam berdarah

Dengan rutin mengkonsumsi ikan gindara beberapa iris setiap hari dapat membantu peningkatan jumlah trombosit dalam darah. Hal ini tentu sangat bermanfaat sekali untuk penderita penyakit terlebih demam berdarah yang mengalami penurunan kadar trombosit dalam darah.

4. Meningkatkan kecerdasan


DHA sangat diperlukan dalam proses perkembangan otak. Kandungan DHA yang cukup tinggi dalam ikan gindara membantu meningkatkan perkembangan otak sehingga anak menjadi lebih cerdas. Kandungan DHA ini juga sangat baik untuk janin dan bayi karena golden period terbentuk pada masa masa ini.

5. Memberi perlindungan terhadap kanker


Kandungan dalam minyak ikan gindara juga bermanfaat untuk mencegah jenis kanker yang menyerang sistem imunitas. Salaah satu jenis kanker yang dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi ikan gindara ini antara lain kanker kelenjar getah bening.

6. Mengandung lemak tak jenuh

Kandungan lemak tak jenuh dalam ikan gindara mempunyai banyak sekali manfaat, diantaranya:

  • Menurunkan tingkat kadar kolesterol
  • Menurunkan resiko penyakit jantung

7. Mengandung tinggi protein

manfaat ikan gindara567
Sama seperti jenis ikan laut lainnya, ikan gindara ini juga mengandung cukup banyak protein. Walaupun kandungan protein dalam ikan gindara ini tidak sebanyak kandungan protein dalam ikan laut jenis lain, tapi protein ikan gindara sudah dapat mencukupi kebutuhan asupan protein dalam tubuh.

Banyak sekali manfaat dari protein ini yaitu:

  • Meningkatkan massa otot
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Menjaga massa otot
  • Memperkuat tubuh
  • Menjaga kekuatan dan ketahanan tubuh
8. Mencairkan dan menguraikan lemakk dalam tubuh
Manfaat lain ikan gindara ini diantaranya dapat mencairkan dan menguraikan lemak yang ada ditubuh kita. Sesudah makan ikan gindara, sobat akan mengalami beberapa gejala seperti:
  • Mual
  • Mulas
  • Sakit perut
  • Sering buang air besar
Gejala gejala tersebut mengindikasikan bahwa proses pembuangan lemak kita melalui saluran pencernaanyang akan dikeluarkan bersama dengan tinja atau feses.
9. Bermanfaat untuk diet
 
Seperti yang sudah kita jelaskan diatas, ikan gindara mampu menguraikan lemak dalam tubuh dan mengeluarkannya bersama zat sisa tubuh. Hal ini tentu sangat bermanfaat sekali untuk sobat yang sedang melakukan progam diet.
10. Menjaga kesehatan jantung
 
Kandungan lemak tak jenuh, omega 9 yang cukup tinggi akan membantu menjaga kesehatan jantung kita sehingga terhindar dari berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung koroner, hipertensi atau darah tinggi, penyumbatan pembuluh darah dan masih banyak lagi.
Ternyata banyak juga kan manfaat ikan gindara ini? Walaupun bentuknya agak menyeramkan, tapi mengandung sejuta manfaat.
Baca juga:
Semoga bermanfaat.
ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *