13 Manfaat Biji Bunga Matahari (Kuaci) Untuk Kesehatan

Manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan ternyata sangat banyak. Nggak percaya? Kandungan nutrisi yang  cukup komplek inilah yang menjadikan biji bunga matahari ini mempunyai sejuta manfaat untuk tubuh.

Hamtaro, siapa yang nggak tahu binatang satu ini. Anak pada tahun 90an pasti akrab banget deh sama animasi hamster lucu yang satu ini. Nah ada salah satu makanan favorite hamtaro adalah biji bunga matahari atau yang akrab dipanggil kuaci.

Makanan yang satu ini emang nyebelin banget deh, uda kecil lalu bukanya susah, buang waktu, eh nggak bikin kenyang lagi. Ya namun memang terkadang nyenengin deh makan yang satu ini, rasanya memang enah tapi yang sabar aja ya kak kalau makan ini.

manfaat biji bunga matahari

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Tubuh

Nah biji bunga matahari ini ternyata juga memiliki kemampuan untuk herbal, selain itu biji bunga matahari ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Nah disini nanti kita akan bahas dan kupas semua manfaat biji bunga  matahari atau kuaci ini.

1. Menetralkan Radikal Bebas

Manfaat biji bunga matahari yang pertama adalah untuk menangkal radikal bebas. Sahabat tahu nggak sih apa guna vitamin E? vitamin E adalah salah satu vitamin yang berguna untuk kulit serta beberapa bagian dari dalma tubuh kita. Nah vitamin E ini ada terdapat dalam biji bunga matahari. Vitmin E ini juga berguna untuk menetralkan radikal bebas loh! Sehingga sel sel yang ada pada tubuh kita tetap terjaga dengan sehat.

Vitamin E ini juga mengandung efek yang namanya anti in-flamasi sehingga dapat mengurangi beberapa gejala penyakit yang akan lumayan mengganggu hidup kita seperti osteoporosis dan asma. Yeay!

2. Menenangkan saraf

Nah Sahabat, didalam kuaci ini mengandung yang namanya magnesium, itu lo zat yang biasa diperlukan sama ibu hamil. Tahu nggak kenapa ibu hamil membutuhkan zat itu? Karena magnesium membantu mengatur agar saraf dan pembuluh darah bekerja dengan normal sehingga akan mengurangi resiko penyakit jantung dan penyumbatan aliran darah ya kak. Serta akan lebih menenangkan saraf. Kasihan loh kak tubuh kita dipakai kerja terus, harus kita rawat juga.

3. Menurunkan kolesterol

manfaat biji bunga matahariJadi Sahabat tahu nggak sih, nggak semua kolesterol dalam tubuh ita itu jahat. Tapi ada 2 jenis kolesterol dalam tubuh kita, yaitu kolesterol baik dan buruk.

Jadi magnesium yang berada pada biji bunga matahri ini berguna untuk mengimbangi kalsium yang ada pada tubuh loh kak. Sehingga tubuh kita asupanya seimbang. Nah salah satu fungsinya juga untuk menurun kolesterol jahat pada tubuh kita dan menaikkan kolesterol baik, sehingga ia tidak merugikan tetapi menguntungkan kita! Ayo dimakan kuacinya.

4. Mencegah seranga jantung

Nah salah satu lagi dari manfaat magnesium nih guys, yaitu untuk menurunkan resiko serangan jantung. Mengapa? Karena magnesium ni menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik sehingga membuat tubuh kita lebih sehat serta menurunkan resiko darah tinggi dan juga mencegah terjadinya migraine. Kan sakit atuh masa kepalanya pusing Cuma sebelah.

5. Mengurangi resiko stroke

ads by google :

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, magnesium mempunyai manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan membantu menaikkan kadar kolesterol baik dalam darah. Dengan mengkonsumsi makanan yang berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol baik, akan membantu meningkatkan profil lipid darah sehat. Dengan demikian akan membantu mengurangi resiko terjadinya stroke.

6. Baik untuk perkembangan janin

Dalam kuaci mempunyai kandungan asam folat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 227 mg / 100 gr. Asam folat ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otak janin didalam kandungan.

7. Menurunkan kadar gula dalam darah

Biji bunga matahari atau kuaci mempunyai kandungan senyawa poli-fenol seperti asam chlorogenic, asam quinic, dan asam caffeic. Senyawa tersebut mempunyai fungsi sebagai anti oksidan alami yang mengusir radikal bebas an senyawa oksidan yang berbahaya bagi tubuh. Asam klorogenat yang terkandung dalam kuaci untuk menurunkan kadar gula darah serta menghambat terjadinya perpecahan glikogen dalam hati.

8. Menjaga kesehatan kulit

9. Mengurangi depresi

10. Baik untuk pertumbuhan anak

11. Baik untuk syaraf, otot dan pembuluh darah

12. Melatih kesabaran

Nah kak salah satu dari fungsi biji bunga matahari yang terakhir adalah melatih kesabaran tingkat tinggi. Kita harus sabar dan tenang serta puas dengan hasil kupasan kita, karena emang kecil banget isinya ya. Dan juga bagus banget buat orang yang giginya gatel mau makan banyak tapi uangnya nggak mencukupi buat nyamil banyak ya uda beli kuaci aja kak murah meriah hehehe.

Dan satu lagi memang biji bunga matahari ini bagus buat orang diet juga, yak karena emang ini nggak bikin kenyang tapi uda bikin kita capek ya kak, nah itu aja deh manfaat biji bunga matahari kali ini.

Baca juga:

8 Manfaat Buah Tomat untuk Wajah dan Kecantikan

16 Daftar Manfaat Penting Sayur Bayam

Semoga ulasan diatas bermanfaat, jangan lupa di share ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *