15 Rahasia Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan

Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang kaya sekali kandungan gizinya. Ikan ini hampir mirip denggan ikan mujair, bahkan saya sendiri sangat kesulitan sekali untuk membedakannya. Tidak hanya betuknya saja, rasa ikan nila ini juga hampir mirip dengan ikan mujair. Manfaat ikan nila ini juga tidak kalah dengan ikan ikan yang lain.

Ikan nila ini banyak ditemui diperairan air tawar seperti sungai dan berarus deras. Namun sekarang ikan nila sudah cukup banyak ditemui di pasar ataupun swalayan. Budidaya ikan nila pun tergolong mudah, sehingga tidak sulit untuk mencari jenis ikan yang satu ini.

manfaat ikan nila

Ikan nila ini juga dapat dijadikan berbagai jenis masakan yang rasanya sangat lezat. Mulai hanya sekedar digoreng, dikukus atau dibakar. DIberbagai rumah makan juga sudah banyak yang menyediakan menu ika nila ini. Jadi untuk sobat yang tidak sempat memasak namun ngin mencicipi ikan ini, sobat bisa datang ke tempat tempat makan yang tersebar di daerah sobat.

Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan

Beberapa daftar manfaat ikan nila dan juga kandungan gizi pada ikan nila ini sangat beragam, diantaranya:

1. Mempunyai kandungan protein
Sudah tidak diragukan lagi, bahwa semua jenis ikan mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Walaupun tidak sebanyak kandungan protein pada ikan laut, kprotein pada ikan nila ini mampu mencukupi kebutuhan protein tubuh per harinya.

Protein itu sendiri mempunyai peranan penting dalam tubuh, seperti:

  • Meningkatkan massa otot
  • Menjaga ketahanan tubuh
  • Meningkatkan kesehatan otot
  • Menjaga daya tahan dan stamina tubuh

2. Mencerdaskan otak

Kandungan omega 3 pada ikan nila ini juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan sel sel otak, sehingga membantu tingkat perkembangan kecerdasan anak. Selain omega 3, ikan nila juga mengandung kalium. Yang mana kalium ini berperan penting dalam meningkatkan sirkulasi oksigenasi pada otak.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Ikan nila juga mengandung fosfor yang membantu menjaga kesehatan tulang. Kebutuhan fosfor yang tercukupi akan meminimalkan resiko terjadinya osteoporosis.

4. Menjaga kesehatan gigi

Selain menjaga dan menguatkan tulang, fosfor juga membantu menjaga kekuatan dan kesehatan gigi. Fosfor menguatkan dan mencegah agar gigi tidak rapuh dan berlubang.

5. Meningkatkan kecerdasan kognitif

Walaupun tidak setinggi jenis ikan yang lain, namun kalium yang terkandung dalam ikan tuna ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

6. Mengandung vitamin B3

Dalam ikan nila ini juga mengandung vitamin B3 yang sangat penting untuk tubuh. Manfaat vitamin B3 itu sendiri antara lain:

  • Menguraikan energi pada makanan
  • Mencegah kram dan kejang pada otot
  • Mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan
  • Meningkatkan daya tahan dan ketahanan tubuh terhadap penyakit

7. Mengandung vitamin B12 atau B komplek

Manfaat dari vitamin B kompleks ini antara lain:

  • Membantu dalam proses pemecahan sel tubuh
  • Membantu proses pembentukan sel sel dara merah
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mencegah terjadinya anemia

8. Mengandung vitamin B5

manfaat ikan nila

Vitamin B5 ini memmpunyai manfaat yang hampir sama seperti halnya vitamin B3, yaitu:

  • Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah kram dan kejang otot
  • Meminimalkan reaksi emosi dan stress
  • Melancarkan proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak
  • Mencegah dan mengatasi insomnia
ads by google :

9. Sebagai antioksidan

Jangan kaget, kalau ternyata ikan nila ini juga mempunyai kandungan antioksidan seperti halnya sayur dan buah. Walaupun tidak sebesar kandungan antioksidan sayur sayuran dan buah buahan, namun kandungan ikan nila ini sudah cukup untuk menangkal radikal bebas.

10. Mencegah penuaan dini

Dengan mengkonsumsi ikan nila secara rutin, akan mencukupi asupan selenium yang mana berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Selainitu selenium dan kandungan antioksidan pada nila juga bermanfaat untuk menjaga kerusakan sel dari radikal bebas.

Baca juga: Cara Alami dan Cepat Merawat Wajah Agar Awet Muda

11. Menjaga kesehatan jantung

Asam lemak omega 3 iki akan membantu menurunkan resiko serangan jantung, ateroslerosis bahkan stroke. Selain itu kalium yang terkandung dalamikan nila juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kalium ini berfungsi untuk menstabilkan tekanandarah.

12. Mengurangi resiko BPH atau kanker prostat

Selenium yang terkandung dalam ikan nila ini juga bermanfaat sekali untuk mencegah serta mengurangi resiko terkena kanker prostat. Selenium berfungsi untuk mencegah radikal bebas tersebar pada tubuh.

Radikal bebas yang tidak tersebar pada tubuh akan meminimalkan terjadinya stress oksidatif pada semua sistem organ dan juga mencegah mutasi sel menjadi sel kanker.

13. Cocok untuk progam diet

Ikan nila ini rendah kalori dan juga rendah lemak, sehingga sangat cocok untuk sobat yang sedang menjalani progam diet.

14. Rendah kolesterol

Ikan nila juga rendah lemak yang mana akan meminimalkan tingkat lemak jahat atau kolesterol pada tubuh.

15. Sebagai lahan bisnis

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah sekali dikembang biakan. Selain itu harganya juga relatif cukup murah sehingga banyak orang yang mencari ikan ini untuk dijadikan lauk.

Cukup banyak juga kan manfaat ikan nila ini. Bagaimana, masih berfikir ulang untuk menyajikan ikan yang satu ini diatas meja makan kita?

Baca juga:

Manfaat Ikan Bandeng yang Belum Anda Ketahui

11 Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare ya

 

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *