11 Manfaat Rahasia Sayur Okra Bagi Kesehatan

Mempunyai diabetes yang sudah lama? atau jenis penyakit kronis lain? Okra dapat menjadi pilihan yang sangat baik karena mempunyai kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Manfaat sayur okra ini antara lain untuk mencegah kanker mulut, mencegah terjadinya kecacatan pada janin dan tentu masih banyak yang lain.

Pernah dengar yang namanya sayur okra. Mungkin masih sedikit asing dengan nama sayur ini. Sayur okra mempunyai bentuk yang kecik memanjang dan pada ujungnya tampak seperti mempunyai kepala atau benjolan. Okra mengandung senyawa flvonid yang mana senyawa ini empunyai fungsi sebagai antioksidan.

Selain itu, yang paling penting sayur okra ini rendah lemak dan juga rendah kolesterol. Vitamin serta senyawa lain juga sangat banyak terkandung dalam sayur okra ini.

manfaat sayur okra345

Manfaat Sayur Okra Bagi Kesehatan

1. Membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung

Manfaat sayur okra yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Okra mengandung serat dan antioksidan seperti epicatehin, katekin membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

2. Melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit

Serat yang terkandung pada sayuran okra ini mampu membantu mengatasi masalah sembelit atau biasa disebut konstipasi. Jika bebas sembelit dan cukup asupan serat, sistem pencernaan tidak akan terganggu.

3. Membantu mengatasi masalah diabetes atau kencing manis

Okra ini ternyata juga sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengatasi masalah kelebihan gula darah atau kencing manis.

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam ISRN farmasi pada tahun 2011 mengatakan bahwa okra mampu membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Okra ini mempunyai kandungan gula yang relatif sedikit sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes militus atau kencing manis.

4. Membantu mengatasi masalah anemia

Sayur okra mempunyai kandungan vitamin A dan C, yang mana dua vitamin tersebut berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, okra juga mengandung magnesium dan juga zat besi yang mana membantu produksi sel darah merah.

5. Mengobati radang tenggorokan

Okra juga mempunyai kandungan antibakteri dan antiseptik. Kandungan ini membuat okra mampu membantu mengurangi masalah radang pada tenggorokan dan juga batuk yang disebabkan oleh kuman penyakit.

6. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah

ads by google :

Serat yang terkandung dalam sayur okra merupakan jenis serat yang larut air. Hal ini sangat baik sekali karena mampu menyerap kolesterol jahat yang ada dalam usus.

7. Meminimalkan resiko kecacatan pada janin

Okra ini termasuk salah satu jenis sayur yang sangat baik kandungan folatnya. Sebagaimana kita tahu, folat sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi terlebih perkembangan pada otak.

Baca juga: 20 Daftar Makanan Pantangan Ibu Hamil

8. Baik untuk tulang dan gigi

Okra merupakan penghasil kalsium yang cukup baik. SUdah kita ketahui juga bahwa kalsium ini sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi.

9. Membantu menurunkan kolesterol

Okra ini diketahui mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

10. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan antibakter serta antioksidan yang terdapat pada ora bermanfaat untuk melindungi tubuh dari racun.

11. Membantu metabolisme energi

Okra mengandung senyawa mangan dan juga magnesium yang mana dua senyawa ini merupakan co-faktor dari beberapa jenis enzim. Magnesium itu sendiri Berfungsi sebagai katalisator reaksi biologi pada tubuh, dan mangan berfungsi sebagai sintesis ureum, mencegah preoksidasi lemak oleh radikal bebas dan juga pembentukan tulang serta jaringan ikat.

Bagaimana bunda, setelah tahu besarnya kandungan gizi dari sayur okra ini nggak ragu lagi kan untuk menambahkan okra dalam menu makanan bunda. Semoga ulasan diatas cukup membantu dan menambah pengetahuan bunda tentang manfaat berbagai sayuran.

Baca juga:

10 Manfaat Sayur Sawi Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Bandeng yang Belum Anda Ketahui

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *