Manfaat Daun Mangkokan untuk Kecantikan danKesehatan

Daun mangkokan? Tentu tidak terkenal akrab bagi  yang tidak menekuni dunia herbal bukan? Atau mungkin anda hanya pernah melihat tanamannya saja tetapi tidak mengetahui namanya. Sesuai dengan namanya, daun ini mempunyai bentuk yang mirip dengan mangkok. Manfaat daun mangkokan ini sangat banyak, disini nanti kita akan membahas tentanga apa saja manfaat daun mangkokan.

Asal usul nama mangkokan dikarenakan bentuknya yang seperti mangkok dan dapat menampung air. Tanaman ini dpaat tumbuh didaerah tropis dengan panjang maximal 6 meter.

manfaat daun mangkokan

Manfaat Daun Mangkokan untuk Kecantikan

Tanaman ini juga berguna bagi tubuh kita dalam berbagai hal, untuk kesehatan maupun kecantikan, ingin tahu? Yuk kita lihat bersama apa saja manfaat daun mangkokan ini.

1. Manfaat daun mangkokan untuk mengatasi rambut rontok

Sebagai wanita tentu saja akan apnerharap mempunyai rambut tebal dan halus sebagai mahkota anda bukan? Tetapi tidak sedikit dari kita yang terlahir dengan rambut tipis, setelah menjelang dewasa rontok pula. Tentu akan membuat ketakutan tersendiri bagi anda yang berambut tipis bagimaimana jika anda botak? Tetapi anda dapat mengatasinya dengan daun mangkokan ini.

Caranya:

  • Ambil 4 – 5 helai daun mangkokan
  • Rendam dengan minyak kelapa
  • Kemudian peras sampai kering
  • Gunakan minyak kelapa tadi untuk dioleskan pada rambut

2.  Manfaat daun mangkokan untuk mengobati luka

Salah satu manfaat daun mangkokan yang lain adalah untuk mengobati luka. Untuk mengobati luka, selain menggunakan daun sirih kamu juga dapat menggunakan daun mangkokan sebagai alternatifnya. Daun ini berguna untuk mengobati luka, penumbuhan sel kulit baru, mengeringkan luka hingga menjadi antiseptik agar luka tidak terinfeksi.

3. Manfaat daun mangkokan untuk memperlancar pencernaan

Banyak sekali kan sekarang  ini dari kita meiliki pencernaan yang kurang lancar diakibatkan konsumsi makanan yang kurang serat juga  kurang sehat.  Terlebih sekarang banyak sekali makanan yang beredar dipasar bukanlah makanan yang sehat dan juga butuh waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh. Makanan tersebut juga tidak jarang membuat kita sakit seperti diare dan muntaber. Tentu salah satu penyakit sederhana yang membuat tubuh anda sangat tidak enak bukan?

Baca: 15 Hal Buruk Akibat Sering Minum Kopi Bagi Pria dan Wanita

Dengan mengkonsumsi daun mangkokan ini secara direbus dan dijadikan teh maupun dimakan langsung sebagai lalapan. Daun mangkokan ini dapat membantu membersihkan usus dan juga sistem pencernaan  menjadi lebih baik.

4. Manfaat daun mangkokan untuk memperlancar aliran darah

Didalam tubuh kita darah adalah suatu hal yang sangat penting. Jika aliran darah tersumbat dapat membuat kita beresiko terkena serangan jantung dan berbagai macam penyakit lainnya. Dengan berjalannya aliran darah yang lancar tentu akan membuat anda lebih sehat lagi pada kedepannya bukan? Mempersehat paru paru dan jantung untuk kesehatan tubuh prima yang lebih baik.

ads by google :

Daun mangkokan ini mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi inilah yang membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh.

5. Manfaat daun mangkokan untuk mengobati sariawan

Salah satu penyakit yang sangat sederhana tapi dapat membuat anda sengsara. Sariawan dapat terjadi kerena kekurangan vitamin c, kurang minum dan juga kegigit. Nah yang terakhir itu sangat tidak enak, kerena luka yang ada akan menjadi sangat perih untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi daun mangkokan sebagai obat sariwan.

Daun mangkokan mempunyai manfaat sebagai antioksidan dan juga anti inflamasi, kandungan ini yang membantu menyembuhkan sariawan.

Caranya cukup oleskan daun mangkokan yang sudah ditumbuk halus pada sariawan atau minum sebagai teh.

Baca: Cara Mengobati Sariawan di Lidah Alami Tanpa Obat

Manfaat daun mangkokan sebagai anti bakteria

Daun mangkokan memang berfungsi untuk mencegah bakteri penyebab penyakit dan infeksi masuk didalam tubuh kita. Jika dikonsumsi secara rutin manfaat daun mangkokan ini akan terasa pada tubuh. Daun mangkokan juga bisa dijadikan obat luka dengan cara ditumbuk dan ditempelkan pada luka. Tetapi jangan lupa mencuci daung mangkokan sebelum menggunakannya untuk menutupi luka pada tubuh.

Baik untuk mata

Daun mangkokan ini kaya akan vitamin A sehingga dapat membantu menjaga mata anda lebih sehat serta meminimalisir resiko penyakit katarak pada saat tua nanti.  Sudah tahukan kalau vitamin A ini sangat baik untuk mata.

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat daun mangkokan berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Daun mangkokan ini mempunyai kandungan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Mencegah anemia

Seperti yang sudah diketahui, daun mangkokan mempunyai kandungan zat besi. Kandungan zat besi inilah yang membantu mencegah terjadinya anemia pada tubuh kita.

 

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *