15 Daftar Manfaat Sayur Selada bagi Kesehatan

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang cocok untuk dibuat lalapan. Biasanya saya sering menemukan dan memakan selada ini saat membeli roti isi. Selada dan juga tomat sering digunakan untuk pelengkap roti isi atau burger, kalau saya lebih suka menyebutnya krabby patty.

Selada ini sama seperti kol yang juga nikmat disantap dalam kondisi mentah. Manfaat sayur selada ini juga tidak lepas daari lengkapnya kandungan nutrisi pada selada itu sendiri. Bentuk selada ini kalau menurut saya, dia hampir mirip dengan sawi hanya daunnya tampak lebih kecil.

manfaat sayur selada125

Manfaat dan Khasiat Sayur Selada

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kandungan kalori pada 100 gram selada air sekitar 11%. Jumlah ini sangat baik sekali untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah.

2. Membantu progam diet

Rendahnya jumlah kalori yang terkandung pada selada air membuat sayuran ini sangat cocok untuk digunakan sebagai menu diet. Selada ini dapat dikonsumsi sebagai salad atau makanan pelengkap lain dalam menu sehari hari.

3. Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Kandungan fitonutrien alami seperti isothiocyanates pada selada dapat bertindak sebagai antioksidan. Mineral ini dapat membantu menetralisir racun pada tubuh.

4. Mencegah penuaan dini

Manfaat sayur selada berikutnya adalah mencegah penuaan dini. Selada mempunyai kandungan zeaxanthin yang mana dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu menjaga dan mencegah terjadinya penuaan dini.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan zeaxanthin pada selada selain mencegah terjadinya penuaan dini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Zat ini bermanfaat untuk melindungi mata dari proses terjadinya katarak.

6. Sumber vitamin A

Dalam selada yang masih segar mengandung cukup banyak vitamin A dan juga beta karoten. Kandungan vitamin A pada selada ini membantu mengatasi masalah kulit dan juga menjaga kesehatan mata.

7. Menjaga kekuatan tulang

Kandungan vitamin K yang terdapat pada selada mampu menjaga kesehatan tulang kita. Vitamin K ini sksn mrningkstksn produktivitas hormon osteotropic yang mana hormon ini membantu mencegah terjadinya oseoporosis.

8. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C, omega 3 dan omega 6 pada selada bermanfaat untuk menjaga sistem daya tahan tubuh. Vitamin C sendiri mempunyai fungsi untuk menjaga dan mengganti sel sel tubuh yang telah rusak.

ads by google :

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin C ini juga dikenal dapat membuat tubh menjdahi bersih dan putih. Baca Pemutih Wajah Alami Efektif Tanpa Efek Samping

9. Menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh

Kangungan selada yang rendah kalori inijuga membantu mengontrol gula darah.

10. Mencegah kanker

Kandungan flavonoid antioksidan seperti ß karoten, zeaxanthin, dan lutein pada selada dapat membantu mencegah terjadinya kanker pada paru paru dan juga mulut.

11. Menjaga dan mengontrol fungsi jantung serta tekanan darah

Selada ini ,emgamdumg ,mineral penting seperti tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan dan juga fosfor. Kalium itu sendiri berfungsi untuk membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah.

12. Menjaga kesehatan reproduksi

Selada mengandung folat dan juga vitamin C. Folat ini berfungsi menjaga dan meningkatkan kesehatan reproduksi wanita.

13. Bermanfaat untuk kehamilan dan janin

Asam folat pada selada juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil serta janin yang ada dalam kandungan bunda. Asam folat ini berfungsi menjaga dan meningkatkan perkembangan otak janin.

14. Mencegah anemia

Kandungan zat besi pada selada membantu proses pembentukan seldarah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

15. Mencegah dan mengobati sariawan

Vitamin C sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk mengobati sariawan. Begitu pula dengan kandungan vitamin C pada selada, vitamin C tersebut bermanfaat untuk mencegah dan mengobati sariawan.

Itu tadi daftar manfaat sayur selada bagu kesehatan. Banyak juga ya manfaat dari selada ini. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang manfaat sayur sayuran.

Baca juga:

Cara Alami dan Cepat Merawat Wajah Agar Awet Muda

20 Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *