15 Daftar Penting Manfaat Sayur Pakis Bagi Kesehatan

Pakis merupakan salah satu tanaman dari family paku pakuan. Pakis ini ternyata juga cukup lezat untuk disayur. Bagian yang paling enak untuk disayur adalah bagian tunas yang masih kuncup. Manfaat sayur pakis ini cukup banyak, terlebih untuk para wnita wajib tahu apa saja manfaat sayur pakis ini.

Pakis yang dikenal sebagai tanaman hias ternyata dapat pula dikonsumsi. Kandungan gizi pada sayur pakis ini ternyata cukup banyak namun tidak banyak juga orang yang menyadarinya.

manfaat sayur pakis154

Manfaat Sayur Pakis Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa daftar manfaat sayur pakis bagi kesehatan yang sangat penting untuk diketahu, diantaranya:

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan betakaroten yang ada pada sayur pakis ini sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Melancarkan proses metabolisme

Kandungan betakaroten dan juga vitamin A pada sayur pakis bermanfaat untuk menjaga dan melancarkan sistem metabolisme pada tubuh.

3. Mencegah penyakit rematik

Kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi pada sayur pakis sangat bermanfaat untuk menjaga dan mencegah rematik.

4. Menjaga kesehatan tulang

Selain dapat mencegah rematik, kalsium dan juga fosfor merupakan salah satu manfaat sayur pakis untuk menjaga kesehatan tulang. Kecukupan fosfor dan juga kalsium dalam tubuh membuat sayur pakis ini mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

5. Membantu menyembuhkan luka

Sayur pakis juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan kolagen. Kolagen ini sangat besar pengaruhnya pada sel disemua jaringan ikat. Hal ini akan sangat membantu proses penyembuhan luka.

6. Mencegah penuaan dini

Sayur pakis mempunyai kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan ini membuat sayur pakis mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Selain mencegah penuaan dini, senyawa flavonoid juga mampu mengatasi radikal bebas dalam tubuh.

Baca juga: Cara Alami dan Cepat Merawat Wajah Agar Awet Muda

7. Menjaga kesehatan mata

Dalam 100 gr pakis terdapat sekitar 3617 IU vitamin A. Hal ini setara dengan 120% kebutuhan harian vitamin A. Vitamin A ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga menjaga kesehatan kulit.

8. Mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi

manfaat sayur pakis18Sayur pakis mempunyai kandungan kalium 370 gr dalam 100 gr sayur pakis. Sayur pakis ini juga memenuhi 7% kebutuhan kalium tubuh. Kalium yang terkandunga dalam sayur pakis ini bermanfaat untuk mengurangi dan merelaksasikan jantung yang mana dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

ads by google :

9. Cocok untuk diet

Sayur pakis ini mempunyai kandungan kalori dan lemak yang cukup rendah. Hal ini sangat cocok untuk menambahkan sayur pakis dalam menu diet.

10. Pengendali hama atau pestisida alami

Pakis mempunyai senyawa flicin yang mana senyawa ini mempunyai zat anti cacing. Pakis ini juga efektif untuk menghilangkan zat embrio serangga.

11. Sebagai tanaman hias

Pakis sendiri mempunyai bentuk yang sangat menarik. Ini adalah nilai lebih yang didapat dari pakis. Selain sebagai sumber nutrisi, pakis juga dapat dibudidayakan dan dijual untuk memenuhio kebutuhan ekonomi.

12. Melancarkan buang air besar

Kandungan serat yang tinggi pada sayur pakis dapat membantu melancarkan proses buang air besar dan menjaga kesehatan pencernaan.

Baca juga: Cara Mengobati Perut Kembung dan Begah Secara Alami

13. Mencegah terjadinya peradangan

campuran asam lemak imega 3 dan antioksidan pada pakis membuat sayur pakis ini bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.

14. Melancarkan peredaran darah

Kandunga niacin yang ada pada sayur pakis juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Keadaan seperti ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya sumbatan pada daerah arteri.

15. Meningkatkan daya ingat

Kandungan asam lemak omega 3 pada pakis dapat membantu menjaga sel sel otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

Efek Samping Makan Sayur Pakis

Walaupun bernilai gizi tinggi dan cukup lezat saat dimasak,ternyata tidak semua jenis pakis dapat dimakan. Beberapa jenis pakis mempunyai kandungan yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Pakis Jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat memperbesar resiko ini. Pakis jenis ostrich adalah jenis pakis yang paling aman untuk dikonsumsi.

Baca juga:

10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanasi

10 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Semoga bermanfaat.

 

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *