21 Rahasia Dahsyat Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

Pernah lihat brokoli, pernah makan juga? Tahukah bunda, brokoli yang sudah dimasak ini tidak boleh dipanasi. Pemanasan berulang pada brokoli dapat beresiko menyebabkan kanker yang sangat mematikan.

Brokoli dikenal dengan sebutan super food. Kenapa demikian? Hal ini tidak lain karena manfaat sayur brokoli yang sangat banyak dan cukup kompleks. Nutrisi yang terkandung pada sayur brokoli ini gampir mirip dengan sayur wortel. Brokoli juga mengandung betakaroten yang sangat penting untuk tubuh.

Namun tahukah sahabat, brokoli ini tidak boleh dihangatkan setelah dimasak. Brokoli ini sangat berbahaya jika dihangatkan. Brokoli mengandung nitrat seperti pada bayam, jika dipanaskan nitrat ini akan berubah menjadi asam nitrat yang mana asam ini dapat memicu timbulnya kanker.

Selain brokoli, ada beberapa asayur lain yang tidak boleh dipanaskan. Apa saja jenis sayur tersebut, baca selengkapnya di 10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanasi

manfaat sayur brokoli234

Berbagai manfaat sayur brokoli ini akan kita bahas semua untuk bunda. Agar bunda lebih yakin kenapa harus memilih brokoli. Dan bagaimana cara memasak brokoli yang tepat semua akan kita bahas disini.

Manfaat Sayur Brokoli Hijau

1. Menlindungi tubuh dari kanker

Brokoli mempunyai kandungan phytochemical yang mempunyai sifat anti kanker. Dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin, akan mencegah terjadinya kanker pyudara, usus besar, paru paru dan berbaga jenis kanker.

2. Mencegah terjadinya penuaan dini

Antioksidan yang terdapat pada brokoli sangat bermanfaat untuk mengurangi dan memperlambat penuaan dini.

Baca juga: Cara Alami dan Cepat Merawat Wajah Agar Awet Muda

3. Menjaga saluran pencernaan dan mencegah sembelit

Brokoli kaya akan serat yang bermanfaat untuk menjaga lancarnya sistem pencernaan. Serat juga membantu mencegah terjadinya sembelit.

4. Melindungi tubuh dari radiasi sinar uv

Sulfophrane yang terdapat pada sayur brokoli ini bermanfaat untuk mencegah dan meminimalkan kerusakan kulit yang diakibatkan karena sering terpapar sinar uv.

5. Menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis

Brokoli kaya akan kandungan seng, kalsium, megnesium, serta fosfor yang mana nutrisi tersebut sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kekuatan tulang. Mengkonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu meminimalkan resiko terjadnya osteoporosis atau pengereposan tulang. Terlebih untuk wanita, dianjurkan untuk mengkonsumsi brokoli secara rutin karena wanita rentan terkena osteoporosis.

Baca  juga: Cara Mudah Mencegah Osteoporosis Dini

6. Meningkatkan sistem imun

Kandungan antioksidan serta vitamin C pada brokoli bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Dengan mencukupi asupan vitamin C, tubuh dapat segera meregenerasi sel sel tubuh yang telah rusak.

7. Membantu mengontrol diabetes

Brokoli mempunyai kamdungan kromium, yang mana kromium ini saangat bermanfaat untuk mengatur inssulin dalam tubuh dan membantu mengontrol diabetes.

8. Sebagai penawar racun dalam tubuh (detoxfier)

Vitamin C, anti oksidan, asam amino sulfur yang terkandung pada sayur brokoli mampu membantu menghilangkan radikal bebas dan juga racun pada tubh.

9. Mencegah terjadinya anemia

manfaat sayur brokoli43Brokoli kaya akan kandungan zat besinya. Zat besi serta asam folat pada brokoli ini sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko kekurangan sel darah merah atau anemia. Terlebih pada wanita, resiko anemia sangat tinggi sekali. Pada saat kehamilan, resiko anemia naik menjadi 2 kali lipat yang disebut anemia pernisiosa. Anemia jenis ini sangat berbahaya sekali. Seperti apa bahayanya dan bagaimana cara mengatasinya? Baca selengkapnya di Bahaya dan Cara Mengatasi Anemia Pernisiosa

10. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil melakukan penyilangan pada brokoli, yang mana brokoli tersebut mengandung glucoraphanin hingga 2 – 3 kali dari jumlah normal. Senyawa pada brokoli tersebut sangat bermanfaat untuk membantu mencegah berbagai penyakit pada jantung.

Baca juga: Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami dan Praktis

ads by google :

11. Menjaga kesehatan mata

Sama seperti wortel, brokoli juga mengandung vitamin A yang mana sangat berguna dalam menjaga kesehatan mata.

Baca: Hubungan Mata Minus Penyebab Sakit Kepala

12. Membantu menjaga kesehatan kulit

Glucoraphanin yang berfungsi melindungi tubuh dari sinar uv juga bermanfaat untuk mengatasi kerusakan sel kulit karena paparan sinar uv. Selain vitamin C, brokoli juga mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk membantu mempercepat proses regenerasi sel terutama sel kulit.

13. Menjaga kesehatan saraf pusat

Brokoli juga mengandung asam lemak omega 3 yang sudah sangat dikenal akan kegunaanya sebagai nutrisi untuk otak. Selain omega 3, vitamin C dan juga vitamin K bersama dengan omega 3 menjaga agar fungsi otak selalu optimal.

14. Meningkatkan kecerdasan

Sebagaimana fungsi omega 3 dalam menjaga saraf pusat, hal ini akan berdampak langsung pada kecerdasan anak. Jika sel otak dalam keadaan sehat, maka memori otak akan selalu optimal.

15. Bermanfaat untuk janin

Folat yang terdapat pada brokoli juga sangat berm,anfaat untuk janin. Asam folat ini akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin pada kandungan ibu.

Baca juga: Tips Jitu Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan

16. Membantu menurunkan kolesterol

Brokoli selain kaya kandungan nutrisi juga kaya manfaat. Brokoli ini juga mampu membantu menurunkan lemak jahat dalam darah.

17. Cocok untuk diet

Serat yang cukup tinggi dalam sayur brokoli selain bermanfaaat untuk mengatasi sembelit, juga bermanfaat untuk dijadikan menu diet. Kalori yang cukup rendah serta kandungan serat yang cukup tinggi sangat cocok dikonsumsi untuk sahabat yang sedang dalam progam diet.

18. Membantu mencegah asma

Kandungan vitamin A, C dan B6 pada brokoli mempunyai kandungan anti karsinogenik. Selain itu, brokoli juga mempunyai berfungsi sebagai anti alergi seperti asma. Untuk penderita asma dianjurkan mengkonsumsi brokoli secara teratur dengan cara dikukus.

19. Sebagai antioksidan

Vitamin , flavonoik beta-karoten dan zeaxanthin pada brokoli merupakan antioksidan yang mampu mengusir radikal bebas pada tubuh.

20. Mencegah alzheimer

Seperti yang sudah kita bahas diatas, brokoli bermanfaat untuk menjaga sel saraf pusat atau otak. Hal ini berarti brokoli juga dapat mencegah dan meminimalkan resiko penyakit alzheimer atau pikun.

21. Sebagai anti inflamasi

Brokoli ini juga mempunyai fungsi sebagai anti inflamasi dan juga anti alergi. Manfaat brokoli ini tidak lepas dari kandungannya yaitu asam lemak omega 3 dan juga kaempferol yang tinggi.

Begitu besar manfaat sayur brokoli ini, tapi ada hal penting yang harus sahabat ingat. Masaklah sayur brokoli untuk sekali makan, hindari menghangatkan kem,bali sayur brokoli yang sudah dingin. Proses memasak brokoli yang paling baik adalah dengan cara dikukus. Jika brokoli dimasak terlalu lama terlebih dengan cara ditumis, nutrisi brokoli akan banyak yang hilang.

Baca juga:

10 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

16 Daftar Manfaat Penting Sayur Bayam

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *