Manfaat Daun Pisang Kering dan Basah Yang Wajib Diketahui

Pisang ternyata mempunyai manfaat yang sangat banyak. Kaget kan, daun pisang yang kita kenal cuma sebagai pembungkus makanan ternyata mempunyai manfaat lain. Manfaat daun pisang ini mulai dari sebagai pembungkus, hiasan sampai sebagai obat.

Siapa yang ga pernah makan pisang disini hayo? Enak lo, lembut dimulut rasanya juga manis. Jenis pisang juga banyak. Ada pisang goreng, keripik pisang eh itu olahan pisang loo, maaf salah focus. Jenis jenis pisang ada banyak kok , pisang Cavendish, pisang raja, pisang gepok, dan berbagai macam lainnya.

manfaat daun pisang

Pisang adalah salah satu buah yang sangat digemari oleh orang dari kalangan muda hingga tua, digemari monyet juga kok . Terutaa untuk orang yang masi mengalami kesulitan dalam pencernaan pasti ada beberapa kali mau gam au harus makan pisang, yak arena pisang bagus untuk usus kita lo .

Manfaat Daun Pisang dan Kandungannya

Nah tapi kali ini kita ga akan bahas tentang buah pisang itu sendiri namun daun pisang. Daun pisang adalah suatu hijau hijau yang menempel pada pohon pisang, semua pasti tahu kan? Nah mari kita ulas apa saja manfaat daun pisang ini.

1. Kesehatan Rambut

Sahabat tahu ga sih bahwa ekstrak dari daun kulit pisang ini membantu kita untuk menghilangkan ketombe dan membuat rambut tetap hitam serta jikalau rambut sering gatal dan luka karena biang keringat boleh ni dicoba karena memang terbukti efektif loh ! Jadi boleh aja dicoba ya , untuk kesehatan rambut dan agar rambut kita terlihat bersih berkilau.

Caranya:

  • Ambil daun pisang yang masih segar
  • Blender sampai halus kemudian gunakan sebagai masker rambut

2. Pembungkus makanan

manfaat daun pisangPepes? Lemper? Makanan tradisional Indonesia yang khas banget kan ya? Nah banyak makanan khas Indonesia lainnya yang menggunakan daun pisang dalam di kukus atau dalam proses pemasakannya agar makanan tersebut lebih harus dan menggugah selera.

Daun pisang sendiri dulu dijadikan sebagai alas makan ole nenek moyang Indonesia, jadi sepertinya lengkat banget ya Indonesia dengan daun pisang ini? Coba deh ntar makan pakai daun pisang, dijamin aromanya makin menggugah selera !

3. Kecantikan kulit

Masker pisang memang terdengar ga asing bagi kita tetapi bagaimana dengan daun pisang? Daun pisang memang tidak digunakan untuk masker wajah ya , namun daun pisang bisa mengatasi iritasi kulit dan juga membunuh kuman dalam dalam kulit sehingga kulit dapat lebih bersih dan putih, tetapi ingat ya engga untuk memutihkan kulit. Jadi intinya lebih bagus untuk kesehatan kulit kita sehingga dapat menjadi obat alami.

4. Hiasan upacara adat

ads by google :

Pernah ke bali ? Pasti lihat banyak sesajen kan? Sesajen banyak jenisnya dan ga sedikit yang menggunakan daun pisang sebagai hiasan dari sesajen untuk dewa dewi tersebut. Dan juga merupakan alas makanan dari beberapa sesajen yang diberika, serta disematkan dibeberapa tempat sehingga terlihat menawan dan menarik hati. ya memang daun pisang itu elastis sehingga dapat dibentuk sedemikian rupa hingga terlihat indah ya

5. Penghilang demam

Jujur ini adalah pengobatan tradisional, dan aku belum coba sendiri namun katanya akan berhasil , nah caranya cukup mudah yaitu ambil sebagian dari daun pisang lalu oleskan dengan minya kelapa dan ditempelkan dibeberapa bagian tubuh contohnya seperti pingang dan dahi. Ini adalah obat kompres alami pada jaman dulu.

6. Mengobati luka

Daun pisang ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi luka.

Caranya:

  • Haluskan daun pisang segar kemudian gunakan untuk ditempelkan pada luka

7. Sebagai antioksidan

Daun pisang ternyata juga mempunyai kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat daun pisang ini

8. Manfaat daun pisang yang kering

Daun pisang kering ini banyak mengandung protein, hemiselulosa, dan lignin. Daun pisang yang kering ini dapat dimanfaatkan untuk media budidaya jamur merang yang sangat baik. Selain itu, daun pisang kering juga bisa dimanfaatkan untuk pembungkus makanan.

Nah itu adalah beberapa manfaat daun pisang untuk kehidupan kita mau dicoba ga ? Biar kita juga ngehargai tanaman herbal Indonesia serta menambah wawasan tentang tanaman yang disekitar kita.

Baca juga:

Manfaat Teh Tawar Dibalik Rasa Yang Pahit

Manfaat Daun Mangga Untuk Kecantikan Wajah dan Kesehatan

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *