Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

Manfaat pepaya untuk ibu hamil masih menjadi perbincangan yang cukup hangat. Mengingat kandungan vitamin dan kandungan dari getah pepaya itu sendiri. Buah pepaya memang memiliki kandungan vitamin A, B, kalium, dan betakaroten yang sangat berguna untuk tubuh. Dari tanaman pepaya, bukan cuma buahnya yang lezat saja yang bisa dimanfaatkan. Pohon pepaya saja dapat dijadikan tali, biji pepaya dapat menjadi pengganti lada hitam, daun pepaya dapat diolah menjadi masakan atau teh.

Tetapi selama ini satu hal yang memicu perdebatan adalah apakah buah pepaya aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Sebab selama ini banyak penduduk dari negara Indonesia, Sri Lanka, Bangladesh, Pakistan, dan India yang meyakini bila buah pepaya dapat menyebabkan keguguran. Benarkah?

manfaat pepaya untuk ibu hamil

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Pepaya

Sebenarnya memakan buah pepaya adalah aman, asalkan buah pepaya yang dimakan oleh ibu hamil ini hanya yang sudah benar-benar matang alias masak. Bila seorang ibu hamil kerap mengalami mulas atau sembelit (sulit buang air besar), maka mengkonsumsi buah pepaya bisa sangat membantu untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi rasa begah. Asal perhatikan juga jumlah buah pepaya yang Bunda makan ya! Konsumsilah buah kaya serat ini dalam jumlah yang wajar.

Namun harap diperhatikan, jangan pernah memakan buah pepaya mengkal atau yang masih setengah matang. Buah pepaya setengah matang memang sangat enak dinikmati dalam rujak buah. Tetapi hal itu sangat berisiko apabila dilakukan oleh mereka yang sedang mengandung. Mengapa?

Berikut ini alasan mengapa buah pepaya muda bisa sangat berbahaya untuk kandungan.

1. Pepaya mentah membahayakan kandungan

manfaat pepaya untuk ibu hamilPepaya yang masih mentah mengandung pepsins yang ada pada getahnya. Pepsin tersebut bisa menimbulkan kontraksi dan bahkan bisa membuat Bunda berisiko mengalami keguguran kandungan. Oleh karena itu buah pepaya mentah dilarang dimakan oleh ibu hamil, apalagi yang sudah masuk usia kandungan trimester ketiga. Buah pepaya yang telah matang akan menyehatkan dan bisa membantu perkembangan janin dalam kandungan. Asalkan Bunda tak mengkonsumsinya secara berlebihan. Bila Bunda masih khawatir soal pepaya yang hendak dimakan, lebih baik hindari saja ya untuk memakan pepaya.

2. Prostaglandin

Getah putih yang pekat pada buah pepaya mentah sangat lengket bila kena udara. Papain merupakan pensin kuat pada getah pepaya yang dipercaya membantu sistem pencernaan. Walau demikian, papain yang terkandung pada buah pepaya mentah bisa meniru prostaglandin. Bukan cuma mengakibatkan kontraksi, papain dari pepaya muda bisa melemahkan membran penting dalam perut ibu hamil yang bisa membahayakan kondisi janin di dalamnya.

3. Pepaya mengandung lateks

ads by google :

Getah atau lateks dalam pepaya bagi orang-orang tertentu bisa menimbulkan reaksi alergi. Reaksi alergi pada wanita hamil ini bisa lebih bahaya. Bahkan seorang wanita hamil bisa saja alergi pada makanan lain yang juga mengandung getah selain pepaya. Misalnya saja pisang, apel, dan sebagainya.

4. Daun buah pepaya

Bila Bunda mengalami morning sickness seperti mual atau sakit perut, lebih baik hindari minum air daun buah pepaya maupun menyantap daun buah pepaya. Daun buah pepaya mungkin sangat lezat bila dijadikan tumisan atau sayur untuk lalapan. Tetapi bila Bunda sedang hamil, sebaiknya hindari makan daun buah pepaya. Sebab daun pepaya bisa membuat ari-ari bayi dalam kandungan menjadi rapuh.

Buah pepaya setengah matang memang berguna untuk meningkatkan kadar air susu ibu (ASI) bagi ibu yang ingin menyusui. Tapi jangan salah ya Bunda. Bila ingin memperbanyak ASI, bukan berarti Bunda sembarangan makan pepaya mentah saat sedang hamil. Bunda hanya dianjurkan memakannya setelah melahirkan.

Bicara tentang manfaat dan bahaya buah pepaya bagi ibu hamil, ternyata buah pepaya ini dapat digunakan sebagai penghilang bulu rambut yang ada di ketiak ataupun tubuh secara alami. Seperti apa caranya, baca selengkapnya di Cara Efektif Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan bulu, buah pepaya ini juga mempunyai manfaat lain yang cukup banyak diantaranya Cara Cepat dan Mudah Memutihkan Ketiak Secara Alami

Demikian penjelasan kami tentang larangan dan juga manfaat mengkonsumsi buah pepaya bagi ibu hamil. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Bunda sekalian.

Baca juga:

10 Manfaat Penting Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Manfaat Penting Buah Pir Untuk Ibu Hamil dan Janin

Semoga sedikit ulasan tentang buah pepaya diatas cukup bermanfaat bagi bunda.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet