Manfaat Ikan Bandeng yang Belum Anda Ketahui

Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan air laut yang sudah sangat akrab sekali dengan lidah kita. Ikan ini sangat mudah sekali dijumpai. Dari mulai supermarket sampai tingkat pasar tradisional.

Ikan bandeng mempunyai tekstur daging yang kenyal dan lembut. kandungan gizi pada ikan bandeng ini juga hampir sama dengan ikan salmon.

Banyak sekali hasil olahan dari ikan bandeng ini, mulai dari digoreng, dibakar, dibuat steak, dibuat otak-otak, presto bahkan ada juga yang dijadikan bakso bandeng.

manfaat ikan bandeng

Selain rasanya yang lezat dan gurih, ikan bandeng ini juga kaya akan manfaat.

Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat ikan bandeng yang sangat penting untuk kesehatan tubuh antara lain:

1. Mencegah penyakit jantung koroner

Ikan bandeng ini sangat cocok untuk mencegah penyakit jantung koroner. Agar terhindar dari jenis penyakit ini, sobat jangan memasak ikan badeng dengan cara digoreng, lebih disarankan agar ikan bandengn dimasak dengan cara dikukus atau direbus.

Ikan bandeng yang direbus menghindari minyak sehingga meminimalkan jumlah kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

2. Menjaga kesehatan otak

Kandungan omega 3 pada ikan bandeng ini membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan otak terlebih pada anak. Asupan gizi dari ikan bandeng yang cukup dapat membantu meningkatkan tahap pertumbuhan dan perkembangan pada anak.

Baca juga: Tips Jitu Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan

3. Mencukupi asupan protein tubuh

manfaat ikan bandengAsupan protein ini sangat penting sekali untuk tahap pertumbuhan. Protein berguna untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot. Asupan protein dalam tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi ikan bandeng.

Dalam 3 ons ikan bandeng mengandung 22,4 gr protein hewani. Kandungan protein ikan bandeng ini tentu dapat menjadi untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh.

4. Mencegah penyakit karena kekurangan gizi mikro

ads by google :

5. Mencegah penyakit kardiovaskular seperti hipertensi

Untuk sobat yang menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi ikan bandeng ini. Untuk lebih baiknya lagi, ikan bandeng ini diolah dengan cara direbus atau dikukus.

6. Sumber vitamin dan mineral

Ikan bandeng merupakan sumber dari vitamin dan mineral terlengkap. Bandeng ini mengandung vitamin A, B kompleks dan vitamin D. Selain mengandung beberapa vitamin tersebut, ikan bandeng juga mengandung sumber mineral seperti kalsium, yodium, zat besi, selenium dan zinc.

7. Mencegah penyakit gondok

Kandungan yodium yang cukup tinggi pada ikan bandeng mampu membantu mencegah timbulnya penyakit gondok.

8. Mencegah anemia

Ikan bandeng juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini mampu mencegah anemia yang mana penyakit ini cukup berbahaya jika dibiarkan.

Baca jga: Pentingnya Zat Besi Bagi Kehamilan dan Janin

9. Menjaga pertumbuhan tulang

Ikan bandeng juga mengadung kalsium yang dapat menaja dan mencerah pengeroposan tulang. Selain itu, kalsium juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi.

10. Sebagai lahan bisnis

Ikan bandeng ini merupakan lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Sobat dapat membudidayakan ikan bandeng ini pada tambak. Untuk sobat yang mempunyai rumah didaerah pesisir, sobat dapat membudidayakan ikan ini didaerah sekitar rumah.

Semoga pembahasan diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan sobat tentang berbagai manfaat ikan bandeng.

Baca juga:

  1. Manfaat Tersembunyi Ikan Gindara Bagi Diet dan Kesehatan
  2. Manfaat Ikan Patin Yang Belum Kamu Ketahui
  3. Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

Selamat membaca.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *