10 Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Pernah lihat atau makan pare? Pengalaman pertama makan pare agak kaget karena nggak nyangka kalau rasanya sepahit itu. Tapi walaupun pahit pare ini ternyata mempunyai manfaat yang tidak kalah tinggi dari bayam, kangkung dan jenis sayur yang lain.

Pare merupakan salah satu jenis sayur yang tumbuh merambat. Pare ini mempunyai bentuk yang lonjong dengan kulit agak keras dan seperti keriput. Ciri khas dari sayur pare ini adalah rasanya yang pahit.

manfaat sayur pare

Manfaat sayur pare ini dapat kita peroleh karena tingginya kandungan zat gizi pada pare itu sendiri. Seperti apa manfaaa dari sayur pare ini? Kita lihat ulasannya.

Manfaat Sayur Pare Untuk Kesehatan

1. Membantu mengontrol kadar gula pada diabetes

Pare mempunyai kandungan phyto terutama polipeptida- P. Polipeptida- P ini merupakan insulin tanaman yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Disamping itu, agen hipoglikemik yang dikenal dengan sebutan charantin meningkatkan penyerapan glukosa dan juga glikogen sintesis yang terdapat pada sel sel hati, otot dan juga jaringan adiposa.

2. Menangkal sel kanker

Didalam pare mengandung zat lesichin yang mana zat ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga menangkal sel kanker yang ada di tubuh kita.

3. Membantu menurunkan berat badan

Untuk yang sedang menjalani progam diet, pare ini sangat bermanfaat dan sangat membantu sekali. Pasalnya dalam pare ini mengandung 16 kalori. Kalori ini akan membuat kamu cukup merasa kenyang sehingga dapat mengontrol nafsu makan.

Selain kalori, pare juga mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

4. Melancarkan pencernaan

Pare mengandungserat yang tinggi, vitamin C, kalium dan karoten. Serat tinggi yang terkandung dalam sayuran pare ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegahterjadinya sembelit.

6. Membantu membersihkan darah

ads by google :

manfaat sayur pareSayur pare ini dapat membantu membersihkan darah dari zat zat racun yang berbahaya didalam tubuh. Sobat dapat mengkonsumsi pare ini dengan cara di jus agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Untuk mengurangi rasa pahitnya, sobat dapat menambahkan madu murni dalam jus pare tadi.

7. Mengatasi asma

Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan mengkonsumsi sayur pare ini merespon sel pengecapan selalu aktif karena rasa pahit yang timbul. Hal ini dapat mempengaruhi saluran pernafasan menjadi lebih lebar dan tentu sangat baik untuk sobat yang mempunyai masalah gangguan pernafasan seperti asma.

8. Bermanfaat untuk kecantikan

Belum tahu kan kalau ternyata pare ini juga mengandung vitamin C. Vitamin C pada pare ini juga bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kecantikan sobat secara alami. Selain itu, vitamin C pada pare juga bermanfaat untuk dengan rutin mengkonsumsi pare, kita juga dapat mencegah efek buruk dari sinar ultraviolet yang sangat berbahaya untuk tubuh.

9. Mencegah dan mengobati malaria

Pare mengandung konsentrasi tinggi kuinin. Zat kuinin inilah yang membuat rasa pare sangat pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit, zat kuinin ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati dan mencegah malaria.

10. Menjaga kesehatan mata

Pare juga mengandung lutein dan zeaxantin yaitu karotenid yang dapat mencegah penyakit mata karenia usia yang menua.

Besar juga ya ternyata manfaat sayur pare ini. Masih berpikir dua kali untuk menyantapnya. Dibalik rasa pahitnya ternyata cukup banyak manfaat yang kita peroleh dari sayur pare ini.

Baca juga:

Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

10 Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Selamat membaca, jangan lupa dishare ya.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *