Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat kulit buah naga bagi kecantikan dan kesehatan tubuh kita ternyata cukup besar. Buah naga memiliki kulit yang khas dan warnanya cenderung kemerahan. Tekstur kulit buah naga ini memang agak tebal walaupun tidak terlalu keras. Ada beberapa jenis buah naga yang sudah kita kenal secara umum, diantaranya naga yang dagingnya berwarna putih, agak kemerahan dan juga buah naga yang berwarna ungu.

Nah, ternyata bukan cuma daging buahnya saja yang bermanfaat dan juga lezat untuk dimakan. Dibalik rasa daging buahnya yang sangat lezat dan sedap, bagian kulit buah naga pun bisa sobat gunakan untuk menjaga kesehatan maupun kecantikan.

Cara Mengolah dan Manfaat Kulit Buah Naga

Seperti yang diketahui, kandungan vitamin, mineral dan serat pada buah naga cukup banyak. Hal ini membuat buah naga menjadi salah satu jenis buah yang cukup[ diminati dikalangan masyarakat. Beberapa manfaat dari buah naga ini bisa sobat baca selengkapnya di Manfaat Penting Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Secara lengkap tentang manfaat kulit buah naga akan kita bahas tuntas disini. Berikut ini manfaat dari kulit buah naga:

1. Melembapkan kulit
Bila sobat tergolong orang yang kerap menghabiskan banyak waktu untuk kegiatan outdoor dan kulitnya sering terpapar sinar matahari, maka sobat bisa mencoba minum teh herbal yang berasal dari ekstrak kulit buah naga. Kulit buah naga ampuh menjaga kelembapan kulit. Sobat bisa membuat sendiri teh dari kulit buah naga asalkan mau untuk sedikit repot. Sobat tinggal menjemur kulit buah naga di bawah terik matahari selama 1 atau 2 hari. Kulit buah naga yang telah kering kemudian dipotong menjadi kecil dan bisa diseduh untuk dijadikan teh.

2. Mencegah pertumbuhan tumor
Bukan cuma buahnya saja yang bermanfaat, kulit buah naga ternyata juga sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan tumor. Tumor mungkin tak terlalu berbahaya dibandingkan kanker. Namun kemunculannya bisa mengganggu dan bila dibiarkan dapat berisiko munculnya penyakit kanker yang mengancam nyawa penderitanya. Oleh karena itu, konsumsilah teh herbal yang terbuat dari kulit buah naga. Tak ada salahnya untuk mencoba kan?

3. Melenturkan pembuluh darah
Pembuluh darah wajib dijaga kelenturannya agar tak terjadi peristiwa seperti pembuluh darah yang pecah dikarenakan tekanan aliran darah dari jantung cukup tinggi. Kulit buah naga mengandung zat yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kelenturan pembuluh darah sobat, Bahkan fungsinya bisa menyaingi obat-obatan kimia.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker ganas
Manfaat paling terkenal dari buah naga adalah diyakini dapat menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Seperti yang sobat ketahui, hingga kini penyakit kanker dianggap sebagai salah satu penyakit mematikan di dunia. Walaupun penyakit kanker bisa disembuhkan dengan kemoterapi atau obat-obatan kimia yang lain, tak ada salahnya untuk mencegah pertumbuhannya dengan rutin meminum teh yang berasal dari kulit buah naga. Kulit buah naga bisa menekan tumbuhnya sel kanker. Tetapi agar lebih aman, sobat bisa mengonsultasikannya dengan dokter sebelum meminum teh herbal dari kulit buah naga.

Cara untuk membuat teh dari kulit buah naga cukup mudah kok. Bila sobat sudah memakan buahnya, maka bagian kulit jangan dibuang ya! Jemur kulit buah naga yang telah dipotong-potong tersebut di bawah terik matahari selama 1-2 hari sampai mengering dengan sendirinya. Bila kulit buah naga itu telah benar-benar kering, sobat bisa menyeduhnya dengan air mendidih layaknya membuat teh tubruk. Minumlah teh kulit buah naga kering itu sebanyak 2 kali sehari, pagi dan malam hari.

5. Pendeteksi formalin dan boraks dalam makanan
Penggunaan pengawet berbahaya ke dalam makanan seperti formalin dan boraks tentu sangat meresahkan bagi sobat. Pasalnya kedua zat pengawet tersebut memang bukan diperuntukkan bagi makanan. Bila sobat was-was dengan adanya kandungan boraks atau formalin dalam makanan yang akan sobat olah, sobat bisa mencoba salah satu cara yang sederhana ini dengan menggunakan kulit buah naga.

Bila sobat habis memakan buah naga, sisihkan kulitnya lalu potong-potong ke dalam beberapa bagian. Rendamlah potongan kulit buah naga itu ke dalam air bersih yang telah dicampurkan dengan air perasan jeruk nipis sampai air tersebut warnanya jadi kemerahan. Celupkan tisu ke dalam air rendaman kulit buah naga itu hingga warnanya berubah jadi merah. Tempelkan tisu ke makanan yang hendak sobat uji kandungan di dalamnya. Diamkan tisu itu menempel di makanan paling tidak 10 menit. Perhatikan apa yang terjadi. Bila tisu yang menempel warnanya kembali putih, maka makanan yang akan sobat konsumsi itu aman. Tetapi bila tisunya tetap berwarna merah, maka kemungkinan makanan itu mengandung zat yang berbahaya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *