11 Daftar Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan

Sayur genjer yang notabenenya dianggap sebagai gulma atau hama pada sawah ini ternyata mempunyai manfaat yang cukup tinggi. Ternyata manfaat sayur genjer ini sangatlah banyak. Bunda pasti belum tahu manfaat besar dari sayur genjer ini kan?

Genjer dulu dianggap sebagai sayur orang miskin karena hidupnya yang liar dan banyak sekali sehingga dapat diambil secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang. Walaupun genjer dikenal sebagai gulma ternyata kandungan nutrisi genjer ini sangatlah lengkap dan banyak. Karena tingginya kandungan gizi ini membuat sayur genjer wajib untuk bunda hidangkan dalam menu makanan sehari hari.

manfaat sayur genjer7889

Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan

1. Menambah nafsu makan

Sayur genjer ini dapat bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan ini adalah bagian bunga dan daun, terlebih pada bagian bunga genjer.

2. Mencegah terjadinya sembelit

Daun genjer sama seperti sayuran lain, yaitu mengandung tinggi serat. Serat ini yang bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

3. Menjaga kesehatan sel sel tubuh

Protein yang terkandung dalam sayur genjer ini sangat bermanfaat dalam proses pembentukan sel sel tubuh. Sel sel tubuh yang telah rusak akan segera tergantikan dengan sel sel tubuh baru yang diproses karena kecukupan asupan protein.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan juga fosfor yang terkandung dalam sayur genjer ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kebutuhan kalsium dan fosfor yang tercukupi akan membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

manfaat sayur genjer9765

5. Menyimpan energi

Genjer mempunyai kandungan lemak yang sangat baik. Lemak ini berfungsi sebagai cadangan energi pada tubuh.

6. Sebagai ant kuman alami

ads by google :

Kandungan flavonoid yang terdapat pada genjer dapat digunakan sebagai anti kuman atau antibiotik. Flavanoid ini berfungsi sebagai anti mikroba dan juga bermanfaat sebagai anti kanker.

7. Mengurangi resiko penyakit kardiovascular atau jantung

Polifenol yang terdapat pada genjer juga berfungsi sebagai antioksidan yang mana antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas dan membantu menjaga kerusakan sel sel tubuh.

8. Mencegah kanker pada usus besar

Serat tinggi yang terkandung pada genjer bermanfaat untuk menjaga kelancaran dan kesehatan pencernaan. Karena itu, genjer dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya kanker pada usus besar.

9. Mencegah anemia

Manfaat sayur genjer berikutnya adalah dapat membantu mencegah terjadinya anemia. Genjer mempunyai kandungan zat besi, sebagaimana telah kita ketahui bahwa zat besi ini sangat diperlukan dalam proses pempentukan sel darah merah.

10. Membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi

Fosfor dan juga kalsium pada genjer selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan menunjang pertumbuhan gigi.

11. Membantu mempercepat proses penyembuhan luka

Kandungan zat besi dan juga protein sebagai zat pembangun membuat sayur genjer sangat bermanfaat dalam penyembuhan luka.

Bagaimana bunda, banyak juga kan manfaat sayur genjer ini. Walaupun dianggap tanaman pengganggu ternyata genjer ini mempunyai manfaat yang sangat tinggi sekali.

Baca juga:

Kreasi Resep Cara Memasak Sayur Genjer

Kreasi Resep Cara Memasak Sayur Genjer

Semoga ulasan diatas bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *