16 Daftar Manfaat Penting Sayur Bayam

Pernah makan bayam? Tahu apa saja yang terkandung didalam sayur bayam ini atau tahu alasan kenapa bayam tidak boleh dipanaskan?

Sayur bayam merupakan jenis sayur yang sangat mudah sekali kita temui. Tidak hanya di pasar ataupun di supermarket, bayam ini sangat banyak dijumpai di pekarangan rumah. Walaupun tergolong sayuran murah meriah, namun bayam ini juga mengandung manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Manfaat sayur bayam yang sangat besar ini tak lain dan tak bukan karena kandungan gizinya yang sangat lengkap. Bayam ini cukup dikenal dengan kandungan zat besinya yang sangat tinggi, tidak hanya zat besi, bayam juga mengandung vitamin A, K, mangan, magnesium, serat, protein, kalsium, folat dan masih banyak yang lain. Selain kandungan nutrisi tadi, sayur bayam ini juga mengandung kalori yang cukup rendah.

manfaat sayur bayam

Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat bayam yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mata kita. Sebagaimana kita tahu, bayam ini mengandung cukup banyak vitamin A. Vitamin A itu sendiri merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

2. Membantu mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat diringankan dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam ini. Mineral yang terkandung dalam bayam membantu menurunkan resiko hipertensi. Selain itu, folat pada bayam juga membantu melenturkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar yan kemudian bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Menjaga kesehatan tulang dan persendian

Kandungan kalsium dan juga zat besi pada bayam sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang. Jika asupan kalsium terpenuhi, tubuh tidak akan mengambil cadangan kalsium dari tulang sehingga osteoporosis dapat dicegah.

4. Manfaat bayam untuk ibu hamil

Bayam ini juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Yang mana kandungan folat itu sendiri sangat penting dalam tahab pertumbuhan dan perkembangan kandungan. Selain itu, zat besi dalam bayam juga sangat penting untuk encegah anemia saat hamil atau biasa dikenal dengan anemia pernisiosa.

Baca juga:

Bahaya dan Cara Mengatasi Anemia Pernisiosa

10 Daftar Sayuran Untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

5. Bermanfaat untuk janin

Asam folat yang terkandung pada bayam juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat, vitamin A, K dan magnesium pada bayam sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pada jantung seperti sumbatan pada pembuluh darah jantung atau aterosclerosis.

7. Mencegah sembelit

Sama halnya sayuran lain, bayam juga mempunyai kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan sehingga mampu mencegah sembelit.

8. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kandungan serat yang membuat pencernaan lancar ini juga sangat bermanfaat untuk sistem organ pencernaan itu sendiri. Karena proses pencernaan lancar organ organ dalam sistem pencernaan juga tidak mengalami masalah sehingga terjaga tetap sehat.

ads by google :

9. Mencegah terjadinya kanker

Flavanoid yang terkandung dalam sayur bayam bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel sel yang abnormal yang akan menjadi sel kanker.

10. Menjaga daya ingat dan kesehatan otak

Dengan mengkonsumsi bayam secara rutin, akan membantu meningkatkan regenerasi sel sel otak. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan juga membuat daya ingat tidak terganggu.

11. Membantu mencegah terjadinya diabetes

Diabetes atau kencing manis akhir akhir ini banyak sekali dijumpai. Dengan rutin mengkonsumsi bayam,magnesium yang terkandung dalam sayuran ini akan membantu menyetabilkan gula darah.

12. Mencegah penuaan dini

Vitamin dan juga antioksidan yang terkandung pada bayam sangat bermanfaat untuk regenerasi sel dan menangkal rakidal bebas. Regenerasi sel ini akan menggantikan sel sel yang sudah rusak dengan sel sel batu sehingga penuaan dini dapat dihindari.

13. Meningkatkan efisiensi dan massa otot

manfaat sayur bayam789Pernah nonton film popeye? Film ini dulu pernah booming ditahun milenium 2000an. Popeye ini akan langsung mempunyai otot yang kuat saat memakan bayam.

ya, yang terjadi pada popeye memang benar. Penelitian dari Karolinska Institute di Swedia mengemukakan bahwa dalam 300 gr bayam yang dikonsumsi seseorang, dapat mengurangi jumlah oksigen yang diperlukan untuk kekuatan otot saat latihan sekitar 5%.

14. Mencegah peradangan atau infeksi

Bayam mempunyai kandungan anti inflamasi atau antiperadangan yaitu neoxanthin dan violaxanthin. Selain itu, bayam mempunyai kandungan alkali yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis peradangan. Contohnya rheumatoid arthritis atau peradangan pada sendi.

15. Sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan

Konsumsi bayam secara rutin ini sangat bermanfaat sekali untuk anak anak dan para remaja yang masih dalam proses pertumbuhan. Bayam mengandung zat besi, kalium dan kalsium yang sangat berguna dalam proses pertumbuhan tulang.

16. Bermanfaat untuk kecantikan kulit

Kandungan vitamin A pada bayam sangat bermanfaat ntuk menjaga kesehatan kulit.

Besar juga bukan manfaat sayur bayam ini? Masih berpikir dua kali untuk mengkonsumsi sayur bayam.

Semoga ulasa diatas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang seberapa pentingnya sayur bayam ini.

Baca juga:

10 Manfaat Sayur Sawi Bagi Kesehatan

20 Daftar Makanan Pantangan Ibu Hamil

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *