10 Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Manfaat buah semangka bagi ibu hamil dan juga janin. Semangka yang kaya akan air dan juga vitamin ini ternyata sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan ibu hamil dan juga untuk kesehatan janinnya. Sobat tentunya sangat kenal dengan buah semangka bukan? Buah yang dagingnya berwarna merah segar ini memang sangat enak dimakan saat cuaca sedang panas-panasnya.

Manfaat Semangka Bagi Kehamilan

Selain enak, semangka juga bisa menjadi penuntas dahaga. Tapi jangan salah loh! Buah semangka sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Asalkan jumlah yang dikonsumsi masih dalam batas wajar ya! Penasaran apa saja manfaat dari buah yang berukuran bulat besar ini? Berikut ini ulasannya:

1. Mencegah dehidrasi

manfaat buah semangka bagi ibu hamil
Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Bila kebutuhan cairan untuk tubuh dalam sehari saja tidak terpenuhi, maka kondisi sobat bisa lemah bahkan berakibat kematian. Terutama bagi seorang ibu yang sedang hamil. Wanita hamil harus banyak minum agar dapat menghindari risiko bayi lahir prematur. Buah semangka yang 90% mengandung air ini sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil.

2. Mengurangi pembengkakan

Bagi sobat yang kerap mengeluhkan kaki atau tangan bengkak alias edema ketika hamil, maka sobat dapat mengatasinya dengan memakan buah semangka. Sebab, buah yang kaya dengan air ini dapat mengurangi penyumbatan dalam pembuluh darah dan otot yang jadi faktor utama penyebab sobat mengalami kaki maupun tangan bengkak.

3. Mengatasi morning sickness

Gejala morning sickness seperti mual dan muntah biasa dialami oleh para ibu yang hamil muda. Untuk mengatasi keluhan di masa awal kehamilan ini, sobat dapat mencoba makan buah semangka secara teratur tiap pagi hari supaya mengurangi morning sickness yang terjadi. Buah semangka ini bisa menyegarkan tubuh dan menambah energi untuk ibu hamil.

4. Mencegah pigmentasi

Ibu yang sedang hamil biasanya kerap dilanda masalah pigmentasi pada kulit. Tetapi sobat tak perlu khawatir, sebab buah semangka bisa jadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Buah semangka mengandung banyak serat yang bisa melancarkan pencernaan dan juga menjaga gerak usus halus yang mempengaruhi kondisi kulit. Dengan memakan buah semangka, kulit ibu hamil bisa tetap lembut dan terjaga kelembapannya.

5. Melancarkan urin

Memakan buah kaya air seperti semangka dapat membantu ibu hamil melancarkan buang air kecil. Walau mungkin melelahkan, rajin buang air kecil bisa membantu proses detoks dan juga mempertahankan kesehatan ginjal.

6. Mengandung antioksidan dan vitamin A

Buah semangka mengandung banyak vitamin A yang juga sangat berguna untuk kehamilan. Vitamin A pada semangka dapat menjaga organ penglihatan pada janin yang berada dalam kandungan. Bahkan karoten di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

7. Mencegah kram otot

ads by google :

Hamil membuat seorang wanita akan mengalami banyak perubahan dalam tubuhnya. Bukan cuma perubahan hormon atau berat badan, hamil juga mempengaruhi kondisi tulang maupun otot. Beberapa ibu yang hamil akan mengeluhkan kram. Tetapi bila sobat rutin memakan buah-buahan seperti semangka, maka segala keluhan kram otot pun bisa berkurang.

8. Menjaga kekebalan tubuh

Buah semangka tak hanya mengandung vitamin A, tetapi juga kaya akan vitamin C. Vitamin yang yang terkandung dalam buah semangka ini bisa mempertahankan imunitas tubuh ibu yang sedang hamil. Sehingga kondisi tubuh sobat tetap terjaga walaupun sedang ada pergantian cuaca yang tak menentu.

9. Membantu pembentukan tulang janin

manfaat buah semangka bagi ibu hamilBuah semangka banyak mengandung kalium yang dapat mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Kalium sangat berguna untuk pembentukan tulang janin yang ada dalam kandungan serta memperkuat sendi wanita yang sedang hamil.

10. Menyehatkan jantung

Selain vitamin A, C, dan kalium, buah semangka mengandung suatu zat bernama likopen yang bisa membantu mempertahankan kesehatan jantung ibu hamil dan juga bayi yang ada dalam kandungan.Saat memasuki masa-masa kehamilan, para wanita tentu memiliki beberapa pantangan yang membuat mereka sangat berhati-hati dalam memilah-milih apapun yang akan dikonsumsi. Banyaknya mitos-mitos seputar makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan ibu hamil tentu membuat sobat jadi khawatir saat akan mengkonsumsi sesuatu. Tidak masalah, hal itu wajar dirasakan oleh sobat yang masih pertama kali merasakan kehamilan.

Selain semangka, apel juga mempunyai manfaat penting bagi kehamilan. Baca ulasannya secara lengkap di 10 Manfaat Penting Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat sebagai calon bunda.

Baca juga:

1. Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

2. Manfaat Penting Buah Pir Untuk Ibu Hamil dan Janin

3. Pentingnya Zat Besi Bagi Kehamilan dan Janin

Semoga bunda dan calon bayi bunda sehat selalu. Jangan lupa share ya.

 

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet