10 Besar Manfaat Sirih Merah Untuk Kulit dan Kesehatan

Daun sirih merah mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat daun sirih merah ini mampu mengatasi jerawat, kebutihan bahkan sebagai zat anti kanker. Bahkan setelah penggunaan daun sirih, area V menjadi lebih keset dan wangi.

Anda mungkin mengenal daun sirih sebagai salah satu daun yang banyak dikunyah oleh orang tua untuk memberikan ketahanan gigi, namun itu daun sirih hijau. Ini adalah daun sirih merah yang mempunyai daun berwarna merah, hampir serupa namun mempunyai khasiat berbeda. Pasalnya banyak sekali manfaat daun sirih merah bagi kesehatan, bahkan daun sirih merah sudah digunakan sebagai salah satu tanaman obat dari jaman nenek moyang dahulu, karena memang mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai penyakit dengan cepat.

manfaat daun sirih merah

Memang benar jika daun sirih merah adalah salah satu tanaman herbal yang paling banyak dibudidayakan, selain karena memang dibutuhkan sebagai obat, tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan yang sulit dan sangat cocok tumbuh di iklim tropis. Sehingga semua orang bisa merasakan manfaat daun sirih merah karena ini termasuk dalam pengobatan murah namun bisa memberikan hasil yang tidak kalah dengan obat obatan mahal, malahan tidak ada efek samping di dalamnya.

Bicara soal manfaat daun sirih merah, anda harus tahu terlebih dahulu apa saja kandungan yang ada di dalamnya, sehingga tidak salah obat untuk mengobati penyakit nantinya. Dimana ada 20 kandungan zat kimia yang baik untuk kesehatan anda dan ini ada dalam satu tumbuhan yaitu daun sirih merah.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan

Ternyata banyak sekali bukan kandungan zat kimia dalam daun sirih merah, sehingga tidak heran jika ada banyak pula manfaat daun sirih merah yang akan berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh daun sirih merah :

1. Obat luka bakar alami

Terkena luka bakar tentu akan membuat anda takut dengan bekas yang akan ditimbulkan bukan? Tidak perlu takut lagi, pasalnya dengan menggunakan daun sirih merah bisa mengobati sekaligus mengembalikan kulit seperti semula. Caranya remas beberapa daun sirih merah hingga mengeluarkan air, tambahan dengan madu dan oleskan pada luka bakar. Tidak masalah sekalipun luka masih basah, ini akan membuat cepat kering, sebaiknya lakukan penggantian setiap pagi dan sore hari.

2. Mengobati mimisan terus menerus

Anda yang sering kali bekerja lapangan sering bukan mengalami mimisan, hal ini terjadi karena paparan sinar matahari langsung.

Cara cepat untuk menghentikan pendarahan adalah:

– Siapkan dan bersihkan beberapa daun sirih merah

– Gulung dan masukan di lubang hidung yang mengeluarkan darah

– Jangan mendongak ke atas dan pandangan luru saja ke depan

Hal ini akan menghentikan darah keluar, lakukan hal ini hingga darah berhenti mengalir.

3. Menghilangkan mata merah karena kekeringan

manfaat daun sirih merah1Mata kering bukan lagi penyakit langka, pasalnya sekarang ini banyak orang mengalaminya karena terlalu lama berada di depan layar. Anda bisa mengatasi gangguan ini dengan menggunakan ramuan daun sirih merah.

Caranya :

– Rebus 3 daun sirih merah muda dengan air secukupnya

– Setelah mendidih diamkan hingga air dingin

– Kemudian basuhkan pada mata secara bergantian, lakukan ini selama 10 menit

Usahakan di malam hari dan tidak lagi menggunakan komputer setelah membasuh dengan air daun sirih muda.

4. Mengatasi keputihan

Manfaat daun sirih yang paling terkenal adalah untuk mengatasi keputihan pada wanita. Daun sirih ini mengandung zat eugenol yang berfungsi untuk memberaskan jamur keputihan pada wanita.

Caranya:

  • Rebus daun sirih secukupnya sampai mendidih
  • Biarkan hingga air menjadi hangat
  • Gunakan untuk membasuh area V secara teratur
ads by google :

Baca:

– Cara Praktis dan Aman Mengatasi Keputihan Secara Alami

– Daftar Lengkap Makanan Penyebab Keputihan pada Wanita

5. Membantu menurunkan kolesterol darah

Zat saponin yang terkandung dalam daun sirih ini berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Membantu mengatasi sariawan

Daun sirih mempunyai kandungan vitamin C dan anti bakteri yang membantu mengurangi kuman penyebab sariawan.

Caranya:

  • Cukup kunyah kunyah 2 lembar daun sirih dalam mulut
  • Diamkan sekitar 10-15 menit
  • Terakhir bilas dengan berkumur kumur, ulangi setidaknya 2 kali dalam sehari

Baca: Cara Mengobati Sariawan di Lidah Alami Tanpa Obat

7. Mengatasi gusi berdarah

Sirih merah ini mengandung saponin, tanin, mineral kalsium dan fosfor yang membantu meredakan peradangan pada gusi berdarah.

Caranya:

  • Siapkan 10 lembar daun sirih segar
  • Rebus hingga mendidih kemudian dinginkan rebusan daun sirih tadi
  • Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur kumur
  • Agar lebih maksimal dapat diulangi sebanyak 3 kali dalam sehari

Baca: Cara Alami dan Mudah Mengobati Gusi Berdarah

8. Mengontrol kadar gula

kandungan zat alkaloid, terpenoid, klavicol, eugenol, dan pycene pada daun sirih mempunyai fungsi sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh. Konsumsi rebusan daun sirih secara teratur akan membantu mengontrol kadar glukosa atau gula darah berlebih.

9. Zat anti kanker

Kandungan zat flavoid dan zat tannin berfungsi sebagai anti kanker, ini akan menjadi pencegahan kanker paling efektif. Masih banyak lagi kandungan positif dalam daun sirih merah yang akan anda dapatkan dengan konsumsi teratur.

10. Menjegah jerawat

Sudah tau kan kalau daun sirih mengandung anti bakteri? Kandungan ini sangat efektif untuk mencegah munculnya jerawat kembali.

Caranya:

  • Siapkan 10 lembar daun sirih kemudian rebus dengan 200 ml air
  • Gunakan air rebusan tadi untuk membasuh muka secara teratur

Baca: 11 Kreasi Masker Untuk Kulit Berjerawat dari Bahan Alami

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat daun sirih muda yang bisa anda gunakan sebagai salah satu obat herbal yang paling aman. Daun sirih ini bisa untuk mengobati penyakit asam urat, persendian, hepatits, diare, diabetes dan juga mencegah serangan jantung. Semua manfaat ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi daun sirih merah secara rutin, sehingga tubuh mendapatkan kandungan zat kimia dengan cukup.

Baca juga:

10 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *