Rahasia Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin

Tahukah bunda, mengkonsumsi buah naga saat kehamilan ini sangat dianjurkan. Kandungan vitamin, folat dan senyawa lain dalam buah naga sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini diantaranya untuk meningkatkan perkembangan otak janin, mencegah anemia dan masih banyak lagi.

bunda pasti sudah cukup akrab dengan jenis buah yang satu ini. Buah naga (Hylocereus polyrhizus) selain rasanya lezat, menyegarkan juga menyehatkan. Buah naga identik dengan warna merah dan bersisik menyerupai sisik naga sehingga dijuluki “buah naga.” Mulanya buah ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah yang beriklim tropis kemudian menyebar ke daratan China dan sebagian negara Asia, termasuk Indonesia.

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga kini sangat mudah dijumpai di berbagai restoran, rumah makan, toko buah dan supermarket terutama untuk dibuat jus buah naga. Selain rasanya yang khas, buah naga juga memiliki banyak khasiat mencegah dan mengobati berbagai penyakit kelas berat seperti penyakit jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), kanker, dan diabetes. Bagi masyarakat umum, buah naga sangat populer dengan khasiatnya dan menjadi minuman jus buah naga yang paling banyak diminati.

Baca juga: Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk bagus untuk kesehatan ibu hamil. Buah naga mengandung vitamin, kalsium, kalium, mineral, zat besi, magnesium, serat, fosfor, karbohidrat serta nutrisi dan vitamin lain yang sangat bermanfaat. Satu lagi, buah naga juga banyak mengandung antioksidan untuk mencegah radikal bebas dan memperkuat tahan tubuh terhadap penyakit. Bagi ibu hamil, selain menyehatkan, mendukung perkembangan dan kesehatan kandungan juga menambah daya tahan tubuh.

Baca: 10 Daftar Wajib Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kandungan Buah Naga untuk Ibu Hamil

Banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin positif dalam buah naga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil. Bisa langsung dikonsumsi dengan diiris maupun dengan dijadikan buah jus. Meskipun di atas sudah dijelaskan, namun secara spesifik kandungan buah naga adalah sebagai berikut:

1. Serat

Buah naga mengandung serat sangat tinggi. Mengonsumsi buah naga secara teratur bermanfaat mencegah sembelit.

2. Zat besi

Buah naga juga mengandung zat besi yang bermanfaat mengobati penyakit anemia terutama pada ibu hamil.

Baca: Bahaya dan Cara Mengatasi Anemia Pernisiosa (anemia saat hamil)

3. Vitamin B3

Buah naga juga mengandung vitamin B3 (asam polat) yang sangat bermanfaat membantu perkembangan dan pertumbuhan sistem saraf dan tulang belakang janin dalam kandungan.

4. Kalsium

Buah naga juga mengandung cukup kalsium yang sangat bermanfaat membantu perkembangan dan pertumbuhan gigi dan tulang pada janin.

ads by google :

5. Kaya Nutrisi

Buah naga juga mengandung sumber nutrisi seperti karbohidrat folates, serat, karoten dan vitamin C yang sangat penting membantu suplai kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin yang dalam kandungan.

manfaat buah naga untuk ibu hamil6. Folates

Buah naga juga mengandung cukup zat folates yang bermanfaat membantu pembentukan dan perkembangan sel darah merah .

7. Kaya karbohidrat

Buah naga juga dipercaya mengandung karbohidrat yang bermanfaat menyuplai energi dalam tubuh.

8. Antioksidan

Buah naga juga mengandung antioksidan yang bermanfaat membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan ancaman penyakit.

9. Kaya Vitamin

Banyak vitamin dalam buah naga salah satunya dalah vitamin B1 yang sangat bermanfaat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit serta membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Manfaat Buah Naga untuk Tubuh

Di atas sudah dijelaskan manfaat buah naga beserta kandungannya bagi kesehatan. Bagi ibu hamil, menjaga kesehatan sangat penting karena tidak hanya menyangkut dirinya, tetapi juga menyangkut kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Ibu hamil juga butuh banyak nutrisi, mineral, karbohidrat dan vitamin. Buah naga bisa menjadi alternatif pilihan. Selain pilihan rasa, menyegarkan juga menyehatkan. Bagi Bunda yang kebetulan tengah hamil, ada baiknya bisa menonsumsi buah naga untuk tetap sehat, nutrisi dan karbohidrat cukup serta mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin.

Selain itu, buah naga juga dapat meningkatkan nafsu makan ibu hamil dan menambah energi.  Mengingat manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat besar, tidak ada salahnya kan menambahkan buah naga ini dalam menu makanan bunda?

Baca juga:

20 Daftar Makanan Pantangan Ibu Hamil

Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

Semoga ulasan diatas bermanfaat, jangan lupa di share ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *