Manfaat Penting Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat jus buah naga atau buah naga. Sobat tahu buah naga kan? Buah yang dagingnya empuk dan manis ini punya beragam manfaat untuk tubuh kita. Di pasaran memang ada beragam jenis buah naga. Mulai dari yang dagingnya berwarna putih, merah, sampai yang warnanya ungu gelap. Pada dasarnya semuanya sama saja dan sama-sama berkhasiat untuk mencegah beragam penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, kanker, dll.

manfaat jus buah naga untuk ibu hamil

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Buah yang sangat cocok dan lezat untuk di jadikan jus atau bisa juga dimakan langsung ini, ternyata mempunyai manfaat yang cukup besar untuk ibu yang sedang hamil atau mengandung. Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga:

1. Mencegah penyakit kanker
Kanker adalah salah satu penyakit mematikan di dunia yang hingga kini telah merenggut banyak nyawa. Walau cenderung sulit untuk diobati, bila sobat rutin memakan buah naga bisa membantu sobat terhindar dari penyakit kanker. Terutama bagi sobat yang keluarganya memiliki riwayat penyakit kanker. Buah yang kaya akan antioksidan ini sangat ampu mengurangi berbagai risiko yang ditimbulkan oleh kanker.

2. Membantu diet dan menurunkan berat badan
Bila sobat saat ini sedang dalam usaha diet atau menurunkan bobot tubuh, ada baiknya untuk mulai mengkonsumsi buah naga. Cara paling mujarab menurunkan berat badan adalah dengan mencukupi asupan serat rendah kalori yang tak akan membuat sobat bertambah gendut, tetapi justru membuat pencernaan lancar. Nah, buah naga bisa jadi solusinya. Hal ini karena banyaknya serat yang terkandung dalam buah naga, sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan kita.

3. Menjaga kekebalan tubuh
Seperti yang sobat ketahui, buah naga memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat menjaga imunitas atau kekebalan tubuh supaya sobat terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Menjaga kesehatan tulang
Bosan meminum susu untuk mencukupi kebutuhan kalsium? Nah, sobat dapat menggantinya dengan buah naga. Menurut FAO, buah naga juga mengandung banyak kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk pembentukan tulang. Hal ini bisa menghindarkan sobat dari risiko terkena osteoporosis atau penyakit tulang yang lain.

ads by google :

5. Menjaga kesehatan mata
Buah naga pun mengandung banyak betakaroten yang sangat baik untuk mata. Sobat bisa mengkombinasikan buah naga dengan wortel agar tidak bosan. Buah naga dan wortel bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau salad yang manfaatnya begitu besar untuk kesehatan mata.

6. Menambah nafsu makan
Bila anak sobat di rumah susah untuk makan, atau sobat kebetulan sedang tidak berselera untuk makan, sobat bisa mencoba memakan buah naga yang segar. Sebab buah ajaib satu ini banyak terkandung vitamin B2 dan B1 yang bisa meningkatkan nafsu makan, terutama untuk anak-anak.

7. Mencegah penuaan dini (anti aging)
Yang paling menarik dari buah naga adalah, ia tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga sangat berkhasiat bagi kecantikan. Bila sobat ingin tetap awet muda secara alami, makanlah buah naga secara teratur. Kandungan banyak nutrisi dalam buah naga diyakini dapat membersihkan kulit dari dalam, mengencangkan kulit, dan juga mencegah jerawat.

Baca juga: Cara Terbaik Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

8. Mendeteksi kandungan boraks dan formalin dalam makanan
Pemakaian boraks dan formalin pada makanan sempat meresahkan masyarakat di Indonesia. Pasalnya zat yang sangat berbahaya ini digunakan sebagai pengawet makanan yang apabila dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menyebabkan banyak penyakit hingga kematian. Buah naga bisa digunakan untuk memeriksa kandungan formalin pada makanan, misalnya saja tahu. Pakailah ekstrak buah naga dan air untuk merendam tahu yang sobat curigai terkandung formalin di dalamnya. Usai dibiarkan selama 15 menit, masukkan tisu ke dalam rendaman tahu tersebut, maka warna tisu akan jadi merah.

9. Berguna bagi ibu hamil
Buah naga sangat bermanfaat untuk sobat yang sedang hamil. Pasalnya, buah naga mengandung banyak asam folat, karoten, vitamin, serat, dan berbagai nutrisi lain yang diperlukan bagi perkembangan dan kesehatan janin dalam kandungan.

Baca juga: 10 Manfaat Penting Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Cukup banyak bukan manfaat jus buah naga ? Jus buah ataupun dimakan langsung mempunyai khasiat yang sama. Kandungan buah naga yang cukup penting dan sangat banyak sangat cocok untuk sobaty konsumsi setiap hari. Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *