11 Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan

Suka makan ikan tongkol? Tepat sekali jika sobat menyukai ikan ini. Tidak hanya bagi kesehatan, ikan tongkol ini mempunyai manfaat yang luar biasa terlebih untuk ibu hamil.

Manfaat ikan tongkol ini tidak lepas dari kandungan gizi yang terkandung dalam dagingnya. Tidak hanya kandungan protein yang tinggi, kandungan omega 3 pada ikan tongkol ini juga sangat tinggi.

Ikan tongkol tentu sudah sangat akrab sekali dengan telinga kita. Ikan tongkol ini merupakan salah satu jenis dari ikan laut. Ikan tongkol ini bisanya juga disebut ikan tuna atau ikan cakalang.

Ikan tongkol ini merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak diekspor dan juga dikonsumsi sendiri untuk kebutuhan makan setiap hari. Walaupun ikan ini cukup diminati, namun pembudidayaan ikan tongkol ini masih cukup jarang dilakukan.

manfaat ikan tongkol

Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan

Mempunyai penampilan dan juga rasa yang hampir sama, ternyata ikan tongkol ini juga mempunyai manfaat yang tidak kalah penting dari saudaranya ikan gindara.

Baca: Manfaat Tersembunyi Ikan Gindara Bagi Diet dan Kesehatan

Manfaat ikan tongkol ini ternyata cukup besar, seperti apa manfaatnya? Berikut ulasannya:

1. Menjaga kesehatan mata

John Hopkins School of Medicine pernah mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa kandugan omega 3 pada ikan tongkol ini mampu mengurangi resiko penyakit AMD ( Age Macular Disease) yang merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan.

2. Mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi

Kandungan protein dalam ikan tongkol ini sangat bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan perkembangan masaa dan kekuatan otot. Selain itu protein ini juga memberikan energi tambahan pada tubuh.

3. Mencegah kulit kusam

Kulit merupakan hal yang paling dijaga oleh semua orang. Mempunyai kulit yang kusam tentu sangat mengganggu. Untuk mencegah kulit kusam ini, sobat dapat juga mengatasinya dengan rajin mengkonsumsi ikan tongkol.

Caranya:
Filet atau sayat kulit ikan, khususnya pada daerah sekitar sirip punggung sampai ekor
Rebus sayatan kulit ikan tongkol tadi dengan batang serai yang sudah dimemarkan.
Tambahkan garam secukupnya
Setelah matang, angkat dan sobat dapat makan ikan tadi beserta dengan kuahnya.

4. Mencegah anemia

manfaat ikan tongkolIkan tongkol ini juga mengandung zat besi yang sangat baik untuk menjaga kekurangan sel darah merah atau anemia. Dengan rutin mengkonsumsi ikan tongkol, dapat menurunkan resiko terjadinya anemia.

Namun, untuk sobat yang ingin mendapatkan manfaat maksimal dari ikan tongkol ini, sebaiknya memasak ikan tongkol dengan cara direbus atau dikukus. minimalkan menggoreng ikan, sobat dapat memasak ikan dengan dijadikan sup atau pepes.

5. Mencegah obesitas
Dalam ikan tongkol terdapat kandungan EPA. Yang mana kandungan ini dapat menstimulasi munculnya hormon leptin. Hormon leptin ini membantu menghindari keinginan untuk makan. Dengan menghindari makan yang berlebih, akan membantu menjaga berat badan.

ads by google :

Selain itu, ikan tongkol ini juga dapat mengikat lemak. Hal ini sangat baik sekali untuk sobat yang sedang dalam progam diet.

6. Menjaga kesehatan pada saluran pencernaan

Kandungan omega 3 pada ikan tongkol dapat mengurangi resiko pada organ disaluran pencernaan . Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan, ikan tongkol juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker pada ovarium.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan omega 3 padaa ikan tongkol juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Omega 3 ini bermanfaat untuk menjaga agar detak jantung selalu teratur.

8. Meningkatkan kecerdasan

Omega 3 pada ikan tongkol juga mempunyai manfaat lain yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Kandungan ini sangat baik untuk bayi yang masih dalam tahap pertumbuhan ataupun bayi yang masih dalam kandungan.

9. Mengatasi rematik atau linu pada tulang

Manfaat ikan tongkol berikutnya adalah untuk mencegah dan juga mengatasi rematik atau linu pada persendian. Dengan rajin mengkonsumsi ikan tongkol 2-3 kali dalam satu minggu dapat membantu mengatasi gejala rematik ringan. Untuk rematik yang cukup berat, sobat dapat mengkonsumsi ikan tongkol setiap hari.

10. Mencegah kolesterol

Kandungan asam lemak tak jenuh pada ikan tongkol membantu menjaga kestabilan kadar kolesterol pada tubuh.

11. Detoksifikasi hati

Seperti ikan bandeng, ikan tongkol ini juga mengandung selenium. Yang mana selenium ini bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun pada tubuh oleh hati.

Baca juga: Manfaat Ikan Bandeng yang Belum Anda Ketahui

Cukup banyak juga kan manfaat ikan tongkol untuk kesehatan kita. Tidak hanya untuk kita saja, tapi juga untuk ibu hamil dan juga janinnya. Setelah mengetahui seberapa besar manfaat ikan tongkol ini, masih ragu untuk mengkonsumsi ikan tongkol?

Baca juga:

Manfaat Ikan Patin Yang Belum Kamu Ketahui

Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

Selamat membaca, semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


One Komentar Pada “11 Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *