Manfaat Daun Mangga Untuk Kecantikan Wajah dan Kesehatan

Suka makan mangga? ternyata tidak cuma buahnya, daunnya pun mempuntyai manfaat yang luar biasa. Manfaat daun mangga ini diantaranya untuk mengatasi diabetes, untuk kecantikan wajah dapat pula mengatasi bintik atau flek hitam.

Buah yang sangat terkenal disaat musin hujan ini sangat enak. Banyak juga olahan yang kita ketahui dari buah in. Mulai dari yoghurt rasa mangga, jus mangga, es serut mangga, memang buah paling top deh ini. Apalagi kalau pas panas panas ngerujak pakai mangga yang setengah mateng, pasti segernya enak banget deh.

manfaat daun mangga

Tapi nggak hanya buahnya yang berguna, daun dari pohon yang tingginya kurang dari 5 meter ini ternyata berguna juga untuk tubuh kita. Kan sering tuh kita lihat kalau daun mangga berserakan ditengah jalan. Tapi justru daunnya lebih bermanfaat bagi kesehatan kita dari pada buahnya itu sendiri. Apa saja manfaat daun mangga ini, yuk disimak.

Manfaat Daun Mangga untuk Kecantikan

1. Menurunkan Hipertensi

Banyak banget kan tanaman yang ternyata bisa menrunkan hipertensi. Nah salah satunya adalah daun mangga ini. Sebenarnya bukan menurunkan hipertensi, lebih tepatnya menurunkan resiko hipertensi. Hipertensi terjadi karena pembuluh darah menyempit dan disaat kandungan darah dalam tubuh kita sedang tinggi, sehingga mengakibatkan tersumbatnya aliran darah. Jadi dengan mengkonsumsi teh daun mangga ini membuat pembuluh darah dalam tubuh kita menjadi lebih kuat loo.

2. Mengatasi empedu dan batu Ginjal

Jadi buat Anda yang menderita batu ginjal boleh nih mencoba mengelola daun mangganya.

Caranya:

– Ambil daun mangga dibersihkan lalu dikeringkan

– Setelah kering tumbuk sehingga menjadi bubuk halus

– Tambahkan segelas air dan diamkan selama semalaman lalu dikonsumsi secara rutin dan harian, jadi deh batu ginjal kita akan keluar secara perlahan lahan dari dalam tubuh kita.

3. Menyembuhkan luka bakar

Kalau kebetulan terkena luka bakar dan tidak ada yang menolong dan secara kebetulan juga eh ada pohon mangga didepan rumah, ini ada cara sederhana untuk mengatasi luka bakar sebagai pertolongan pertama.

Caranya:

– Ambil daun mangga kering lalu bakar hingga menjadi abu

– Taburkan saja abu diatas lukanya. Mungkin perih banget ya, yah tapi dari pada tambah parah.

Hati hati dengan luka bakar terbuka, kalau tidak hati hati nanti malah infeksi

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dan Praktis

4. Mengobati masalah Pernafasan

Duh jaman global warming kayak gini asap yang merusak tubuh kita dimana mana, benar nggak sih? Coba Anda keluar rumah atau ke mall terus diam deh di restaurant pasti ada saja orang yang ngerokok. Atau hanya sekedar menikmati kopi di starbuck, sejauh hidung mencium pasti kecium dha tu bau asap rokok kan ya kak? Nah itu aja sudah nggak sehat bagi kita. Secara tidak langsung kita menjadi perokok pasif.

Jadi buat Anda yang mengidap penyakit asma atau bronchitis atau penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, apalagi kalau disebabkan oleh hal hal diatas pasti menderita banget kan.

Kalau Anda mau membersihkan paru paru secara alami enaknya kan diving, tapi lumayan juga itu uang yang harus dikeluarin. Jadi harus bagaimana? Yuk kita mencoba melihat dunia herbal. Ternyata the daun mangga juga bermanfaat untuk yang satu ini.

Caranya:

– Siapkan daun mangga secukupnya

– Rebus dengan air sampai mendidih

– Minum air rebusan daun mangga tadi secara teratur, tambahkan sedikit madu agar hasilnya lebih maksimal dan untuk memberikan rasa manis

5. Mengatasi masalah tenggorokan

Punya masalah tenggorokan seperti gatal atau cegukan? Jangan kawatir, dengan memanfaatkan daun mangga anda bisa mengatasi masalah cegukan ini.

Caranya:

ads by google :

– Bakar daun mangga sampai menjadi mengeluarkan

– Hirup asap mangga tadi untuk membantu mengatasi cegukan

Baca juga: Cara Mengobati Cegukan Secara Alami dan Cepat

6. Kaya antioksidan

Dalam daun mangga kering mengandung vitamin C yang sangat penting untuk kekebalan tubuh. Konsumsi teh daun mangga secara rutin akan membantu menangkal radikal bebas yang merupakan sumber dari berbagai penyakit.

7. Mengatasi rasa sakit pada telinga

Untuk membantu mengurangi rasa sakit pada telinga ambil satu tetes minyak sari daun mangga. Hangatkan terlebih dahulu kemudian teteskan pada telinga yang sakit.

8. Mengobati disentri

Jangan salah mengartikan ya, disentri beda dengan diare. Kalau diare BAB cair namun tidak disertai dengan darah, kalau disentri diare yang disertai darah.

Caranya:

– Keringkan daun mangga ditempat yang teduh

– Setelah kering rebus dengan air sampai mendidih

– Minum rebusan daun mangga, tambahkan sedikit madu agar manfaatnya lebih maksimal

Baca: Cara Membuat Oralit untuk Diare di Rumah

9. Manfaat daun mangga untuk diabetes diabetes

manfaat daun manggaDaun mangga mempunyai kandungan taraxerol-3beta, dan etil asetat. Kedua kandungan tersebut mampu bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan menstimulasi sintesis glikogen.

Dengan mengkonsumsi teh daun mangga secara rutin akan membantu mengatasi diabetes dan juga masalah pada mata yaitu retinopati diabetika yang merupakan komplikasi dari diabetes.

Baca: Makanan Untuk Penderita Diabetes dan Pantangannya

Manfaat Daun Mangga untuk Kecantikan Wajah

10. Mengatasi flek dan bintik hitam

Caranya:

– Keringkan daun mangga kemudian jadikan bubuk

– Setelah menjadi bubuk campur dengan yoghurt sampai merata

– Gunakan campuran daun mangga tadi untuk dioleskan ke wajah yang terdapat bintik hitam

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Alami dan Cepat

Oke itu saja deh beberapa manfaat daun mangga yang perlu kita ketahui. Daun mangga ini membuktikan bahwa tanaman nggak selalu buahnya saja yang bisa dikonsumsi tetapi juga daunnya.

Harus dicoba nih ya, karena kalau kita nggak pernah nyoba kita nggak akan tahun khasiat dan manfaatnya kan ?

Baca juga:

11 Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Sekian dulu kak, terimakasih atas perhatiannya. Gracie!

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *