20 Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kol atau kubis merupakan sayuran kesukaan saya. Saya menyukai kol ini bukan tanpa alasan, pasalnya kol ini mempunyai manfaat yang sangat tinggi baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit.

Berbagai manfaat sayur kol ini tidak lepas dari banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya. Mulai dari kandungan vitamin sampai mineral lain banyak terkandung dalam sayuran kol ini.

manfaat sayur kol11

Kol biasanya dihidangkan dengan cara ditumis, disayur atau juga bisa dimakan dalam keadaan mentah sebagai lalapan. Setiap beli baklso kol juga dijadikan campuran, banyak juga kan yang memanfaatkan kol ini.

Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan

Manfaat sayur kol sangat banyak, kompleks dan beragam. Disini kita akan bahas apa saja manfaat dari sayur kol ini. Berikut ulasannya.

1. Mencegah anemia

Dalam kol terdapat kandungan zat besi, yang mana zat besi ini bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah. Zat besi ini yang membantu mencegah anemia pada tubuh.

2. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C dan vitamin E serta ditambah dengan kandungan antioksidan pada kol bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan kol tersebut membantu menjaga regenerasi dan kesehatan kulit.

3. Menjaga kecantikan kulit dan mencegah jerawat

Selain mengandung vitamin C dan E, dalam kol juga terdapat kandungan sulfur. Sulfur ini membantu melawan jamur serta bakteri yang menyebabkan jerawat.

Untuk menggunakan kol sebagai masker untuk mencegah jerawat, sobat cukup menghaluskan kol kemudian gunakan sebagai masker pada wajah. Diamkan 10 – 15 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.

4. Membantu mengeluarkan racun pada tubuh

Manfaat sayur kol yang lain adalah untuk membantu mengeluarkan racun pada tubuh. Kandungan sulfur serta antioksidan dalam kol membantu mengeluarkan zat sisa racun yang dapat mengganggu kesehatan. Kandungan vitamin C pada kol juga bermanfaat untuk mengganti sel sel tubuh yang rusak.

5. Menjaga kesehatan otak

Kol mempunyai kandungan vitamin k dan juga anthocyanins yang mana kedua zat ini menjaga dan juga meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi otak. Nutrisi yang terkandung pada kol tadi dapat membantu mencegah kerusakan pada serabut saraf sehingga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit alzheimer.

6. Membantu mencegah kanker

Kol mempunyai kandungan senyawa lupeol, sinigrin, dan sulforaphane. Senyawa senyawa tersebut mempunyai manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel ganas penyebab kanker.

7. Menjaga kesehatan mata

Kol ini selain mengandung vitamin A juga kaya akan kandungan beta karotennya. Beta karoten ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan juga mencegah degenerasi makula. Selain itu zat ini juga mampu mencegah pembentukan katarak.

8. Mencegah peradangan

Kol mempunyai kzndungan zat glutamine. Glutamine ini merupakan agen anti inflamasi yang kuat, hal ini menjadikan kubis bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi peradangan seperi iritasi, demam, dan bermacam macam gangguan pada kulit.

9. Menjaga kesehatan tulang

Dalam kol terdapat kamdumgam mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium yang cukup tinggi. Mineral ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang kita.

10. Mencegah dan mengatasi sakit kepala

Kita dapat memanfaatkan sayur kol ini untuk membantu mengatasi sakit kepala. Cara menggunakan kol atau kubis sebagai obat sakit kepala yaitu dengan mengompres kepala dengan kol yang hangat. Sobat juga dapat menghaluskan kol ini dan kemudian menggunakan sebagai kompres di dahi.

ads by google :

11. MMembantu progam diet

Kol mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah sehingga membuat kol menjadi pilihan lain sebagai menu diet. Selain mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah, kol juga mempunyai kandungan serat yang bermanfaat untuk menjaga kelancaran sistem pencernaa.

12. Mencegah terjadinya sembelit

Seperti yang sudah diketahui, kol mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini yang membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

13. Baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin

Kol mengandung asam folat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga meningkatkan perkembangan otak janin.

14. Melancarkan sirkulasi darah

Kol membantu menjaga kelancaran sirkulasi darah. Hal ini tentu berpengaruh langsung pada kesehatan jantung.

15. Membantu meringankan nyeri otot

Kandungan lactic acid pada kol dikenal mampu membantu mengurangi gejala nyeri pada otot.

16. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang ada pada kol membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

17. Membantu megatasi sariawan

Sudah bukan rahasia lagi kalu vitamin C ini bermanfaat untuk membantu mengatasi sariawan. Betipula kandungan vitamin C pada kol, mengkonsumsi kol secara rutin dapat membantu mengatasi masalah sariawan.

18. Mencegah morning sickness

Mengkonsumsi kol secara rutin juga membantu mringankan gejala morning sickness pada ibu hamil.

19. Membantu mengatasi pembengkakan payudara pasca melahirkan

manfaat sayur kol115Pasca melahirkani bunda akan dihadapkan masalah pada payudara. Payudara biasanya akan membengkak dan menimbulkan rasa sakit atau istilah jawa nawoni. Untuk mengatasi masalah ini bunda dapat menggunakan kol sebagai obatnya.

Ambil satu buah kol lalu lubangi menyerupai bentuk payudara. Taruh kol tad dalam freezer sampai mengeras. Setelah mengeras gunakan kol tadi untuk mengompres payudara. Letakkan payudara kedalam lubang kol lalu tutup dengan bra. Biarkan kol mencair dan sampai kol layu seperti direbus.

20. Mengandung niasin yang bermanfaat untuk janin

Kol mempunyai kandungan zat niasin yang bagus untuk membentuk jaringan kulit, syaraf dan juga sistem pencernaan pada janin.

Baca juga: Tips Jitu Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Banyak juga kan manfaat sayur kol ini. Tapi perlu diingat juga, jangan memasak kol terlalu matang karena akan merusak kandungan gizinya. Kalau ingin mengkonsumsi kol dalam keadaan mentah, pastikan kol sudah dicuci bersih.

Baca juga:

10 Daftar Sayuran Untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

10 Manfaat Ikan Mujair Bagi Kesehatan dan Kehamilan

Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang kol. Selamat membaca.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *