Manfaat Ikan Patin Yang Belum Kamu Ketahui

Ikan patin, merupakan jenis ikan yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuhkita. Terlebih untuk ibu hamil, bayi maupun anak – anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Saking besarnya manfaat dari ikan patin ini, tidak heran jika cukup banyak masyarakat yang mulai membudidayakan ikan patin ini.

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang masih saudaraan sama ikan lele. Rasa dari ikan ptin ini juga tidak kalah lezat sama ikan lele. Kandungan gizinya yang cukup tinggi membuat ikan patin wajib masuk dalam daftar lauk yang ada di meja.

manfaat ikan patin

Seperti apakah manfaat ikan patin ini, akan kita kupas secara tuntas dalam ulasan dibawah ini.

Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan

Tingginya zat gizi yang terkandung dalam ikan patin ini sangat baik sekali untuk kesehatan. Bahkan ikan patin ini dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi pada ibu hamil maupun bayi.

Berikut adalah manfaat dari ikan patin serta kandungan gizi yang terkandung dalam ikan patin.

Mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi

Ikan patin ini bisa dijadikan alternatif dalam memenuhi kebutuhan protein tubuh. Pasalnya, protein yang terkandung dalam ikan patin cukup tinggi yaitu sekitar 159 gr.

Kandungan kalsium dan fosfor pada tulang

Eit jangan salah, bukan hanya dagingnya yang dapat kita konsumsi tapi tulang dari ikan patin ini juga bisa kita konsumsi. Tulang tulang ini dapat kita manfaatkan sebagai kaldu yang rasanya tentu sangat lezat dan gurih.

Tulang dari ikan patin mempunyai kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat sekali dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi pada anak anak. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Manfaat Penting Ikan Patin

1. Mencegah penyakit kardiovaskular atau jantung
Kandungan lemak tak jenuh pada ikan patin cukup tinggi. Hal ini akan membantu mengontrol kolesterol yang ada pada tubuh. Sehingga akan membuat jantung menjadi sehat karena lemak jahat akan berkurang.

2. Meningkatkan pertumbuhan bayi

ads by google :

Manfaat ikan patin untuk ibu hamil dan bayi ini cukup besar. Dalam ikan patin selain terkandung protein dan juga kalsium. juga terdapat kandungan omega 3 dan juga DH A yang tidak kalah tinggi. Kedua kandungan ini sangat baik sekali untuk ibu hamil maupun bayi. Tidak diragukan lagi bukan, bahwa omega 3 dan DH a sangat pentng untuk membantu meningkatkan kecerdasan bayi.

Baca juga: Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

3. Menjaga kesehatan tulang

manfaat ikan patinSudah sangaat jelas sekali, kandungan kalsium yang tinggi dalam ikan patin mampu menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi ikan patin yang cukup, tulang kita akan terjaga kesehatan dan kekuatannya. Tidak harus dengan minum susu yang mahal kok untuk menjaga kesehatan tulang. Ikan patin inilah slah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh.

Selain utnuk menjaga kekuatan tulang. Kalsium ini juga sangat dibutuhkan anak anak dalam proses pertumbuhan.

4. Menjaga dan meningkatkan kekuatan otot

Sudah tahu bukan kalau ikan patin ini mengandung tinggi protein. Iya tepat sekali, protein sebagai salah satu zat pembangun  akan mampu menjaga dan meningkatkan kekuatan otot kita.

5. Sebagai lahan untuk berbisnis

Untuk sobat yang sudah bosan jadi pegai, bisnis ikan patin ini patut sobat coba. Hasilnya yang lumayan dan juga pembudidayaan yang cukup mudah, membuat ikan patin ini banyak dilirik untuk dijadikan lahan bisnis.

Bagaimana? masih ragu untuk mengkonsumsi ikan patin. mengingat sangat besar sekali manfaatikan patin, sobat tidak perlu berfikir ulang untuk menjadikan ikan patin ini sebagai menu lauk utnuk keluarga sobat.

Baca juga:

Manfaat Dahsyat Kiwi Bagi Ibu Hamil dan Bayi

Manfaat Penting Buah Pir Untuk Ibu Hamil dan Janin

Semoga ulasan diatas bermanfaat, jangan lupa di share ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *