Manfaat Dahsyat Kiwi Bagi Ibu Hamil dan Janin

Wanita yang sedang hamil memang penuh pantangan dalam mengkonsumsi makanan tertentu. Selain pantangan, tentunya tetap ada bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi bahkan sangat dianjurkan sebab bisa membawa dampak positif bagi kesehatannya dan juga kesehatan sang buah hati.

manfaat buah kiwi bagi ibu hamilDi antara sekian banyak makanan di luar sana, buah kiwi merupakan salah satu yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Manfaat kiwi bagi ibu hamil ternyata sangatlah besar.

Mengapa demikian? Meskipun rasanya asam, buah kiwi menyegarkan dan tergolong enak untuk dimakan. Bahkan kiwi mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh wanita hamil dan juga janin di dalam kandungannya.

Manfaat Penting Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat buah kiwi? Berikut ini ulasannya:

1. Menjaga kesehatan syaraf janin

Buah kiwi merupakan makanan bergizi yang layak dikonsumsi ibu hamil karena di dalamnya banyak mengandung asam folat. Asam folat adalah kelompok vitamin B. Jika sobat mengkonsumsi buah kiwi saat hamil bisa mengurangi risiko bayi mengalami cacat syaraf saat lahir. Ibu hamil setidaknya harus memenuhi asupan asam folat sebanyak 400 mcg per hari. Dalam 100 gram buah kiwi mengandung 25 mcg asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

2. Membuat berat badan tetap ideal

Siapa sih yang tidak ingin kembali langsing setelah melahirkan? Tentu saja tiap wanita di dunia ini mendambakan tubuh kembali ideal ketika selesai melalui proses persalinan.

Jika sobat tak ingin mengalami obesitas karena kebanyakan makan saat hamil, maka sobat dapat mencegah obesitas sejak hamil dengan memakan buah kiwi. Buah kiwi mengandung banyak serat yang bisa melancarkan pencernaan dan juga mencegah perut sobat mengalami kembung ketika hamil.

3. Mencegah katarak

Buah kiwi mengandung zat lutein yang bisa mencegah ibu hamil terserang penyakit katarak. Ibu hamil umumnya sangat rentan mengalami permasalahan pada mata ketika sedang mengandung. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, penuhilah kebutuhan gizi sobat dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti kiwi ketika sedang hamil.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

ads by google :

4. Menjaga daya tahan tubuh ibu hamil

Para wanita yang sedang hamil wajib untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit yang berakibat buruk bagi sang buah hati. Oleh sebab itu sobat membutuhkan banyak asupan antioksidan.

Antioksidan berfungsi untuk melawan segala dampak buruk dari radikal bebas dan meningkatkan imunitas dalam tubuh. Salah satu makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti vitamin A, E, C, zinc, selenium, dan sebagainya adalah buah kiwi. Konsumsilah buah kiwi secara teratur agar sobat bisa merasa terus sehat selama hamil.

5. Mengatasi sembelit

manfaat buah kiwi bagi ibu hamil

Sembelit atau susah buang air besar sangat umum terjadi pada mereka yang sedang hamil. Mengapa demikian? Wanita hamil mengalami perubahan hormon yang membuat saluran pencernaannya bekerja lebih lambat dari biasanya. Terbatasnya gerak tubuh, kurang minum air putih, dan kurang mengkonsumsi buah maupun sayuran juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Supaya para ibu hamil tak mengalami keluhan susah buang air besar, konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat, setidaknya 25-30 gram tiap harinya. Buah kiwi bisa jadi salah satu pilihan untuk menambah asupan serat harian sobat loh!

6. Mencegah stroke

Berdasarkan penelitian Centers for Disease Control and Prevention (CDC), stroke pada ibu hamil terus meningkat dari tahun ke tahunnya. Stroke sangat rentang menyerang wanita hamil yang menderita obesitas, tekanan darah tinggi, dan juga sakit jantung. Bila sobat rutin memakan buah kiwi, maka bisa membantu melancarkan peredaran darah karena kiwi mengandung banyak antioksidan alami seperti polifenol.

Baca juga:

Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

Manfaat Penting Buah Pir Untuk Ibu Hamil dan Janin

Semoga sedikit artikel diatas dapat menambah pengetahuan bunda dalam memenuhi nutrisi untuk janin.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet