10 Manfaat Daun Kemangi untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

Saya suka sekali kemangi, kenapa? Ya karena kemangi ini mempunyai manfaat yang sangat besar sekali untuk saya. Manfaat daun kemangi yang paling saya rasakan adalah untuk wajah saya yang lumayan berjerawat. Manfaat daun kemangi ini diantaranya ntuk menghilangkan bau mulut, mencegah jerawat bahakn mampu mencegah menopause dini.

Daun kemangi memang akan banyak anda temukan, apalagi jika menyantap makanan gorengan dengan disertai sambal, daun kemangi akan dihidangkan sebagai lalapan. Setelah memakan daun kemangi bisa menghilangkan bau mulut dan juga menimbulkan bau wangi yang khas.

manfaat daun kemangi

Namun sayangnya tidak semua orang menyukai daun ini, padahal sangat banyak manfaat daun kemangi. Mempunyai nama latin Ocimum basilicum, ini merupakan salah satu daun beraroma khas dan bisa menggugah selera makan. Selain digunakan sebagai hidangan lalapan, ternyata daun kemangi mempunyai banyak sekali kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Terdapat banyak komponen gizi dalam daun kemangi, mulai dari betakaroten ( vitamin A ). Ini akan sangat baik bagi indera penglihatan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan juga antioksidan yang mencegah radikal bebas. Terdapat pula vitamin C dalam manfaat daun kemangi, ini akan berfungsi sebagai pembentukan kolagen untuk menyembuhkan luka dan mengencangkan kulit. Selain itu juga terdapat kandungan fosfor yang berguna untuk pertumbuhan tulang, penyerapan dan juga transportasi zar gizi ke seluruh tubuh. Ada pula magnesium yang akan membuat fungsi jantung lebih tenang dan mempercepat aliran darah.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan  dan Kecantikan

Setelah tahu kandungan apa saja yang ada pada daun kemangi, anda tentu mulai penasaran dengan apa saja manfaat daun kemangi bagi tubuh, selain bisa memberikan rangsangan penggugah selera makan. Berikut ini ada beberapa manfaat konsumsi daun kemangi bagi tubuh :

Meningkat kesehatan jantung. Salah satu penyakit mematikan sekarang adalah serangan jantung, maka dari itu banyak hal yang anda bisa lakukan untuk memelihara kesehatan jantung. Salah satunya dengan konsumsi daun kemangi, karena mempunyai banyak kandungan betakaroten serta magnesium, kedua kandungan ini akan sangat baik menjaga kondisi kesehatan jantung.

1. Mencegah serangan stroke

Memasuki usia senja salah satu penyakit mematikan yang bisa datang tiba tiba adalah serangan stroke. Dimana tidak ada tanda tanda pasti yang dapat dikenali karena memang datangnya secara mendadak. Konsumsi daun kemangi akan membuat fungsi darah arteri mengalami peningkatan, ini sama saja dengan konsumsi kacang kacangan.

2. Memberikan kontribusi pada kesehatan mata dan mulut

Anda tentu sudah tahu jika daun kemangi banyak mengandung vitamin A ( betakaroten ) ini akan meredakan mata mengantung, timbulkan minus dan juga melindungi dari mata stress. Anda juga akan bisa menghilangkan bau mulut dengan konsumsi daun kemangi, karena mempunyai aroma khas setelah mengkonsumsinya.

3. ASI menjadi lebih produktif

Bagi anda ibu melahirkan pasti akan disarakan banyak mengkonsumsi daun katuk agar produksi ASI melimpah, anda bisa juga mengkonsumsi daun kemangi karena juga mempunyai kandungan yang sama untuk memperlancar produksi ASI.
Menghilangkan jamu keputihan. Sebelum dan sesudaha menstruasi anda tentu akan mengalami keputihan, ini adalah hal yang normal namun sering kali timbul gatal yang diakibatkan oleh jamur. Dalam daun kemangi ada kandungan eugenol yang berfungsi ampuh sebagai penghilang jamur penyebab keputihan.

4. Menunda masa menopause

Bagi wanita yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas tentu sudah akan memasuki masa menopause, ini merupakan tanda bahwa anda sudah tidak menstruasi lagi sehingga sudah tidak mungkin hamil lagi. Anda bisa menunda datangnya masa tersebut dengan konsumsi daun kemangi, karena ada zat triptofan yang bisa menunda masa menopause tanpa menimbulkan efek samping apapun.

5. Menyembuhkan demam dan juga masuk angin

ads by google :

Ini merupakan penyakit yang sering kali timbul pada masa pancaroba, bahkan bisa berulang terus menerus. Pengobatan ini sangat cocok untuk balita yang sangat sensitif dengan penggunaan obat, caranya remas daun kemangi dengan bawang merah dan minyak kelapa. Balurkan pada bagian perut, punggung dan juga dada agar terasa hangat.

6. Melamcarkan sistem peredaran darah

Magesium yang terkandung dalam daun kemangi ini membantu melancarkan sistem peredaran darah tubuh. Magnesium ini membantu mengontrol dan merilekskan kerja jantung.

7. Menjaga kesehatan jantung

Magnesium dan juga beta karoten yang terkandung pada kemangi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Daun Kemangi untuk Wajah dan Rambut

8. Mencegah jerawat

Daun kemangi ini mempunyai sifat antibakteri yang mampu mengatasi dan mencegah jerawat. Kandungan ini akan membantu mencegah peradangan oleh bakteri penyebab jerawat.

Caranya:manfaat daun kemangi

  • Ambil daun kemangi secukupnya
  • Lembutkan sampai berbentuk seperti pasta
  • Gunakan pasta tadi untuk dioleskan pada wajah
  • Tunggu 15 menit sebelum dibilas
  • Kemudian yang terakhir bilas sampai bersih

Baca: 11 Kreasi Masker Untuk Kulit Berjerawat dari Bahan Alami

9. Mencegah rontok pada rambut

Caranya:

  • Ambil daun kemangi secukupnya kemudian haluskan sampai berbentuk seperti pasta
  • Campurkan dengan minyak rambut (disarankan minyak kelapa) Lalu oles secara merata pada rambut
  • Diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan shampoo sampai bersih

Kemangi in akan melancarkan sirkulasi darah dikulit kepala sehingga meningkatkan sel sel pertumbuhan rambut.

Baca juga: Cara Alami Dan Cepat Mengatasi Rambut Rontok

10. Mencegah tumbuhnya uban

Caranya:

  • Rendam kemangi dengan bubuk amla selama semalam. Keesokan paginya gunakan untuk keramas. Bubuk amla ini biasanya sudah terkemas dan dijual di toko toko.

Sudah tidak lagi menganggap bahwa daun kemangi sebagai tambahan lalapan bukan, dimana ada banyak sekali manfaat daun kemangi bahkan bisa mencegah dan mengobati penyakit kronis seperti jantung dan juga serangan stroke.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *