Manfaat Penting Buah Pir Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat buah pir untuk ibu hamil dan kesehatan janin. Saat memasuki masa-masa kehamilan, para wanita tentu memiliki beberapa pantangan yang membuat mereka sangat berhati-hati dalam memilah-milih apapun yang akan dikonsumsi.

Banyaknya mitos-mitos seputar makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan ibu hamil tentu membuat Bunda jadi khawatir saat akan mengkonsumsi sesuatu. Tidak masalah, hal itu wajar dirasakan oleh Bunda yang masih pertama kali merasakan kehamilan.

manfaat buah pir untuk ibu hamil

Khasiat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Seperti yang Bunda ketahui, satu-satunya jalur makanan yang bisa menghidupi janin dalam kandungan berasal dari segala sesuatu yang dimakan oleh ibunya. Oleh sebab itu Bunda yang sedang hamil tentunya tak bisa sembarangan memilih makanan.

Penuhilah kebutuhan nutrisi Bunda dan bayi dalam kandungan agar kesehatan keduanya terjaga. Yang paling penting dari ibu hamil adalah rajin-rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat supaya memperkecil risiko bayi mengalami keterbelakangan mental.

Namun dari mana saja asam folat itu bisa didapat? Di alam ini banyak sekali sayuran maupun buah-buahan yang menjadi sumber asam folat. Salah satunya adalah buah pir atau pear. Buah yang warnanya hijau atau kuning ini mengandung banyak air dan juga vitamin C yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Mengkonsumsi buah pir juga dianjurkan bagi ibu hamil. Selain itu buah pir tergolong makanan yang aman untuk dikonsumsi. Lantas, apa saja manfaat buah pir untuk ibu hamil? Berikut ini ulasannya.

1. Buah pir kaya akan asam folat

Dalam 1 buah pear mengandung sekitar 12 mikrogram asam folat. Walaupun jumlahnya mungkin tak seberapa, tetapi seorang ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuhnya saat hamil. Asam folat sangat berguna bagi ibu hamil, terutama untuk usia kandungan trimester pertama. Asam folat alias vitamin B9 bermanfaat untuk mencegah gangguan saraf atau risiko bayi terlahir cacat. Oleh karena itu, perbanyaknya lah makan makanan yang banyak mengandung asam folat, misalnya saja dari buah pir.

2. Buah pir banyak mengandung vitamin C

Buah lezat satu ini sangat kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Sebuah pir saja dapat mengandung 7 mg vitamin C yang dapat memenuhi 11% kebutuhan vitamin C untuk mereka yang sedang hamil maupun yang tidak hamil. Vitamin C dapat menangkal berbagai kuman dan infeksi penyebab penyakit. Hal inilah yang harus diperhatikan para wanita yang tengah mengandung. Memakan buah-buahan seperti pir atau makan beras, kacang, maupun daging dapat membantu tubuh dalam penyerapan zat besi.

ads by google :

3. Buah pir mengandung banyak serat

Buah yang kulitnya berwarna hijau atau kuning ini mengandung banyak serat yang tentu saja bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Terutama bagi ibu hamil tentu masalah sembelit adalah hal yang paling umum dialami. Jika Bunda ingin memperoleh serat yang lebih banyak, maka makanlah buah pir bersama kulitnya. Dalam 1 buah pir terkandung sebanyak 4,5 gram serat dan 1,8 gram pektin, yakni serat larut yang mudah dicerna oleh tubuh.

4. Buah pir mengandung kadar kalori yang rendah

manfaat buah pir untuk ibu hamilSatu buah pir mengandung sebanyak 100 kalori yang tentunya tak akan membuat Bunda kelebihan berat badan. Walau jumlah kalorinya tergolong sedikit, kandungan serat dalam buah pir mampu membuat seseorang menjadi lebih mudah kenyang. Buah pir juga memiliki kandungan 2 jenis karbohidrat, yakni fruktosa dan glukosa yang gampang dicerna dan tentunya bisa membuat Bunda yang sedang hamil menjadi lebih berenergi.

5. Buah pir mengandung antioksidan

Buah pir mengandung antioksidan kuat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa sangat berbahaya untuk ibu hamil beserta janin dalam kandungannya. Oleh sebab itu Bunda memerlukan buah pir untuk menangkal itu semua. Selain menghindari radikal bebas, antioksidan dalam pir bisa menghancurkan berbagai sel jahat dalam tubuh yang bisa memicu kanker.

Selain 5 manfaat diatas, buah pir jutga mempunyai manfaat lain yang cukup banyak. Urusan diet, buah pir bisa Bunda jadikan pilihan untuk membantu progam diet Bunda. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah pir, membantu melancarkan pencernaan Bunda. Tentang manfaat buah pir yang lain bisa Bunda baca diĀ Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah.

Semoga ulasan tentang manfaat buah pir diatas dapat menambah pengetahuan bunda tentang jenis makanan sehat apa yang bisa bunda konsumsi untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Baca juga:

10 Manfaat Penting Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Cara Alami dan Aman Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Selamat membaca, semoga bunda dan calon bayi bunda tetap sehat selalu.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *