8 Manfaat Buah Tomat untuk Wajah dan Kecantikan

Masker tomat ataupun buah tomat mempunyai manfaat yang sangat banyak. Manfaat buah tomat untuk wajah berjerawat dan juga mencerahkan wajah. Cara membuat masker tomat juga sangat mudah.

Tomat adalah tanaman buah yang berasal dari Amerika Selatan. Buah tomat memiliki nama lain Solanum Lycopersicum atau Lycopersicum Esculentum. Memiliki buah berwarna hijau, kuning dan merah, buah tomat juga sering dikonsumsi sebagai sayur yang menyehatkan.

Mengandung vitamin C dan vitamin A yang tinggi, buah tomat memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Oleh karena manfaatnya yang sangat besar, buah tomat dinamai Apel Cinta di Prancis. Khasiat tomat bagi kesehatan antara antara lain menyehatkan liver, menurunkan resiko gangguan jantung dan mengatasi kanker rahim.

Manfaat Buah Tomat untuk Wajah

Manfaat Buah Tomat untuk Wajah dan Kesehatan

Buah tomat juga memiliki khasiat yang besar untuk kecantikan dan kesehatan wajah. Kandungan dalam buah tomat yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan wajah antara lain yaitu: Energi, Karbohidrat, Lemak, Protein, Betakaroten, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Magnesium, Mangan, Fosfor, Potasium, Air dan Likopen.

Beberapa manfaat buah tomat untuk wajah kita:

1 . Menghilangkan jerawat

Buah tomat dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Dengan mengoleskan buah tomat yang sudah dihaluskan ke wajah anda secara rutin, jerawat akan hilang, kulit wajah anda kembali cerah dan bersinar.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Jerawat dan Komedo

2. Mengurangi kandungan minyak berlebih pada wajah

Kulit wajah yang berminyak dapat menyebabkan kulit kusam dan berjerawat. Untuk mengatasi masalah kulit berminyak, buah tomat adalah solusi tepat mengurangi kandungan minyak berlebih pada wajah. Dengan melakukan perawatan masker buah tomat setiap hari, masalah kulit berminyak akan teratasi.

Baca juga: 10 Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

3. Melindungi kulit wajah dari sengatan matahari

Panas teriknya matahari dapat menyebabkan kulit terbakar dan menghitam. Buah tomat dapat melindungi kulit wajah kita dari sengatan matahari sehingga mencegah kulit terbakar dan menghitam.

Caranya yaitu:

– Haluskan 1 buah tomat segar dan sedikit yogurt lalu aduk sampai rata

– Setelah itu, oleskan keseluruh kulit wajah lalu diamkan sekitar 15 menit

– Setelah kering, kemudian bersihkan dengan air dingin sampai bersih

Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, kulit wajah anda akan semakin sehat dan terlindungi dari sengatan matahari.

4. Mencerahkan dan melembabkan kulit

Kandungan vitamin C dan E pada buah tomat sangat ampuh membasmi kuman-kuman dalam kulit wajah. Dengan perawatan masker buah tomat, kulit wajah anda dapat terhindar dari kuman penyakit. Wajah bersih dan cerah menjadi milik anda.

Baca: Pemutih Wajah Alami Efektif Tanpa Efek Samping

5. Mengecilkan pori-pori kulit yang besar

Manfaat Buah Tomat untuk WajahPori-pori kulit yang besar memungkinkan kotoran mudah masuk dan menyebabkan infeksi.

ads by google :

Caranya yaitu:

– Haluskan 2 buah tomat segar

– Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis lalu aduk rata

– Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke wajah anda, pijat merata kemudian diamkan selama 15 menit.

– Terakhir bilas dengan air sampai bersih

Untuk hasil yang maksimal bilas dengan air dingin sesudah didiamkan selama 15 menit. Penggunaan masker tersebut secara rutin dapat mengecilkan pori-pori kulit yang besar.

Baca juga: 10 Tips Menghaluskan Kulit Wajah Berjerawat dan Kasar

6. Menghilangkan komedo

Komedo adalah awal penyebab tumbuhnya jerawat. Untuk menghilangkan komedo masker buah tomat dicampur dengan sedikit alpukat adalah solusinya. Buah tomat bekerja sebagai penghilang komedo sedangkan alpukat berfungsi antiseptik dan pelembab muka.

Cara membuat:

– Haluskan 1 buah tomat dan 1/2 buah alpokat

– Oleskan ke wajah anda dan diamkan selama 20-30 menit

– Setelah itu, bilas dengan air hangat

Dengan melakukan perawatan ini secara rutin maka komedo akan hilang, jerawatpun tidak akan muncul.

7. Menjadikan kulit bercahaya

Masker jus tomat dicampur dengan madu akan menjadikan kulit anda bercahaya. Oleskan masker jus tomat dan madu ke wajah anda setiap hari selama 15 menit. Kulit indah bercahaya menjadi milik anda.

8. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini terjadi akibat wajah terserang radikal bebas. Hal tersebut mengakibatkan banyak garis keriput di wajah. Penggunaan buah tomat dapat mencegah penuaan dini, kulit wajah anda akan tampak awet muda. Dengan mengkonsumsi jus tomat rutin setiap hari, kulit wajah anda akan terhindar dari keriput.

Baca juga: Cara Alami dan Cepat Merawat Wajah Agar Awet Muda

Itu tadi beberapa manfaat buah tomatuntuk wajah. Setiap kali memakai masker tomat atau jenis masker apapun, jika kamu lebih suka membilasnya dengan air hangat, jangan lupa untuk selalu mengakhiri dengan menggunakan air dingin. Air hangat akan membuat pori pori kulit menjadi melebar sehingga kamu harus mengakhirinya dengan air dingin agar pori pori kembali menutup.

Banyak juga kan manfaat buah tomat untuk wajah kita? Bermanfaatkan ulasan diatas, jangan lupa di share ya.

Baca juga:

10 Kreasi Cara Membuat Masker Tomat

Kreasi Cara Membuat Masker Beras Tanpa Ribet

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *