Daftar Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Alpukat mempunyai kandungan nutrisi yang sangat cocok untuk ibu hamil. Kandungan alpukatsangat penting dan mutlak harus ada dalam menu bunda.

Alpukat sudah terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan ataupun kecantikan. Selain bermanfaat untuk dunia kecantikan, ternyata banyak juga manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ini.

Bagi Bunda yang sedang hamil, memilih makanan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sang ibu dan bayinya mungkin tergolong hal yang cukup merepotkan. Terutama karena ada beberapa jenis makanan yang tak boleh dimakan oleh ibu hamil. Salah satu makanan yang justru dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah alpukat.

manfaat buah alpukat untuk ibu hamil

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Mengapa buah alpukat? Buah alpukat mengandung banyak sekali vitamin serta asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin dalam kandungan Bunda. Seseorang yang sedang hamil diharapkan untuk mengkonsumsi banyak asam folat ke dalam tubuh agar bayi terlahir dengan sehat.

Selain vitamin yang terkandung di dalamnya, buah alpukat juga relatif aman untuk dimakan oleh ibu hamil karena tekstur alpukat yang berkulit tebal membuatnya aman dari zat-zat berbahaya seperti pestisida ketika sedang ditanam. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa buah-buahan dan sayuran apapun wajib Bunda cuci dulu dengan air bersih yang mengalir agar terhindar dari pestisida.

Buah yang harganya cukup terjangkau ini bukan cuma memiliki rasa lezat saja, tetapi juga banyak hal lain yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut ini berbagai manfaat dari buah alpukat untuk ibu yang sedang hamil:

1. Mencegah preeklamsia

Bagi sebagian ibu hamil ada yang berisiki mengalami darah tinggi atau preeklamsia. Preeklamsia pada ibu hamil tak bisa dianggap remeh, sebab hal itu bisa menyebabkan Bunda mengalami keguguran. Untuk menghindari terjadinya preeklamsia, Bunda bisa mengkonsumsi buah alpukat yang kaya akan gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh wanita hamil. Alpukat mengandung banyak asam folat yang dapat mencegah terjadinya komplikasi, anemia, insomnia, serta mood yang fluktuatif.

2. Mengandung banyak kalsium

Alpukat atau avokad ini termasuk buah-buahan yang kaya akan kandungan kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan bagi wanita yang sedang hamil. Sebab ketika seseorang mengandung, bobot tubuhnya akan melonjak drastis dan tulang-tulangnya harus lebih kuat menopang berat tubuh yang meningkat dari biasanya. Buah alpukat lah yang menjadi solusi untuk mencukupi kebutuhan kalsium Bunda dan juga bayi yang ada dalam kandungan.

3. Mencegah deformitas pada janin

ads by google :

Perempuan yang sedang hamil membutuhkan banyak asupan asam folat untuk kesehatan janin dalam perutnya. Asam folat bisa Bunda temui lewat buah alpukat. Asam folat berfungsi untuk mencegah deformitas tulang pada janin. Deformitas adalah susunan gigi tetap yang tak beraturan karena adanya gangguan ketika proses pembentukan organ tubuh dalam kandungan.

4. Mencegah cacat syaraf pada janin

Buah apukat mengandung sekitar 59 mcg asam folat di tiap irisannya. Seperti yang Bunda ketahui, asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin dalam kandungan. Bukan cuma untuk mencegah deformitas, alpukat dapat mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi.

5. Menghindari anemia

Alpukat mengandung banyak vitamin seperti zat besi yang dapat mencegah para ibu hamil mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Bunda bisa memakan beberapa iris alpukat atau mengolahnya sebagai jus, dan sebagainya.

6. Melancarkan pencernaan

Para ibu yang sedang hamil tua biasanya akan sangat rentan terserang sembelit alias sulit buang air besar (BAB). Agar pencernaan Bunda bisa lancar kembali, sebaiknya makanlah buah-buahan kaya serat seperti alpukat.

7. Obat kram alami untuk ibu hamil

Wanita yang tengah hamil juga kerap mengalami kaki kram. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar terjadi pada mereka. Untuk mengatasi kaki kram, Bunda bisa mengkonsumsi buah-buahan kaya nutrisi seperti alpukat yang banyak mengandung potasium untuk meredakan kaki kram.

Itu tadi beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil.

Baca juga:

20 Daftar Makanan Pantangan Ibu Hamil

30 Makanan Sehat dan Wajib Untuk Ibu Hamil

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *