10 Daftar Manfaat Sayur Terong Bagi Kesehatan

Banyak orang beranggapan terong merupakan salah satu jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Entah dari mana anggapan itu muncul, seperti mendarah daging bahwa mengkonsumsi terong dapat sangat berbahaya bagi ibu hamil dan juga janinnya. Benarkah demikian?

Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup mudah ditemui. Rasanya pun cukup lezat, terong ini bisa dimasak dengan cara dioseng, maupun digoreng dan dimakan bersama sambal. Hemm pasti yummy.

Terong mempunyai kandngan gizi yang cukup kompleks. Kandungan gizi yang terdapat dalam terong diantaranya niacin, riboflavin, tiamin, folat, vitamin E dan K.

manfaat sayur terong1

Manfaat sayur terong ternyata juga cukup banyak, tentu hal ini tidak aneh karena dilihat dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada sayur terong.

Manfaat Sayur Terong Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan otak

Kandungan phyto yang terdapat pada terong sangat penting untuk menjaga sirkulasi darah dan menutrisi otak. Namun bunda juga perlu tahu, agar manfaat yang satu ini dapat maksimal, bunda jangan membuang kulit terong saat memasaknya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Terong mempunyai kandungan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu kandungan antioksidan pada terong dapat bermanfaat untuk mencegah stress oksidatif pada sistem kardiovaskuler dan juga mengurangi resiko sakit jantung.

Baca juga: Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami dan Praktis

Untuk mendapatkan manfaat yang stu ini hindari memasak terong dengan cara menggorengnya. Jika bunda menggoreng terong yang ada terong malah akan mengandung lemak yang cukup tinggi. Yang mana hal ini justru akan meningkatkan kolesterol pada darah. Untuk lebih baiknya, masang terong dengan cara dipanggang dengan kepanasan sekitar 40 derajat.

3. Membantu mencegah perdarahan

Kandungan vitamin K dan juga bioflavonoid pada terong dapat membantu untuk mempercepat proses pembekuan darah. Hal ini sangat bermanfaat saat terjadi luka pada tubuh yang mana tubuh mengeluarkan perdarahan yang cukup banyak, vitamin K dan bioflavonoid akan bekerja sebagai coagulan atau zat pembeku darah.

4. Bermanfaat untuk ibu hamil dan juga janin

Kandungan folat yang terdapat dalam sayur terong membuta sayuran ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan otak pada janin.

Baca juga:

  1. 10 Daftar Wajib Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil

  2. 20 Daftar Makanan Pantangan Ibu Hamil

5. Membantu mengontrol gula darah

Untuk sahabat yang mempunyai masalah dengan kadar gula darh dalam tubuh, jangan kahawatir karena terong ini dapat membantu memngontol kadar gula dalam darah. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada terong dan juga karbohidrat larut yang rendah pada terong.

ads by google :

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Terong mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, mengkonsumsi sayur terong secara rutin dapat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kanker colon atau kanker usus besar.

7. Menjaga berat badan dan cocok untuk diet

Terong mempunyai kandungan kalori yang lumayan rendah, selain itu kandungan serat tinggi pada terong juga bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Rasa kenyang yang timbul setelah mengkonsumsi terong ini dapat membantu mengontrol nafsu makan kita.

Baca: 10 Manfaat Tersembunyi Ikan Gindara Bagi Diet dan Kesehatan

8. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan bioflavonoid pada terong akan bereaksi sangat bagus dengan vitamin C. Reaksi 2 zat ini akan bermanfaat dalam menjaga kolagen ( perekat antar sel ) sehingga kulit akan terawat.

9. Mencegah kanker

Manfaat terong berikutnya adalah untuk mencegah terjadinya kanker. Vitamin K yang terdapat pada terong ini mampu meminimalkan resiko kanker pada hati dan juga paru paru.

10. Menjaga kesehatan tulang

manfaat sayur terong13Terong mempunyai kandungan mineral penting yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang seperti kalium, magnesium, mangan dan tembaga. Selain itu kandungan vitamin K pada terong juga berfungsi untuk mengoptimalkan osteoklasin dalam tulang yang berperan untuk proses penyerapan berbagai mineral yang membentuk struktur tulang sehingga menjadi lebih kuat.

Baca: Cara Mudah Mencegah Osteoporosis Dini

Demikian tadi bdaftar dari manfaat sayur terong yang sangat penting bagi kesehatan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk bunda.

Baca juga:

21 Rahasia Dahsyat Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanasi

Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya.

 

 

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *