Rahasia Manfaat Akar Pohon Kelapa Untuk Tubuh

Sering minum air kelapa? Ya, kelapa ini merupakan buah seribu manfaat. Semua bagian tubuhnya bermanfaat untuk manusia. Tidak hanya air kelapanya yang terkenal dengan manfaat sebagai pengganti ion tubuh, tapi ternyata akarnya juga. Kaget kan ternyata akar pohon kelapa juga dapat dimanfaatkan? Penasaran kan apa manfaat akar pohon kelapa ini?

Buah kelapa adalah buah yang sangat identik dengan negara kita, yang merupakan negara tropis. Dan kita sebagai penikmat buah kelapa, terkadang ahnay memfikirkan bahwa buah kelapa sajalah yang berguna untuk dikonsumsi dan baik bagi kesehatan. Nah jangan salah kaptprah dulu ya. Bagi anda yang belum tahu mari saya beri tahu.
Setiap bagian dari pohon kelapa berfungsi bagi kesehatan tubuh kita dan juga berbagai macam hal lainnya. Tetapi yang saya akan bahas kali ini hanya akar dari buah ini saja. Yuk disimak

1. Obat herbal

akar dari pohon kelapa ini ternyata sejak dari dulu etlah digunakan sebagai obat obatan herbal untuk menyehatkan serta membuat tubuh kita lebih sehat. Akar dari pohon kelapa ini berfungsi untuk mengobati beberapa penyakit yang ada didalam tubuh kita. Memang rasnaya aneh jika kita harus menebang suatu pohon hanya untuk mencari akarnya, tetapi itulah yang dilakukan oleh banyak warga dijaaman dulu.

Pohon kelapa yang menjulang tinggi akan dipotong sehingga akarnya dapat dipergunakan sebagai obat, dan pohon kelapa yang kecil alan dibudi dayakan sehingga dpaat mengandilkan kelapa kelapa baru yang dapat dikonsumsi oleh manusia untuk berbagai aspek lainnya, dna juga untuk menyegarkan diri.

2. Mengobati gatal

Musim pancaroba kaya gini biasanya berbagai jens penyakit kulit muncul. Mulai dari kulit kering, pecah pecah sampai yang paling menjengkelkan adalah gatal gatal. Daerah yang lembab seperti lipatan-lipatan biasanya yang sering mengalami gatal gatal. Namun kamu nggak perlu khawatir karena salah satu manfaat akar pohon kelapa ini adalah untuk mengobati gatal dikulit.

Caranya:

  • Cuci bersih akar kela
  • Rebus dengan air sampai mendidih lalu minum satu kali sehari secara rutin

3. Membantu mengatasi diare

Kaget lagi kan dan pasti nggak nyangka kalau akar kelapa bisa dijadikan obat untuk diarae.

Caranya:

  • Cuci bersih akar kelapa, rebus sampai mendidih kemudian minum secara teratur

4. Mengobati demam

Akar kelapa ternyata juga mempunyai sifat sebagai anti piretik atau penurun panas. Oleh karena itu, saat ada anggota keluarga mengal;ami demam akar kelapa ini bisa menjadi solusinya.

Caranya:

  • Tumbuk akar kelapa yang sudah kering
  • – Cuci lalu rebus sampai mendidih, minum secara terarur sekitar 2 gelas sampai sembuh

5. Melancarkan peredaran darah

Manfaat akar pohon kelapa yang berikutnya yaitu membantu melancarkan peredaran darah. Akar kelapa ini sangat bermanfaat untuk penderita darah tinggi, walaupun efek yang dirasakan tidak langsung tapi jika rutin mengkonsumsinya tekanan darah akan normal kembali.

Baca: Rahasia Manfaat Kelapa Ijo (Hijau) Untuk Kesehatan

6. Mengobati ambeien

Kagetkan akar kelapa kok bisa digunakan untuk mengobati ambeien atau wasir atau bahasa kerennya hemoroid.

ads by google :

Caranya:

  • Rebus akar kelapa sampai mendidih
  • Minum sebanyak 2 kali dalam sehari

7. Penyangga bangunan

Bangunan yang tidak terlau tinggi biasanya akan mengguanakn akar dari pohon kelapa ini sebagai fondasi dari bangunan tersebut. Aneh bukan jika anda mendengar hal itu? Karena yang biasa kita dengar adalah daun kelapa yang dipergunakan menjadi atap. Tetapi ini dipergunakan menjadi fondasi bangunan dikarenakan ia adalah salah dari satu akar tanaman yang sangat kuat.

Pohon kelapa dapat menjulang sangat tinggi serta menghasilakan buah yang banyak, tentu akan sangat berat sekali bagi akarnya bukan? Sehingga akar dari pohon kelapa ini sering dipergunakan sebagai fondasi bangunan agar bangunan juga lebih kuat dan lebih kokoh.

Biasnaya dipergunakan sebagai fondasi bangunan rumah dan juga berbagai bangunan yang bukanlah bangunan pencakar langit. Karena bangunan pencakar langit biasa akan menggunakan beton.

Penggunaan akare kalapa sebagai fondasi bangunan sudah jarang ditemui sekarang, mungkin masih banyak didaerah desa tetapi sudah tidak didaerah perkotaan besar.

8. Kerajinan

Kerajianan? Bagi anda yang tinggal dikota pasti bingung kerajinan apa yang bisa dibuat dari sebuah ‘akar’? Kerajianan yang terlintas dikepala amda biasa akan terdiri dari kulit maupun manik hingga emas bukan? Tetapi peraturan itu tidak berlaku disini. Kerajinan yang dapat anda kembangkan disini adalah gelang, tas, kaling serta berbagai macam produk dari akar pohon kelapa itu sendiri.

Memang jika anda melihat ya itu bukanlah sesuatu yang fancy maupun menarik untuk dipamerkan, tetapi hasil buatan tangan ini sangatlah abgus untuk digunakan serta tahan lama. Dan juga apakah anda tahu bahwa ini adalah salah satu budaya indoensia yang dpaat kita lestarikan.

Ketika anda menggunakan tas ber merk, mengapa anda tidak mengeluarkan sedikit uang uanda untuk membeli tas khas indonesia ini? Atau aksesoris seperti gelang yang sangat vintage tentu modelnya. Sungguh akan cocok ditangan wanita asia oriental dengan kulit sawo matang ditambah hiasan produk khas indonesia.

9. Mencegah banjir

Seperti yang orang banyak ketahui, pohon kelapa memang tumbuh didaerah tropis sehingga ia memerlukan banyak air untuk menyerap, belum lagi ia menghasilan buah yang ada airnya. Sehingga akar dari pohon kelapa ini menyarap banyak air.

Disarankan bagi anda yang tinggal didaearah yang banjir mari kita budidayakan pohon kelapa sebagai salah satu tanaman yang dapat membantu anda!

Itu tadi ulasan tentang apa saja manfaat akar pohon kelapa ini.

Kalau kamu mempunyai info lain seputar manfaat akar pohon kelapa, jangan lupa bagi di kolom komentar ya.

Baca juga:

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Manfaat Daun Pisang Kering dan Basah Yang Wajib Diketahui

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *