Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsat Bagi Kesehatan

Manfaat buah sirsat dan daun sirsat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Daun sirsak merupakan salah satu daun yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan penyakit-penyakit yang bisa diatasi pakai daun sirsak adalah penyakit-penyakit kelas berat, susah disembuhkan dan membutuhkan biaya perobatan mahal.Tidak hanya daunnya, buah sirsak, batangnya dan akarnya juga memiliki khasiat.

Asal Sirsak
Tanaman sirsak sebenarnya berasal dari Karibia, Amerika Selatan yang dibawa oleh orang Belanda pada abad ke 19 ke Indonesia. Awalnya bernama Zuurzaak = kantong asam yang kemudian disebut sirsak. Hebatnya Sirsak memiliki kekuatan penyembuh 10 ribu kali lipat lebih ampuh dibandingkan pengobatan konvensional seperti kemoterapi. Bahkan tidak hanya buahnya, tetapi juga daunnya memiliki khasiat luar biasa.

manfaat buah sirsat

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Tradisional

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfatkan daun sirsak. Sebenarnya ada banyak penyakit yang bisa disembuhkan, tetapi yang akan kita bahas disini adalah beberapa penyakit yang sering atau paling banyak diderita oleh sebagian besar masyarakat. Berikut beberapa manfaat dari daun sirsak:

Sebagai obat kanker
Menurut sebuah penelitian daun sirsak memiliki zat yang mampu membunuh sel kanker. Uniknya, zat tersebut tidak membunuh semua sel, tetapi mampu memilah sel mana yang harus dibunuh agar tidak membahayakan kesehatan manusia, dan sel mana yang dibiarkan hidup agar antibodi manusia semakin kuat. Bahkan menurut penelitian tersebut, daun sirsak 100 kali lebih efektif dibandingkan pengobatan kanker lewat kemoterapi.

Untuk mendapatkan ramuan daun sirsat ini cara penggunaannya: Minum air rebusan daun sirsak secara teratur pagi dan sore dalam waktu beberapa minggu sampai penyakit atau gejala kanker mereda dan hilang.

Mengobati asam urat
Daun sirsak juga mujarab sebagai obat asam urat. Caranya rebus daun sirsak dengan air sampai mendidih. Kemudian minumlah airnya secara teratur pagi dan sore.

Mengatasi jerawat
Ternyata daun sirsak juga bermanfaat mengobati jerawat. Caranya: ambil beberapa daun sirsak lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air agar lebih merata lalu oleskan ke seluruh wajah terutama di bagian yanga ada jerawatnya. Biarkan sampai 5-15 menit. Bila terasa sudah meresap, bilas dengan air hangat.

Baca juga : Manfaat Penting Air Hangat Untuk Wajah Berjerawat

Obat kolesterol
Daun sirsak juga mujarab sebagai obat kolesterol.

Obat Asma
Air rebusan daun sirsak cukup mujarab untuk menyembuhkan lenyakit asma dan sesak napas. Caranya, air rebusan daun sirsak diminum secara teratur pagi dan sore.

Obat tekanan darah tinggi
Caranya: cukp meminum air rebusan daun sirsak.

Obat bisul
Nah, ternyata daun sirsak juga bisa menjadi obat bisul. Caranya, ambil daun sirsak muda sebanyak 6 – 10 helai, kemudian tempelkan di area yang terkena bisul. Lakukan secara teratur sampai bisul mongering dan sembuh.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Bisul Menghitam

ads by google :

Obat sakit pinggang
Untuk menggunakan daun sirsat sebagai obat sakit pinggang ini, caranya cukup rebus daun sirsak sebanyak 15-20 helai dengan 5 gelas air. Rebus sampai mendidih hingga tersisa 3 gelas. Minum secara teratur 1 gelas dalam 1 hari.

Obat rematik
Sebagai obat rematik, haluskan beberapa lembar daun sirsak, kemudian tempelkan ke bagian yang sakit. Ulangi beberapa kali sampai hilang.

Membasmi kutu rambut
Caranya, rebus beberapa lembar daun sirsak yang sudah cukup tua, lalu air rebusannya dipakai sebagai sampo untuk keramas. Lakukan setiap kali mandi minimal satu minggu. Baca juga: Cara Mudah dan Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut

manfaat buah sirsatObat sakit pinggang
Sudah pernah merasakan yang namanya sakit pinggang? Nyebelin banget kan? Melakukan aktivitas akan sangat terasa tersiksa sekali. Untuk mendapatkan obat sakit pinggang dari daun sirsat ini caranya, ambil 2o daun sirsak, kemudian direbus dalam air 1000 cc (5 gelas), didihkan hingga tersisa 3 gelas (600 cc) kemudian saring dan minum pagi dan sore secara teratur.

Manfaat Buah Sirsak

Beberpa kandungan pada buah sirsat yang berguna bagi tubuh kita antara lain:

Serat
Pada buah sirsat, mengandung serat yang cukup tinggi. Serat tinggi yang terkandung pada sirsat ini sangat baik sekali untuk kesehatan pencernaan sobat. Selain itu, serat yang terkandung pada buah sirsak ini juga dapat membantu menjaga dan mengontrol berat badan

Karbohidrat
Karbohidrat yang terkandung da;lam satu gelas sirsat sekitar 38 gram. Karbohidrat ini tentu lebih sehat ketimbang karbohidrat yang terkandung dalam camilan seperti kue. Karbohidrat yang banyak terkandung dalam makanan seperti kue tadi, dapat berdamppak negatif pada berat badan sobat.

Kalium
Kalium yang terkandung dalam buah sirsak ini membantu menjaga otot tubuh, mengontrol tekanan darah dan juga menjaga kesehatan tulang.

Vitamin C
Vitamin C ini dikenal akan manfaatnya ebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang nantinya akan berperan pentinng dalam menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan ini pula yang berperan dalam melawan berbagai macam penyakit.

Air
Kandungan air yang cukup banyak yaitu sekitar 183 gram dalam satu buah sirsak mampu menjaga tubuh kita dari bahaya dehidrasi.

Fosfor dan Kalium
Buah sirsak juga mengandung cukup banyak kalsium. Yaitu sekitar 27 gram dalam 100 gram sirsak. Kalsium dan fosfor ini membantu dalam proses pembentukan tulang dan juga mencegah terjadinya osteoporosis.

Baca juga:

Cara Mudah Mengatasi Ketombe Secara Cepat

Awas Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Beresiko Kanker Payudara

Semoga artikel kami yang mengulas tentang manfaat buah sirsat dapat membantu sobat. Selamat membaca.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *