10 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Dibalik rasanya yang pahit, daun pepaya ternyata mempunyai manfaat yang sangat besar. Manfaat daun pepaya ini mulai dari kandungan antioksidannya yang tinggi, sampai jika anda sering merasa kesakitan saat menstruasi, pepaya bisa menjadi obat alami untuk mengatasinya.

Pepaya memang salah satu buah yang tumbuh subur di Indonesia dan menjadi salah satu buah yang dijual murah sehingga bisa dinikmati siapapun, namun tahukah anda jika banyak sekali manfaat daun pepaya. Memang hampir semua bagian pohon pepaya itu bermanfaat, mulai dari akar, batang, daun hingga buahnya.

Pohon pepaya bisa tumbuh di sepanjang tahun, dimana pepaya bukan buah asli dari Indonesia melainkan dari Meksiko dan sukses dibudidayakan disini karena mempunyai iklim yang sama. Pohon pepaya dapat tumbuh hingga 30 meter, tahan trehadap serangan hama dan tidak menimbulkan efek samping jika menanamnya di samping atau sekitaran rumah.

Kali ini akan di bahas manfaat daun pepaya, daun pepaya yang berwarna kehijauan ini memang tidak akan terganggu dengan musim penghujan maupun panas sehingga khasiatnya akan sama saja di petik pada musim apapun.

Mempunyai kandungan vitamin yang cukup komplek, yaitu vitamin A, B, C, D dan E, ini akan sangat dibutuhkan oleh tubuh dan baik dikonsumsi setiap harinya. Selain itu daun pepaya juga mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi. Manfaat daun pepaya yang paling populer adalah mengandung antioksidan yang sangat membantu untuk mencegah radikal bebas dan juga mencegah aktifnya sel sel kangker.

manfaat daun pepaya

Beberapa Manfaat Daun Pepaya

Setelah membaca pendahuluan di atas, anda tentu akan semakin penasaran akan apa saja manfaat daun pepaya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini akan dijabarkan dengan lebih detail akan manfaat dari daun pepaya secara menyeluruh :

1. Mengandung antioksidan

Pencegahan dan lawan dari penyakit kanker adalah mengkonsumsi antioksidan, dimana ini akan banyak ditemukan dalam jus daun pepaya. Beberapa penyakit seperti kanker keher rahim, kanker hati, kanker paru paru, kanker payudara hingga kanker pankreas di sarankan untuk mengkonsumsi jus daun pepaya, apalagi saat sedang menjalani kemoterapi, karena akan memberikan manfaat meningkatkan sistem kekebalan terhadap kanker.

2. Anti deman berdarah 

Penyakit demam berdarah memang salah satu yang berbahaya karena jika tidak ditangani dengan baik maka akan menyebabkan kematian. Jika anda terkena demam berdarah akan lebih cepat sembuh dengan tambahan jus daun pepaya. Dokter menyarankan konsumsi 25 mililiter jus daun pepaya dua kali sehari. Lebih disarankan untuk mengkonsumsi selama satu minggu, ini akan mempercepat proses penyembuhan.

3. Mengobati malaria

Selain demam berdarah, penyakit malaria juga bisa sembuh dengan daun pepaya. Pasalnya daun ini mempunyai sifat anti malaria, konsumsi jus akan lebih cepat mencegah dan menyembuhkan penyakit malaria. Jika tidak sudah tersedia ekstra daun pepaya dalam bentuk kapsul untuk pencegahan penyakit malaria.

4. Dapat meningkatan sistem imun tubuh

Seseorang tidak akan mudah sakit jika mempunyai sistem imun yang baik, secara mengejutkan daun pepaya mempunyai kemampuan bisa melawan infeksi virus seperti virus flu, bahkan bisa meregenerasi sel darah putih dan juga tromobosit sehingga akan menangkal demam berdarah dengan baik.

5. Membantu saat nyeri pada datang bulan

Timbulnya rasa nyeri pada saat menstruasi memang hal biasa, namun sebagian wanita mengalami nyeri yang terlalu sehingga sangat menggangu aktifitas harian, anda bisa meredakan nyeri dengan konsumsi jus daun pepaya, caranya rebus terlebih dahulu satu daun pepaya, tambahkan asam jawa, garam dan air secukupnya. Seduh saat selagi panas, ini akan membantu memperlancar haid dan menghilangkan nyeri.

ads by google :

Baca juga: Cara Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

6. Menghilangkan masalah pencernaan

Pola makan yang salah sering kali membuat anda mengalami buang air besar terlalu sering, apalagi jika mengkonsumsi makanan pedas dan juga air dingin, anda bisa meredakan mulas dengan rebusan daun pepaya. Selain itu, bagi orang tua rebusan daun pepaya juga bisa memberikan rangsangan nafsu makan bagi anak anak.

7. Membantu mengatasi jerawat

manfaat daun pepayaManfaat daun pepaya berikutnya adalah untuk membantu mengatasi masalah jerawat.

Caranya:

  • Ambil beberapa lembar daun pepaya yang masih muda
  • Cuci bersih kemudian keringkan daun daun tersebut
  • Setelah kering, blender daun pepaya tadi agar halus dan menjadi semacam pasta
  • Gunakan blenderan daun pepaya tadi menjadi masker wajah
  • Diamkan selama 20-30 menit lalu terakhir bilas sampai bersih

Baca juga: 10 Tips Menghaluskan Kulit Wajah Berjerawat dan Kasar

8. Meningkatkan trombosit

Selain jambu biji, daun pepaya ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit darah

9. Sebagai kondisioner alami

Haluskan daun pepaya, campur dengan santan dan madu. Gunakan sebagai masker rambut, rambut akan berkilau secara alami.

10. Mengatasi ketombe

Daun pepaya juga mampu mengatasi dan mencegah timbulnya ketombe. Gunakan masker daun pepaya secara rutin pada rambut. Kulit kepala akan terbebas dari ketombe.

Baca: Cara Mudah Mengatasi Ketombe Secara Cepat

Bukan masalah lagi bukan meminum rebusan atau jus daun pepaya, memang rasanya pahit namun sebanding sebagai banyak manfaat daun pepaya yang akan tubuh dapatkan nantinya. Apalagi dengan adanya kandungan antioksidan, ini akan membantu tubuh tetap sehat dan kebal terhadap serangan penyakit.

Baca juga:

Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selamat membaca, semoga tips diatas bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *