15 Manfaat Daun Sambiloto dan Cara Pengolahannya

Daun sambiloto pasti tidak asing lagi di telinga kita. Kali ini kita akan bahas apa saja manfaat daun sambiloto untuk pengobatan. Daun sambiloto ini sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti  diabetes, mengobati alergi kulit bahkan mengatasi penyakit tifus.

Ada yang tahu nggak sih sebenernya daun sambiloto itu yang modelnya kayak gimana sih? Atau kita dapat temukan dimana? Yuk monggo dilihat dulu.

manfaat daun sambiloto

Sebenarnya daun sambiloto dapat ditemukan pada dearah yang dekat dengan kita seperti pekarangan rumah, pinggiran sungai, kebun, dan beberapa tempat lain, dikarenakan daun sambiloto ini adalah tanaman yang tumbuh dengan liar dibeberapa tempat yang liar juga #eh?

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Nah apa aja sih yang terdapat pada daun sambiloto hingga manfaat daun sambiloto ini bisa menjadi herbal yang baik bagi tubuh kita? Ternyata didalam daun sambiloto itu terdapat flavonoid serta lactone yangberguba untuk kesehatan tubuh kita ya pastinya, serta ada beberapa zat yang lain, yang berguna yea

1. Mencegah kanker

Tahu nggak sih tumor itu ternyata memacu terjadinya kanker? Kita selama ini mungkin berfikir bahwa kanker dan tumor itu sama, tapi ternyata tidak. Kanker itu seperti parasite yang menyebar dalam tubuh kita dan tumor itu seperti ada suatu benjolan dalam tubuh kita. Biasanya jika sudah ada tumor akan menyebabkan kanker pada akhirnya. Dan jika seperti itu tentu akan bahaya kan bagi tubuh kita? Dan daun sambiloto ini adalah suatu herbal yang serbaguna untuk menyembuhkan tumor secara alami tanpa operasi.

2. Menyembuhkan tifus

Daun sambiloto ini mempunyai kandungan Andrographolid, flavonoid, saponin dan tanin yang mana sangat berguna untuk membantu mengatasi infeksi bakteri, salah satunya membantu menekan pertumbuhan virus salmonella. Virus salmonella ini merupakan penyebab utama penyakit tifus.

Caranya:

  • Ambil daun sambiloto sekitar 10 sampai 15 lembar
  • Cuci bersih kemudian rebus dengan air sampai mendidih kemudian minum selagi masih hangat

3. Menurunkan tekanan darah

Didalam daun sambiloto ini juga mengandung kalium, tahu kan bahwa kalium itu ternyata membantu kita untuk menurunkan tekanan darah? Jadi memang sangat sehat adanya jika kita mempunyai tekanan darah yang normal bukan? Apalagi darah tinggi ini jika tidak diatasi dapat memicu terjadinya stroke.

4. Menurunkan panas

manfaat daun sambilotoRasanya kalau sudah kena demam gitu lemes mau ngapa ngapain, berdiri pusing, mau makan nggak selera, diem nggak bisa tidur, Badan rasanya linu semua. Maka dari itu kalau sudah demam mending tidur dirumah, minum obat dan istirahat yang cukup. Tapi terkadag kalau kita terlalu sering minum obat juga nggak baik bagi kesehatan kita karena sebenarnya obat itu sendiri dapat menjadi racun jika terlalu sering dan terlalu banyak dikonsumsi.

Daun sambiloto ini mempunyai kandungan antipiretik, yang mana zat antipiretik dalam daun sambiloto sangat efektif untuk membantu menurunkan demam.

5. Membantu mengobati jerawat

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas, daun sambiloto mempunyai kandungan anti bakteri dan anti inflamasi. Konsumsi daun sambiloto secara teratur juga sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat yang membandel.

Caca: 11 Kreasi Masker Untuk Kulit Berjerawat dari Bahan Alami

Caranya:

  • Rebus daun sambiloto secukupnya kedalam air sampai mendidih
  • Minum air rebusan daun sambiloto tadi secara rutin dan teratur

6. Membantu mengobati asam urat

Manfaat daun sambiloto yang berikutnya adalah membantu  mengatasi asam urat.

ads by google :

Anda mempunyai masalah dengan asam urat? Jika anda mempunyai masalah dengan asam urat yang tinggi, jangan bingung. Daun sambiloto ini mampu membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sambiloto mempunyai kandungan aldehid, keton, flavanoid dan alkane. Selain itu, daun sambiloto ini juga kaya dengan kandungan kalium, natrium dan kalsium. 

Caranya:

  • Ambil daun sambiloto 10 gram, cuci bersih
  • Rebus dengan 5 gelas air
  • Tambahkan temu lawak dan daun komfrey 5 gram
  • Tunggu hingga air mendidih dan rebusan tinggal 3 gelas
  • Minum 3 kali dalam sehari

7. Menjaga daya tahan tubuh

8. membantu mengatasi diare dan juga disentri yang disebabkan bakteri

Diare ini bisa timbul akibat salah makan dan juga karena gaya hidup yang kurang bersih. Diare dapat timbul karena bakteri Escericia coli.

Baca: Cara Alami dan Aman Mengatasi Diare pada Bayi

9. Membantu mengatasi diabetes atau kencing manis

10. Membantumenjaga kesehatan kulit

11. Membantu mengatasi sakit gigi

Baca : 10 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Ampuh Tanpa Obat

12. Membantu mengatasi flek hitam

Baca: 12 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Alami dan Cepat

Cara Menggunakan Daun Sambiloto

1. Pemakaian Luar

Pemakaian luar ini misalnya untuk menghilangkan flek hitam, mengatasi jerawat dan menjaga kehalusan kulit.

Caranya:

  • Ambil daun sambiloto secukupnya kemudian cuci sampai bersih
  • Haluskan daun sampai benar benar lembut
  • Oleskan pada kulit atau wajah yang bermasalah
  • Tunggu sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air hangat dan dingin

2. Pemakaian Dalam

Caranya:

  • Ambil daun sambiloto secukupnya lalu cuci sampai bersih
  • Rebus daun sambiloto sampai mendidih dan sisakan tinggal seperempat dari jumlah air rebusan
  • Konsumsi seperti minum teh

Itu tadi manfaat daun sambiloto yang bisa kita bagikan. Mungkin masih banyak manfaat daun sambiloto yang belum tertulis, Sahabat dapat menambahkannya dikolom komentar untuk menambah wawasan kita.

Baca juga:

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Terbukti Manfaat Daun Mengkudu Untuk Pengobatan Alami

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *